Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML Atas

Rekomendasi Tanaman Hias untuk Halaman Rumah Minimalis

Tanaman hias untuk halaman rumah minimalis - Saat ini dikota-kota besar sudah agak jarang ditemui halaman rumah yang rindang (banyak pepohonannya). Sangat kontras sekali jika dibandingkan dengan suasana di era tahun 80-90an dulu. Pada masa itu di kota besar seperti jakarta dan lainnya masih lazim ditemui halaman, atau pekarangan rumah yang ada pepohonannnya. Jadi di era tahun 80-90an itu fungsi rumah tidak sekedar untuk tempat tinggal, tapi juga sebagai sarana leyeh-leyeh (bersantai/tiduran) dipekarangan rumah yang rimbun.

Namun semua suasana permai diatas kini tampaknya hanya tinggal kenangan saja. Kebanyakan orang zaman sekarang lebih mengutamakan besar bangunan daripada menyisakan ruang terbuka hijau pada halaman rumahnya. Jadi kalau ada orang jakarta yang punya tanah 100 meter, maka luas bangunannya juga dibuat seluas 100 meter persegi.




Jarang sekali mereka merancang taman dirumahnya, misalnya membuat tanaman hias untuk halaman rumah minimalis

Sebenarnya hal diatas sangat bisa dimaklumi. Penyebabnya karena seiring waktu kota besar semakin padat saja penduduknya. Sehingga harga tanah dikota besar seperti Jakarta dan lainnya terus melonjak tajam. Nah karena makin tingginya harga tanah tersebut, sehingga nyaris tidak memungkinkan lagi bagi warga jakarta untuk membeli tanah yang luas untuk halaman rumahnya. 

Lantas, apakah masih mungkin bagi orang-orang yang ada dikota besar untuk memiliki taman dirumahnya?

Tentu saja masih bisa!

Caranya?

Yaitu dengan membuat taman berukuran minimalis dihalaman rumahnya. Yup! Sebuah kumpulan tanaman hias untuk halaman rumah minimalis! Lihat contoh ilustrasinya pada foto dibawah ini.


Rekomendasi Tanaman Hias untuk Halaman Rumah Minimalis


Jadi kalau memiliki tanah berukuran 100 meter persegi, maka buat bangunan seluas 90 meter saja. Nah yang sisa 10 meternya bisa dibuatkan taman kecil berisi tanaman hias dihalaman rumahnya. Ya! Sebuah rumah minimalis dengan taman kecil yang asri dan tidak memakan banyak tempat.

Pilihlah jenis tanaman hias yang tepat untuk halaman rumah minimalis Anda. Hal ini karena tanaman hias untuk halaman rumah minimalis mampu memberi kesan tenang dan nyaman kepada pemilik rumah. 

Berikut ini adalah daftar tanaman hias yang cocok ditanam dihalaman rumah minimalis.

Diantaranya:

1. Pohon Kamboja


Rekomendasi Tanaman Hias untuk Halaman Rumah Minimalis


Pertama adalah tanaman kamboja. Kamboja yang identik dengan bunga di pemakaman ternyata bisa memberikan kesan yang berbeda pada rumah minimalis. Rumah yang memilih kamboja sebagai pemanis di halaman rumah akan menciptakan kesan rumah minimalis dan tropis yang nyaman untuk dihuni.

Kamboja yang memiliki varian warna merah dan kuning menjadi warna favorit untuk ditanam di halaman rumah. Selain itu pohonnya tidak terlalu rimbun dan perawatannya pun cukup mudah bila dibandingkan tanaman lain. Karena kamboja mampu bertahan hidup walaupun jarang disiram air.

Info Menarik Lainnya : 5 Jenis Tanaman Hias yang Beracun (Hati-hati ya Sobat)

2. Pohon Bambu

Rekomendasi Tanaman Hias untuk Halaman Rumah Minimal


Bambu merupakan tanaman hias yang cocok bila diletakkan di halaman depan rumah. Untuk penempatannya, pohon bambu yang rimbun sangat cocok bila ditanam di depan dinding. Selain itu, bambu juga dapat digunakan sebagai sekat maupun pagar alami di rumah.

Keuntungan dari memiliki pohon bambu bilah bambu berusia tua maka pohon bambu dapat ditebang dan dimanfaatkan sebagai berbagai perabotan. Kemudian perawatannya yang mudah menjadi sebuah keuntungan apabila menanam tanaman ini.

3. Tanaman Hias Sansevieria


Rekomendasi Tanaman Hias untuk Halaman Rumah Minimalis


Sansevieria atau yang lebih dikenal sebagai lidah mertua adalah tanaman yang sangat mudah perawatannya. Cukup ditanam di halaman depan rumah, maka tanaman tersebut dapat tumbuh dengan baik. Tidak perlu sering menyiramnya karena tanaman ini dapat menyimpan cadangan air yang banyak pada daunnya.

Bila terlalu sering menyiram lidah mertua, maka lama-kelamaan tanaman ini akan mati karena terlalu banyak menyerap air. Kemudian, Sansevieria ini dapat diletakkan di halaman depan maupun belakang rumah di depan dinding polos. Agar tanaman ini dapat menjadi daya tarik utama yang menyegarkan di halaman rumah.

Info Menarik Lainnya : 5 Tanaman Hias yang Banyak Diminati Anak Kos, Simak Yuk!

4. Pohon Maple Jepang


Rekomendasi Tanaman Hias untuk Halaman Rumah Minimalis


Tanaman Maple Jepang ini sering menjadi tanaman yang sering di tanam di Jepang. Masyarakat Jepang yang terkenal dengan kemahirannya dengan konsep minimalis menjadikan maple Jepang sebagai pemanis taman. Warna merah cerah dipadukan dengan konsep rumah yang minimalis, menambahkan estetika di halaman rumah.

Perawatan pohon maple Jepang pun termasuk mudah, karena cukup disiram teratur satu kali sampai dua kali dalam seminggu. Sayangnya, bila memasuki musim kemarau, daun pohon maple akan meranggas dan berguguran sehingga akan menimbulkan banyak sampah daun.

5. Pohon Sikas

Rekomendasi Tanaman Hias untuk Halaman Rumah Minimalis


Sikas merupakan tanaman di daerah tropis keluarga Cycadaceae. Di Indonesia, tanaman ini sering disebut pakis haji. Pohon ini termasuk pohon yang sangat tumbuh subur di daerah tropis seperti Asia Tenggara dan Timur Tengah.

Tampilannya memiliki batang tebal berbulu dan daunnya hanya tumbuh di ujung batang saja. Sekilas mirip seperti palem-paleman, tapi pakis haji sangat berbeda dengan tanaman palem. Sikas sangat cocok bila ditanam di rumah minimalis karena sikas sendiri membawa kesan tanaman yang minimalis juga. Sehingga, tak ada salahnya menanam sikas.

Info Menarik Lainnya : Tanaman Indoor Yang Mudah Perawatannya, Suai Untuk Apartemen
Itulah diatas 5 rekomendasi tanaman hias untuk taman rumah minimalis. Kelima tanaman tersebut cocok untuk konsep minimalis, karena kesan dari tanaman tersebut pun sederhana dan sangat minimalis. Kemudian, keuntungan dari kelima tanaman tersebut adalah perawatannya yang sangat mudah dan tidak rumit.

Semoga artikel singkat ini dapat bermanfaat untuk Anda semua.

Post a Comment for "Rekomendasi Tanaman Hias untuk Halaman Rumah Minimalis "