Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML Atas

Cara Raih Untung Cepat: Agen Boneka Murah, Ini 5 Triknya

Bisnis boneka terkenal longlasting walaupun fluktuatif. Karena boneka bersifat musiman, maka beberapa jenis boneka tertentu hanya bertahan sebentar saja. Namun meski begitu, bisnis boneka tetap menggiurkan karena untungnya yang besar. Maka, sah-sah saja jika seseorang ingin menjajal peruntungan menjadi agen boneka murah.

Menjadi agen berarti menjadi penghubung antara produsen dan konsumen. Baik itu konsumen akhir (individu) ataupun konsumen reseller. Biasanya, untuk menjadi agen memang diperlukan biaya yang besar karena harus membeli barang dalam jumlah yang besar. Tujuan dari pembelian dalam jumlah besar tadi adalah untuk mendapat harga murah.

Keuntungan Menjadi Agen Boneka Murah

Walaupun harus membeli boneka dari produsen dalam jumlah yang banyak, keuntungan yang diraih agen boneka juga besar. Jika dibandingkan dengan bisnis lain seperti property tentu bisnis boneka ini modalnya tergolong kecil sampai menengah.

Keuntungan menjalankan bisnis menjadi agen boneka murah adalah karena bisnis ini mudah dijalankan. 

Tidak perlu keahlian khusus untuk menjalankan bisnis ini asalkan mau belajar alur kerjanya. Dikarenakan agen tidak memproduksi sendiri boneka, maka fokuslah pada pemasaran dan rantai pasokannya.

Fokus pada pemasaran berarti memanfaatkan semua saluran pemasaran dengan efektif agar boneka yang ada di gudang bisa terjual dengan cepat. Sedangkan rantai pasokan berarti menjaga ketersediaan barang selalu ada agar bisa terus memenuhi permintaan.

Begitu juga dengan cara pendistribusiannya, sebagai agen tentunya perlu menjalin kemitraan dengan banyak reseller atau dropshipper. Tidak ada salahnya juga jika membuka toko yang bisa melayani konsumen individu.

Dari uraian di atas, jelas bahwa pasar bagi agen boneka murah cukup luas. 

Ada dua segmen konsumen yang bisa dilayani di sini yaitu reseller dan juga konsumen akhir. Selain itu, anak-anak sebagai konsumen utama boneka terus ada. Maka, permintaan akan boneka juga terus ada.

Karena produk tergolong produk yang tahan lama dan tidak cepat basi, pengelolaan bisnis boneka jadi mudah. Ditambah lagi, boneka termasuk barang yang sangat fleksibel mengikuti tren. Mungkin bagi produsen ini merupakan masalah tertentu, namun bagi agen boneka murah, ini tidak menjadi masalah.

Bisa dibilang, selama agen bisa memenuhi permintaan boneka-boneka yang sedang tren sesuai dengan masanya, maka bisnis akan mendulang keuntungan besar. Sebenarnya, boneka tidak diperuntukkan sebagai mainan anak saja. Tetapi juga sebagai merchandise, koleksi, dan juga maskot.



Cara Raih Untung Cepat Agen Boneka Murah, Ini 5 Triknya
Ilustrasi salah satu agen boneka.

Info Menarik Lainnya : Bisnis Boneka, Peluang Usaha Yang Cocok Untuk Millenial

Trik Sukses Menjadi Agen Boneka Murah

Dengan potensi bisnis yang besar, menjadi agen boneka murah bisa dijadikan pilihan bisnis. Selayaknya bisnis-bisnis lain, ada trik tersendiri yang bisa dijalankan agar bisnis ini bisa sukses. Tetapi ingat, tidak ada yang namanya keuntungan instan. Semuanya perlu kerja keras, konsistensi dan kegigihan.

Nah, agar lebih mantap membuka usaha agen boneka murah, simak trik sukses berikut ini:

1. Jalin Kemitraan dengan Banyak Produsen

Tidak mungkin bisa menjadi agen jika tidak menjalin kerjasama dengan banyak produsen apalagi untuk urusan boneka. Satu produsen biasanya memproduksi boneka tertentu saja, sehingga tidak mungkin bisa memenuhi semua jenis permintaan boneka.

Agar bisa mendapat harga yang paling ekonomis, jangan ragu untuk berkunjung ke sentra-sentra produksi boneka. Kunjungilah daerah seperti Cikampek, Karawang, yang sudah sejak puluhan tahun lalu menjadi pusat produksi boneka. Atau bisa juga ke kota Bandung tepatnya di desa Sukamulya, kecamatan Sukajadi.

2. Cermat Mengatur Stok Barang

Seperti dikatakan di atas bahwa boneka termasuk barang yang musiman. Jenis boneka tertentu seperti tokoh kartun memiliki masa yang sebentar. Misalnya, dulu boneka Upin Ipin permintaannya tinggi, namun tidak dengan sekarang. Bahkan beberapa produsen sudah tidak memproduksinya lagi.

Oleh karena itu, agar barang di gudang cepat berputar, maka jelilah membaca tren di pasar. Perhatikan apa yang menjadi kesukaan anak-anak, apa yang sedang viral, dan hal-hal seputar tren lainnya. Jangan terlalu banyak stok barang untuk boneka musiman ini.

Info Menarik Lainnya : 12 Contoh Mainan Yang Banyak Diminati Modal Sedikit (Untuk Ide Usaha)

3. Buka Jalur Dropshipper dan Reseller

Bagi pedagang dengan modal kecil, menjadi dropshipper adalah pilihan yang banyak diambil. Sebagai agen, maka bukalah opsi ini agar barang cepat terjual. Pemasaran program dropship ini bisa dilakukan secara konvensional atau secara online di marketplace seperti Tokopedia, Shopee, dan juga Bukalapak.

Sedangkan untuk program reseller, perbedaannya adalah reseller membeli sejumlah barang dengan harga yang lebih murah daripada ke konsumen akhir. Reseller bisa didapatkan dengan menjalin kerjasama dengan toko-toko boneka. Tawarkan paket kulakan yang lebih murah dan juga garansi retur untuk barang yang rusak.

4.  Jual Boneka yang Modelnya Tahan Lama

Selain boneka dengan model yang musiman, ternyata ada boneka-boneka yang permintaannya stabil. Jenis-jenis seperti boneka hewan dan tokoh kartun legendaris permintaannya selalu ada. Peningkatakannya tidak drastic namun stabil. Jadi, stok barang di gudang harus juga mencakup boneka dengan kategori ini.

Boneka hewan seperti sapi, singa, jerapah, monyet, dan beruang adalah yang paling laris. Sedangkan untuk tokoh kartun legendaris adalah seperti Mickey Mouse, Doraemon, Hello Kitty, dan juga Spongebob tidak pernah sepi permintaan. Cari produsen yang memproduksi boneka-boneka ini lalu belilah untuk stok di gudang.

Info Menarik Lainnya : Grosir Mainan Serba 5000 Dan Contoh Produk Yang Laku Sepanjang Masa

5. Manfaatkan Media Sosial dan Internet

Bisnis di jaman sekarang tidak mungkin dilakukan tanpa promosi di Internet. Salah satu cara yang paling murah dan efektif adalah melalui media sosial. Instagram adalah platform kekinian yang paling banyak dipilih untuk mempromosikan produk selain Facebook.

Di Instagram, agen boneka bisa mengunggah foto-foto boneka koleksinya, launching promo produk, bahkan berbagi aktivitas harian seputar bisnis yang digeluti. Kegiatan ini merupakan interaksi yang efektif guna menumbuhkan awareness tentang bisnis yang sedang digeluti. Jadi, jangan sampai tidak mempromosikan produk di media sosial karena pengaruhnya pada bisnis sangat besar.

Tantangan Menjadi Agen Boneka

Bisnis selalu penuh lika-liku, dinamika, dan tantangan. Seperti halnya bisnis boneka yang bisa dibilang bukan merupakan barang kebutuhan pokok manusia. Di masa krisis, tentu saja orang lebih memilih membeli kebutuhan pokok daripada boneka. Agen boneka harus memutar otak agar bisnis tetap berjalan.

Belum lagi kebijakan pemerintah yang juga menjadi tantangan tersendiri bagi pebisnis boneka. Bagi produsen, mereka harus memenuhi standar SNI untuk boneka- boneka buatannya. Sebagai agen, tentulah harus jeli mencari produsen yang sudah memenuhi standar SNI ini. Pasalnya, konsumen yang mayoritas anak-anak perlu boneka yang aman mereka mainkan.

Kebutuhan akan gudang penyimpanan juga menjadi tantangan tersendiri bagi agen boneka. Di awal bisa saja memanfaatkan rumah sebagai tempat penyimpanan, namun tidak bisa selamanya begitu. Seiring berkembangnya bisnis, agen boneka harus memberanikan diri menambah modal untuk menyewa atau membeli lokasi penyimpanan baru.

Kesimpulannya, menjadi agen boneka murah bisa digeluti oleh siapa saja dan berpotensi mendatangkan keuntungan yang besar. Asalkan memahami alur kerja mulai dari mendapatkan barang, mempromosikan dan mendistribusikannya, maka keuntungan bisa didapat dengan cepat. Selain itu, jangan cepat putus asa dan terus berinovasi agar bisnis terus berjalan.

Info Menarik Lainnya : Difie Toys, Grosir Mainan Serba 500 hingga 1000an di Jakarta

Semoga artikel singkat ini dapat bermanfaat untuk Anda semuanya. Sampai jumpa lagi di artikel menarik selanjutnya. 

Penulis by : Bang izal.

Post a Comment for "Cara Raih Untung Cepat: Agen Boneka Murah, Ini 5 Triknya"