Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML Atas

5 Jenis Tanaman Hias yang Beracun (Hati-hati ya Sobat)

Sudah tahukah Anda bahwa ada tanaman hias yang beracun?

Ada sebuah momen sangat menyenangkan bagi orang yang hobi berkebun. Yaitu pada saat menghiasi halamannya dengan berbagai tanaman hias yang indah dan cantik. Bagi mereka itulah kegiatan yang yang paling mengasyikan. Hal ini merupakan hal yang wajar sebenarnya. Jangankan pecinta berkebun, bahkan orang yang tidak punya waktu atau kurang hobi berkebun pun pasti juga suka dengan berbagai macam bunga dan tanaman hias yang indah.

Kenapa bisa begitu?

Sebab fitrah setiap manusia itu memang suka dengan keindahan.Terlebih jika tanaman yang menghiasi halaman rumah itu mampu menghadirkan suasana baru yang menyegarkan. Jadi bisa dikatakan hampir semua orang (pada umumnya) menyukai tanaman hias.

Namun ada satu hal yang harus menjadi perhatian khusus oleh kita semua.

Apa itu?



Bahwa ada beberapa jenis tanaman hias yang beracun!

Sehingga jenis tanaman itu bisa berbahaya bagi seseorang. Terutama jika tersentuh oleh orang yang tidak mengetahui bahwa tanaman hias tersebut ada kandungan racunnya.

Oleh karena itulah artikel ini sengaja ditulis sebagai sebuah informasi kepada Anda semuanya. Terutama bila Anda belum tahu bahwa ada beberapa jenis tanaman hias yang beracun.

Dan bisa jadi tanaman itu ada di sekitar lingkungan rumah kita lho. Semoga dengan informasi dari artikel ini, maka Anda dapat lebih berhati-hati terhadap jenis tanaman beracun tersebut.

Oh iya, kita tidak perlu juga merasa takut secara berlebihan terhadap tanaman hias yang beracun tersebut. Yang paling diperlukan adalah kehati-hatian saja. Karena menurut fakta dan data yang ada, angka kematian akibat keracunan tanaman hias tergolong sangat kecil.

Apa sebabnya?

Karena sesuai dengan fungsinya, yaitu tanaman-tanaman ini hanya digunakan sebagai pajangan dekoratif di rumah dan halaman. Oleh karena itu, sangat mustahil sekali tanaman hias beracun itu sampai termakan oleh seseorang.

Lagian ngapain juga iseng banget makanin tanaman hias? Hehe 😂

Nah, kebanyakan kasus keracunan yang terjadi adalah karena tidak sengaja tersentuh. Dan akibatnya pun tidak sampai menyebabkan kematian. Paling efeknya kulit jadi gatal-gatal akibat reaksi dari racun tanaman hias tersebut. 
Info Menarik Lainnya : 5 Tanaman Hias yang Banyak Diminati Anak Kos, Simak Yuk!
Nah, apa sajakah jenis tanaman hias yang mengandung racun itu?

Berikut ini daftarnya:

1. Pohon Dollar (ZZ Plant)


5 Jenis Tanaman Hias yang Beracun (Hati-hati ya Sobat)

Pertama, tanaman yang beracun adalah pohon dollar atau sering disebut dengan nama ZZ Plant. Tanaman ini memiliki bentuk daun yang tebal dan bulat seperti kepingan logam uang dollar. Karena itulah tanaman ini sering disebut pohon dollar karena bentuk daunnya tersebut.

Tanaman ini seluruh tubuhnya beracun. Hal ini dikarena seluruh tubuhnya mengeluarkan senyawa oksalat yang tinggi. Senyawa tersebut bila terkena kulit dapat menimbulkan iritasi dan gatal-gatal kemerahan.

2. Lidah Mertua


5 Jenis Tanaman Hias yang Beracun (Hati-hati ya Sobat

Tanaman hias yang menjadi favorit sejuta umat, yaitu lidah mertua ini ternyata memiliki kandungan racun lho! Walaupun kandungan racunnya tidak terlalu banyak, namun tetap berbahaya. Berbeda dengan saudaranya lidah buaya, lidah mertua tidak dapat dikonsumsi.

Sehingga bila tak sengaja termakan, maka harus segera dimuntahkan. Karena bila sampai tertelan maka akan dapat menimbulkan keracunan, diare, dan muntah-muntah. Maka, ketika melihat tanaman ini, jauhkan dari jangkauan anak-anak.
Info Menarik Lainnya: Tanaman Indoor Yang Mudah Perawatannya, Suai Untuk Apartemen

3. Kuping Gajah


5 Jenis Tanaman Hias yang Beracun (Hati-hati ya Sobat)

Berikutnya adalah tanaman kuping gajah yang indah namun diam-diam memiliki kandungan racun yang tinggi. Tanaman yang di luar negeri terkenal dengan nama Caladium ini termasuk salah satu keluarga talas. Berbeda dengan talas yang dapat dikonsumsi, tanaman kuping gajah ini malah mengandung racun yang tinggi.

Racun yang ditimbulkan dari mengonsumsi daun kuping gajah ini adalah pembengkakan mulut. Bila memiliki riwayat penyakit pernapasan, maka tanaman ini bisa menjadi pemicu terjadinya kematian karena racun yang dihasilkan dapat menghambat sistem pernapasan. Sebaiknya tanaman ini tidak untuk dikonsumsi manusia maupun hewan karena racun yang dihasilkan sangat tinggi.

4. Sri Rejeki


5 Jenis Tanaman Hias yang Beracun (Hati-hati ya Sobat)

Tanaman Sri Rejeki atau yang lebih dikenal sebagai tanaman bahagia. Tanaman hias ini dipercaya akan membawa kebahagiaan yang berlimpah bagi pemiliknya. Namun siapa yang menyangka bila tanaman ini memiliki kandungan racun pada getahnya.

Sri rejeki memiliki daun yang lebar dengan warna gradasi hijau yang menarik ini membuat sebagian orang mengira tanaman ini memiliki banyak khasiat. Akan tetapi, bila tanaman ini tidak sengaja dikonsumsi oleh manusia hingga tertelan maka akan menimbulkan gangguan kesehatan seperti reaksi alergi, iritasi, dan gatal-gatal.
Info Menarik Lainnya : 5 Tanaman Indoor Pembersih Udara untuk Rumah Minimalis

5. Bunga Lili


5 Jenis Tanaman Hias yang Beracun (Hati-hati ya Sobat)

Bunga lili merupakan salah satu tanaman yang cantik namun beracun. Tanaman lili ini akan memicu gagal ginjal hingga kematian. Keluarga Hemerocallis ini sangat tidak disarankan untuk dikonsumsi.

Bila tidak sengaja dikonsumsi, maka gejala awal yang ditimbulkan adalah pusing, ruam kemerahan, muntah, serta diare. Karena kandungan glikosidanya yang cukup tinggi, bunga lili sudah teruji sebagai tanaman beracun yang tidak boleh dikonsumsi oleh manusia maupun hewan.

Nah, dari kelima tanaman hias yang beracun ini. Pilih salah satu tanaman hias yang bisa menunjang keindahan di rumah dan halaman. Bila takut dikonsumsi oleh manusia, cukup beri penanda di dekat tanaman tersebut agar tidak iseng dikonsumsi oleh tamu yang datang. 😁

Demikianlah info tentang 5 jenis tanaman hias yang beracun. Semoga bermanfaat.

Post a Comment for "5 Jenis Tanaman Hias yang Beracun (Hati-hati ya Sobat) "