Widget HTML Atas

Perkiraan Modal Usaha Martabak Kekinian Dan Tips Suksesnya

Martabak telah menjadi kudapan favorit masyarakat baik di kota besar maupun kecil. Biasanya martabak hadir dalam dua jenis, yaitu martabak telor dan martabak manis. Semakin ke sini, semakin banyak modifikasi yang dilakukan pada kudapan ini. Hal ini karena semakin banyak orang yang terjun ke bisnis penjualan martabak. Modal usaha martabak yang bervariasi dan pangsa pasar yang luas membuat banyak orang tertarik menekuninya.

Akhir-akhir ini, martabak yang beredar di pasaran banyak yang berasal dari jenis martabak kekinian. Tampaknya, masyarakat pun menyambut dengan baik martabak kekinian ini.


Dalam artikel ini akan dibahas bagaimana cara memulai usaha, dan berapa kisaran modal usaha martabak kekinian ini.

Yuk langsung aja kita ulas!

Kiat Membuka Usaha Martabak Kekinian Agar Tidak Rugi

Manisnya dan gurihnya rasa martabak kekinian juga sejalan dengan semakin ramainya peminat kudapan ringan ini. Masyarakat perkotaan umumnya bisa memerima dengan baik kehadiran martabak kekinian ini. Seiring dengan permintaan akan martabak kekinian yang meningkat, banyak yang mulai tertarik untuk terjun ke bisnis ini. Di kota besar seperti Jakarta, usaha makanan hampir tidak pernah kehilangan pasar.

Umumnya, orang yang baru akan terjun ke bisnis martabak mengkhawatirkan tentang berapa modal usaha martabak. Padahal, ada hal-hal yang lebih layak untuk dikhawatirkan agar usaha yang dibuka tidak rugi. Terlalu mengkhawatirkan modal menyebabkan usaha tidak berjalan alias tidak mulai-mulai. Sebaiknya, alihkan perhatian pada hal lain seperti inovasi, promosi dan strategi menarik pasar.

Martabak kekinian sangat menuntut inovasi. Sebelum memulai, ada baiknya melakukan survey lapangan tentang martabak kekinian seperti apa yang sedang hits. Lakukan juga pengamatan sudah berapa banyak martabak model sejenis yang beredar di pasaran. Perbanyak referensi tentang tren-tren makanan yang sedang hits di luar negeri.

Inovasi martabak kekinian biasanya pada pemilihan topping. Saat ini kreasi martabak kekinian didominasi jenis manis. Mulai dari Nuttela, green tea, taro, Cadburry, dan banyak lagi. Untuk bisa memenangkan persaingan martabak kekinian yang mulai ramai, buatlah topping yang berbeda sama sekali. Misalnya martabak veggie, fish and chips martabak, atau ide lainnya yang tak kalah unik.


Rincian Modal Usaha Martabak Kekinian (Ulasan Lengkap)
"Martabak Terbul Greget", inilah salah satu contoh usaha martabak yang sukses dengan inovasi cita rasanya

Adonan martabak yang lebih fluffy dan moist juga bisa jadi nilai jual lebih. Orang cenderung menyukai tekstur lembut pada kudapan seperti martabak dan pancake. Keunggulan atau keunikan dari tekstur dan topping selalu sukses dijual pada bisnis martabak kekinian. Kunci sukses bisnis makanan adalah pada rasa, cara penyajian, dan paling penting adalah inovasi.
Artikel Menarik Lainnya : 15 Ide Usaha Makanan Unik Dan Kreatif, Peluang, Serta Cara Memulai Usahanya

Pengaturan Karyawan Pada Usaha Martabak Kekinian

Selain masalah inovasi, karyawan juga memegang peranan penting dalam meminimalisir kerugian usaha. Usaha ini tidak bisa dijalankan sendiri melainkan harus dibantu dengan adanya karyawan. Permasalahannya adalah, turn over karyawan di usaha ini sangat tinggi. Mendapatkan karyawan yang loyal dan tekun cukup sulit oleh karena itu lakukan perekrutan dengan cermat di awal-awal usaha.

Setiap karyawan harus mendapatkan training mengenai produk dan cara pembuatan. Jika perputaran karyawan tinggi, maka pemberian training ini akan terus berulang seiring dengan perekrutan baru yang terjadi. Training sendiri memerlukan biaya karena walaupun dijalankan secara mandiri, akan ada penggunaan bahan baku untuk keperluan training.

Biaya gaji karyawan harus dipikirkan matang-matang, jangan sampai biaya gaji karyawan ini mengganggu keseluruhan operasional usaha. Sejak awal, usahakan untuk menetapkan sistem shift sehingga gaji bisa diatur sesuai dengan kehadiran. Selain itu, sistem gaji juga bisa diterapkan berdasarkan jumlah penjualan dengan sistem bagi hasil. Semakin banyak martabak yang terjual, maka semakin besar pendapatan yang diperoleh karyawan.

Sistem penggajian berdasarkan banyaknya penjualan ini akan sangat efektif bagi usaha yang baru mulai. Beban karyawan bisa dimasukkan ke dalam biaya produksi sehingga perhitungan biaya jadi lebih mudah. Untuk menggaet loyalitas karyawan, perhatikan keselamatan dan kesehatan karyawan. Tidak ada salahnya memfasilitasi mereka dengan fasilitas kesehatan seperti BPJS. Terapkan SOP yang jelas mengenai prosedur keamanan saat di kedai.

Perkiraan Modal Usaha Martabak Kekinian

Modal usaha martabak kekinian tampaknya tetap menyita perhatian orang yang berminat membuka usaha martabak kekinian ini. Oleh karena itu, berikut ini akan dibahas apa saja yang diperlukan untuk membuka sebuah kedai martabak. Kebutuhan ini juga akan mencerminkan berapa besar perkiraan modal yang harus disiapkan.

Biaya Sewa Tempat/Lokasi Usaha

Martabak kekinian bisa dijalankan dengan sistem gerobak atau menyewa kios. Tentu saja, menyewa kios memerlukan biaya yang lebih tinggi daripada menggunakan gerobak. Berjualan dengan menggunakan gerobak juga tetap dikenakan biaya sewa walaupun lebih kecil daripada menyewa kios.

Biasanya, gerobak martabak berlokasi di depan minimarket atau di lingkungan perumahan padat penduduk. Sebaiknya rancanglah bentuk gerobak yang unik, sehingga mampu menarik perhatian pembeli.

Rincian Modal Usaha Martabak Kekinian (Ulasan Lengkap)
Contoh ilustrasi bentuk gerobak yang unik.

Biaya sewa kios ukuran 3x3 meter persegi umumnya sekitar 1 – 1,2 juta sebulan. Pemilik kios biasanya meminta bayaran sewa untuk satu tahun di awal periode sewa. Kebutuhan lainnya ketika memutuskan berjualan di kios adalah instalasi area memasak. Hal ini tentu memerlukan investasi yang besar. Membuat kitchen counter lengkap dengan instalasi memasak bisa menelan biaya hingga 10 juta rupiah.
Artikel Menarik Lainnya : Rincian Modal Usaha Toko Bahan Kue Dan Tips Menjalaninya

Biaya Operasional

Biaya operasional yang dibutuhkan oleh sebuah kedai martabak kekinian meliputi segala pembelian yang terkait bahan baku, gaji karyawan, listrik, dan juga biaya sewa. Modal yang dibutuhkan untuk membeli bahan baku tergantung kepada kapasitas produksi perhari. Di awal, estimasikan rata-rata penjualan berdasarkan survey di pasaran.

Misalnya, jika usaha sejenis bisa menjual sekitar 100 porsi, maka sediakan bahan baku setidaknya 50% dari jumlah itu. Bahan baku untuk martabak kekinian cenderung lebih murah jika dibeli dalam jumlah banyak. Bahan seperti tepung, keju, dan bahan-bahan topping bisa dibeli di toko grosir bahan kue. Harga produk ini sangat fluktuatif, jadi perhitungan biaya operasional yang pasti akan sulit ditetapkan.

Kebutuhan bahan baku bisa diestimasi dari rencana menu yang nantinya akan dijual. Seiring berjalannya waktu, akan terbentuk pola menu apa saja yang paling laku dan tidak. Jumlah pembelian bahan baku sebaiknya menyesuaikan dengan kebutuhan di lapangan. Untuk topping yang tidak terlalu diminati, jangan dibeli dengan jumlah yang sama pada topping favorit.

Estimasi Pendapatan

Tercapai tidaknya target penjualan sangat tergantung faktor-faktor yang mempengaruhinya. Bisa jadi penjualan jadi meningkat setelah ada promosi yang gencar dan efektif. Untuk usaha baru, promosi yang gencar sangat diperlukan. Tujuannya adalah untuk menumbuhkan awareness di masyarakat bahwa telah hadir martabak kekinian baru. Target penjualan harus tercapai agar semua biaya dan beban bisa dibayar dan tentunya bisa mendapat keuntungan.
Artikel Menarik Lainnya : Peluang Usaha Seafood Online Kekinian, Millenials Harus Tahu
Tetapkan target penjualan yang masuk akal namun juga tetap bisa menutup biaya operasional. Gunakan semua saluran promosi dan berikan kualitas yang baik agar pelanggan kembali lagi. Misalnya dalam sehari ditargetkan 30 porsi martabak terjual, dari sini bisa dihitung berapa estimasi pendapatan yang akan diperoleh selama satu bulan.

Persiapan modal usaha martabak sangat tergantung pada bagaimana usaha akan dijalankan. Jika dengan sistem gerobak, tentu modal tidak akan sebesar jika harus menyewa kios. Keuntungan dari menyewa kios adalah adanya rasa nyaman bagi pembeli dan adanya jaminan lokasi usaha.

Semoga bermanfaat.

No comments for "Perkiraan Modal Usaha Martabak Kekinian Dan Tips Suksesnya"

Berlangganan via Email