Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML Atas

Cara Komplain SiCepat (Ketika Paket Kiriman Terkendala)

Cara komplain SiCepat - Semakin marak dan populernya belanja online, peran kurir atau tim ekspedisi pun semakin besar. Salah satu tim ekspedisi yang kini tengah meroket namanya adalah SiCepat. Namun, ketika pelayanan yang diberikan tidak sesuai ekspektasi, yang dapat dilakukan pelanggan adalah melakukan komplain.

Biasanya solusi yang diberikan oleh pihak SiCepat (jika ada kendala pengiriman) antara lain follow-up hingga masalahnya bisa terselesaikan. Dan jika permasalahannya sangat berat (seperti barang rusak atau hilang), maka akan diberikan ganti rugi (refund).

 

Cara Komplain SiCepat (Ketika Paket Kiriman Terkendala)


Tentunya cara komplain SiCepat harus dilakukan dengan benar, agar laporan Anda dapat segera diproses.

Komplain merupakan hal yang wajar dan juga hak setiap pelanggan. Apabila pelayanan dirasa tidak sesuai dengan yang ditawarkan, maka pelanggan diperkenankan untuk mengajukan komplain ke pihak SiCepat. Dengan demikian, pihak SiCepat bisa melakukan perbaikan dan meningkatkan pelayanannya.

Meski demikian, pelanggan tidak bisa seenaknya dalam melakukan komplain.Terdapat cara dan etika yang benar untuk melakukan komplain. Hal ini dilakukan agar komplain dapat diproses pada pihak yang bersangkutan.

Mengenal Lebih Dekat SiCepat

Sebelum membahas lebih jauh mengenai cara komplain SiCepat, sebaiknya pelanggan mengetahui lebih dalam mengenai jasa ekspedisi yang satu ini. SiCepat merupakan salah satu perusahaan di bidang jasa pengiriman barang. Perusahaan ini didirikan pada tahun 2014, dan terbilang cukup baru.

Meski demikian, SiCepat mampu berkembang dengan pesat dan kini cabang perusahaannya telah tersebar di seluruh Indonesia. Berbeda dengan jasa pengiriman lain, SiCepat hanya fokus pada pengiriman barang e-commerce.

SiCepat sendiri memiliki beberapa jenis layanan pengiriman. Yang pertama yakni pengiriman reguler. Jika pelanggan memilih layanan ini, maka waktu yang dibutuhkan agar paket bisa sampai di tangan adalah tiga hari.

Sedangkan untuk paket Best (Besok Sampai Tujuan), paket akan sampai dalam waktu sehari saja. Tidak hanya itu, bentuk resi SiCepat pun sedikit berbeda dari resi jasa ekspedisi lain. Resi pada SiCepat menggunakan barcode dan nantinya nomor resi akan dikirim melalui SMS.

Berkat layanan yang diberikan tersebut, SiCepat mampu menjadi jasa pengiriman yang cukup besar dan diminati oleh banyak pelanggan.

Alasan Melakukan Komplain

Sebagai salah satu perusahaan penyedia jasa, tentunya SiCepat sangat mengutamakan kualitas pelayanannya. Hal ini dilakukan agar pelanggan senantiasa menggunakan SiCepat sebagai jasa pengiriman barang.

Meskipun demikian, terkadang beberapa layanan yang diberikan oleh perusahaan ekspedisi ini tidak sesuai dengan ekspektasi pelanggan atau tidak sesuai dengan yang ditawarkan. Ketika hal tersebut terjadi, pelanggan tentu berhak untuk mengajukan komplain.

Tetapi, sebelum mengkomplain pelayanan SiCepat, ada baiknya jika pelanggan memahami alasan yang dibenarkan untuk melakukan komplain terlebih dahulu.

Berikut beberapa alasan kenapa orang melakukan komplain, diantaranya:

1. Barang Tidak Kunjung Datang

Sebagian besar komplain dilakukan karena barang yang tidak kunjung datang. Seperti yang diketahui, proses pengiriman SiCepat membutuhkan waktu mulai dari satu hingga tiga hari, bergantung pada jenis layanan yang dipilih.

Apabila pelanggan memilih layanan paket Best dan paket barang tidak kunjung datang hingga tiga hari lebih, maka pelanggan berhak untuk mengajukan komplain ke pihak SiCepat. Jika layanan yang dipilih adalah Reguler, maka komplain dapat diajukan ketika barang tidak juga sampai dalam waktu lebih dari empat hari.

2. Barang Rusak

Alasan lain yang bisa dipakai oleh pelanggan saat melakukan komplain adalah kondisi barang yang rusak ketika sampai ke tangan pelanggan. Setiap pelanggan tentu ingin menerima barang dalam kondisi utuh dan baik. Ketika hal tersebut tidak didapatkan pelanggan, maka komplain dapat diajukan. Terlebih, jika diketahui bahwa barang rusak karena keteledoran kurir.

Info Menarik Lainnya : Simak! Cara Komplain J&T Agar Cepat Direspon

3. Sikap Kurir Yang Kurang Sopan

Pelanggan juga dapat melakukan komplain terhadap kurir yang mengantar barang. Hal tersebut terjadi jika dirasa perilaku kurir kurang sopan atau bahkan tidak sopan sama sekali. Pelanggan juga bisa melaporkan kurir jika kurir melontarkan kata-kata kasar kepada pelanggan apa pun alasannya.

Laporan ini dilakukan agar supaya kurir tersebut ditegur, dan tidak mengulangi lagi. Sehingga tidak ada dampak berkelanjutan terhadap citra SiCepat dimasa mendatang.

Cara Komplain SiCepat Dengan Benar

Meski pelanggan memiliki hak untuk melakukan komplain kepada pihak SiCepat, akan tetapi komplain tidak bisa dilakukan dengan seenaknya. Terdapat beberapa cara komplain SiCepat yang dibenarkan, sehingga komplain bisa diproses dengan baik. 

Berikut ini merupakan beberapa cara komplain kepada SiCepat:

1. Melalui email

Ketika pelanggan mempunyai keluhan mengenai pelayanan SiCepat baik karena paket yang tidak kunjung tiba maupun kondisi paket yang rusak, komplain bisa dilayangkan lewat surat elektronik atau email.

Layangkan surat ke alamat email resmi SiCepat yakni customer.care@sicepat.com dengan judul yang jelas. Isi surat pengaduan juga sebaiknya ditulis dengan lengkap dan jelas. Hal yang harus ada pada isi surat yakni nama pelanggan, ciri-ciri barang, nomor resi, dan alamat serta nomor handphone.

Jangan lupa untuk menyertakan bukti-bukti pendukung pengaduan. Hal ini dilakukan supaya komplain bisa diproses dengan cepat.

Meskipun cukup praktis, komplain lewat email biasanya tidak akan langsung dibalas. Butuh waktu kurang lebih 1x24 sejak surat pengaduan dilayangkan sebelum pihak SiCepat membalas komplain pelanggan.

Info Menarik Lainnya : Cara Komplain Bukalapak (Terima Barang Tidak Sesuai Pesanan)

2. Lewat Line

Bagi pengguna media sosial, khususnya Line, komplain kepada SiCepat juga bisa dilakukan lewat akun resminya di Line. Cara komplain lewat Line ini jauh lebih mudah dibandingkan dengan email.

Yang perlu dilakukan oleh pelanggan hanyalah mengetik pesan mengenai keluhan yang dialami disertai dengan melampirkan nomor resi. Setelah semua keluhan ditulis, klik kirim atau send untuk mengirim pesan ke akun resmi Line SiCepat. yakni @sicepat.

3. Via Twitter

Agar bisa menjangkau pelanggannya lebih luas, SiCepat membuka berbagai media sosial, termasuk Twitter. Jadi, jika pelanggan merasa kurang puas dengan pelayanan SiCepat, komplain bisa dilakukan melalui Twitter SiCepat, yakni @sicepat_ekspres.

Pelanggan bisa melayangkan komplain via Twitter dalam bentuk mention atau pesan langsung/DM. Tulis keluhan yang dialami dan kirimkan ke akun Twitter SiCepat. Biasanya, pengajuan komplain melalui twitter lebih cepat ditangani dibandingkan dengan email.

Jadi, jika pelanggan merasa bahwa keluhannya bersifat urgent, komplain bisa dikirimkan ke Twitter supaya cepat direspon.

Info Menarik Lainnya : Pesanan Tidak Sesuai? Simak Cara Komplain Tokopedia Yuk!

4. Melalui Instagram

Satu lagi media sosial yang bisa digunakan untuk melakukan komplain, Instagram. Status paket, kerusakan paket, dan paket tidak kunjung datang merupakan beberapa keluhan yang kerap diajukan melalui Instagram.

Ketika akan mengajukan keluhan via Instagram, pelanggan sebaiknya mengirim komplain tersebut lewat pesan langsung atau DM dibandingkan dengan meninggalkan komentar. Hal ini dilakukan untuk menjaga keamanan.

Jangan lupa untuk melampirkan nomor resi jika komplain yang dilakukan terkait dengan kondisi barang, dan keterlambatan barang.

5. Datang Langsung Ke Agen SiCepat

Cara lain yang bisa dilakukan pelanggan untuk mengeluarkan uneg-uneg dan keluhan kepada SiCepat adalah dengan datang langsung ke kantor cabang atau agen SiCepat terdekat di kota pelanggan.

Datang langsung merupakan cara yang lebih efektif dalam melakukan komplain, terlebih jika rumah pelanggan tidak jauh dengan kantor SiCepat. Saat melakukan komplain dengan datang langsung, jangan lupa untuk membawa dokumen yang dibutuhkan seperti KTP, nomor resi, nomor kontak, dan alamat penerima.

Dengan dokumen yang lengkap, proses keluhan pun bisa dilakukan dengan lebih cepat. Untuk mengetahui ada atau tidaknya kantor SiCepat, pelanggan bisa memeriksa melalui Google Maps.

Info Menarik Lainnya : 6 Peluang Kemitraan Jasa Ekspedisi, Sudahkah Anda Bergabung?

Kesimpulan.

Komplain merupakan hal yang biasa dilakukan pelanggan apabila pelayanan jasa pengiriman atau kurir dirasa kurang memuaskan. Hampir semua penyedia jasa pengiriman membuka kesempatan kepada pelanggannya untuk melakukan komplain, termasuk SiCepat.

Meskipun pelanggan diperbolehkan untuk komplain kepada SiCepat, pelanggan juga harus menggunakan cara komplain SiCepat yang benar. Hal ini dilakukan agar proses pengaduan bisa dilakukan dengan cepat, sehingga SiCepat bisa meningkatkan pelayanannya.

Demikianlah info tentang cara komplain SiCepat. Semoga bermanfaat untuk Anda semua.

Penulis by : Bang izal.

Post a Comment for "Cara Komplain SiCepat (Ketika Paket Kiriman Terkendala) "