Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML Atas

5 Tanaman Indoor Pembersih Udara untuk Rumah Minimalis

Saat ini sedang marak gaya hidup ‘green living’ yang mana konsep tersebut bermula dari kejenuhan warga perkotaan akan minimnya ruang terbuka hijau. Sehingga, munculah konsep untuk menghiasi ruangan di dalam rumahnya dengan tanaman indoor pembersih udara (sebagai pengganti halaman di rumah minimalis).

Ya, rumah minimalis menjadi tempat yang cocok untuk meletakkan tanaman hias indoor. Baik sebagai dekorasi maupun untuk penghasil oksigen di dalam ruangan.

Sebelum memilih tanaman hias indoor yang tepat, maka ada hal penting lain yang juga harus Anda ketahui.

Apa itu?

Yaitu Anda harus tahu apa saja jenis tanaman indoor pembersih udara alami.

Bagian ini tidak kalah penting untuk Anda perhatikan. Jadi konsep tanaman hias yang ada dirumah Anda tidak hanya sebatas sebagai penghias ruangan, tapi juga berfungsi sebagai alat pembersih udara. Sehingga dapat tercipta suasana lingkungan rumah yang indah sekaligus berhawa segar.

Nah berikut ini adalah 5 tanaman hias indoor pembersih udara yang bisa diletakkan di dalam rumah Anda.

Diantaranya:

1. Anthurium

5 Tanaman Indoor Pembersih Udara untuk Rumah Minimalis
Ilustrasi bunga Anthurium.


Tanaman Anthurium ini memiliki ciri khas bunga yang berwarna cerah dan daun yang besar berwarna gelap. Daun yang berwarna gelap ini berfungsi untuk menyerap racun-racun yang ada di udara seperti amonia, toluena, dan formaldehida.

Anthurium ini sangat cocok diletakkan di ruangan kerja di dalam rumah maupun di ruang tamu. Hal ini dikarenakan di dalam ruangan kerja terdapat banyak sekali polutan yang berasal dari peralatan tulis seperti dari tinta printer. Selain itu, bila diletakkan di ruang tamu akan menyerap polutan yang dibawa oleh para tamu yang berkunjung.
Artikel Menarik Lainnya : 5 Tanaman Indoor Penghasil Oksigen, Rumah Jadi Segar & Sehat

2. Lidah Buaya

5 Tanaman Indoor Pembersih Udara untuk Rumah Minimalis

Tanaman indoor pembersih udara yang pertama adalah lidah buaya. Lidah buaya dikenal sebagai Aloe Vera. Tak hanya sebagai bahan utama kosmetik dan skin care herbal, tanaman ini mampu menyerap karbon dioksida dan monoksida di lingkungan rumah.

Lidah buaya sangat cocok diletakkan di depan teras karena berhadapan langsung dengan jalan raya, sehingga dapat menyerap zat polutan yang dikeluarkan oleh kendaraan bermotor. Selain itu, tak ada salahnya mencoba meletakkan tanaman ini di dekat dapur. Karena lidah buaya mampu menetralisir asap yang mengepul dari kompor dapur. 

3. Lidah Mertua

Kedua, tanaman yang masih bersaudara dengan lidah buaya. Tanaman tersebut adalah lidah mertua, atau yang lebih terkenal dengan nama Sansevieria. Perawatan yang sangat mudah membuat tanaman ini sangat cocok untuk dipajang sebagai dekorasi di dalam rumah.

5 Tanaman Indoor Pembersih Udara untuk Rumah Minimalis
Terlebih manfaatnya yang mampu mengubah polutan karbon dioksida dan karbon monoksida menjadi oksigen. Hal ini membuat tanaman ini menjadi favorit para penganut konsep rumah green living.
Artikel Menarik Lainnya : Tips Hiasan Dinding Kamar Kost Agar Tampak Unik dan Menarik

4. Pakis Pedang

Tanaman yang berikutnya adalah pakis pedang. Bila mencari di toko tanaman lebih terkenal dengan nama pakis Boston. Disebut dengan pakis Boston karena berasal dari Amerika.

Tanaman ini memiliki resistensi terhadap panas yang rendah. Sehingga, tanaman ini sangat cocok bila diletakkan di dalam ruangan. Karena bila diletakkan di luar ruangan tanaman ini akan layu karena panas.

5 Tanaman Indoor Pembersih Udara untuk Rumah Minimalis

Pakis pedang mampu mengubah polutan udara di dalam ruangan menjadi oksigen. Sehingga, udara di dalam ruangan menjadi segar dan sejuk dari sebelumnya. Tanaman ini sangat cocok untuk diletakkan di dalam rumah di area tropis seperti Jakarta.

5. Anggrek Bulan

Berikutnya adalah dari keluarga anggrek. Keluarga tanaman anggrek terkenal dengan perawatan yang rumit. Namun, salah satu tanaman anggrek yang cukup mudah perawatannya adalah anggrek bulan.

5 Tanaman Indoor Pembersih Udara untuk Rumah Minimalis

Tidak perlu memberikan air terlalu sering dan tempatkan di tempat yang teduh adalah kunci dari merawat anggrek bulan. Karena sifatnya yang menyukai tempat teduh, maka tanaman ini cocok untuk diletakkan di dalam rumah. Selain keindahannya, anggrek bulan bisa menyerap polutan xilena yang terdapat pada cat. Anggrek bulan sangat cocok untuk rumah baru.
Artikel Menarik Lainnya : Cara Membuat Kabinet Dapur Sendiri (Dari Bahan Triplek/Kayu)
Nah, 5 tanaman indoor pembersih udara bisa menjadi referensi untuk dekorasi. Tanaman-tanaman ini sangat mudah ditemukan di toko tanaman hias dengan harga relatif terjangkau. 

Semoga informasi di artikel ini dapat membantu Anda dalam menerapkan konsep green living.

Post a Comment for "5 Tanaman Indoor Pembersih Udara untuk Rumah Minimalis "