Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML Atas

Cara Komplain TIKI ini Wajib Diketahui Pebisnis Online Shop

Cara komplain tiki - Online shop atau oleh orang awam dikenal sebagai toko online adalah salah satu pengguna jasa pengiriman. Salah satunya jasa ekspedisi yang sering digunakan adalah TIKI. Ekspedisi TIKI ini merupakan pelopor pengiriman paket yang sudah terpercaya.

Namun seperti kata pepatah “Tak ada gading yang tak retak”, maka pemilik toko online tentu pernah mengalami pengalaman tidak menyenangkan saat menggunakan ekspedisi TIKI ini. Permasalahannya, ada diantara pebisnis online shop itu yang tidak tahu cara komplain ke TIKI (terutama para online shop pemula). Oleh karena itulah artikel ini sengaja ditulis untuk membantu mereka.

 

Cara Komplain TIKI ini Wajib Diketahui Pebisnis Online Shop


Cara Komplain Tiki

Pada artikel ini, terdapat beberapa informasi penting yang akan dibagikan. Informasi tersebut mengenai kendala apa saja yang sebaiknya dikomplain-kan, dan bagaimana cara menghubungi TIKI untuk mengajukan keluhan yang ada.

Simak penjelasan selengkapnya berikut ini.

Masalah yang Bisa Dikomplain ke TIKI

Bidang jasa pasti memiliki kendala-kendala di luar kendali. Dari sekian banyak kendala, antara pihak pengirim (online shop) dengan pihak ekspedisi sering kali muncul komplain yang beragam. Dari sekian banyak komplain yang masuk, maka rata-rata pengguna jasa ekspedisi TIKI mengajukan komplain terhadap tiga hal berikut (yang cukup sering terjadi).

3 hal tersebut adalah:

  • Keterlambatan paket tiba ke alamat tujuan.
  • Kondisi paket yang rusak ketika diterima.
  • Paket yang tidak sampai ke tujuan. 

Ya, ketiga masalah itulah yang sering terjadi di ekspedisi manapun, tak terkecuali TIKI.

Sebagai konsumen pengguna jasa dari TIKI, maka perlu juga untuk mengetahui kejadian apa saja yang memang perlu untuk disampaikan ke pihak customer care. Jadi seorang pebisnis online shop hendaknya mengetahui masalah apa saja yang dapat dikomplain. Dan juga mengetahui bagaimana cara yang tepat untuk menyampaikan keluhan tersebut.

Pihak ekspedisi tentu berharap agar para konsumennya jangan menyampaikan keluhan pada kanal yang tidak seharusnya (contohnya seperti membuat postingan dimedia sosial pribadi). Kalau ada masalah, sebaiknya disampaikan langsung ke kontak resmi Costumer Care TIKI. Hal ini untuk meminimalisir terjadinya penyalahgunaan dan pencemaran nama baik ekspedisi dari orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

Berikut ini akan diuraikan beberapa permasalahan yang sering terjadi, cara komplain tiki, beserta cara menyelesaikannya.

Simak sampai tuntas yuk!

1. Paket Terlambat

Masalah yang sering dikomplainkan kepada customer care adalah paket yang terlambat. Komplain mengenai paket yang terlambat ini dapat dilakukan bila paket tidak dapat dilacak melalui mesin pelacakan otomatis di website TIKI. Kemudian, paket yang tak kunjung datang karena berhenti di warehouse dalam jangka waktu yang lama.

Kendala semacam ini sangat merugikan kedua belah pihak. Baik pengirim dalam hal ini pengusaha online shop dan penyedia jasa ekspedisi. Hal ini dikarenakan nilai online shop di mata pelanggannya akan menjadi jelek akibat pengiriman. Walaupun tidak semua pelanggan mengerti keadaan tersebut, namun ada juga pelanggan yang memasukkan layanan pengiriman barang ke dalam keseluruhan penilaian sebuah online shop.

Setelah itu, pengaruh keterlambatan pengiriman ini juga akan mengurangi jumlah pengusaha online yang telah mempercayakan ekspedisinya pada TIKI. Pengurangan jumlah volume yang dikirimkan ini akan berakibat pada menurunnya laba perusahaan ekspedisi hingga terjadinya pengurangan karyawan. Tentu, agar hal-hal tersebut tidak terjadi, ada baiknya untuk meminimalisir keterlambatan dari pihak jasa ekspedisi dengan menyortir paket lebih teliti agar sampai ke tujuan tepat waktu.

Baca juga : Simak! Cara Komplain J&T Agar Cepat Direspon

2. Paket Rusak

Berikutnya adalah masalah yang terjadi karena paket rusak selama pengiriman. Ya, kerusakan ini bisa terjadi karena kesalahan pengirim dan jasa pengiriman. Terkadang para pengirim lupa untuk memberikan keterangan pada paket berupa tanda FRAGILE dan pengemasan yang kurang aman.

Selain itu, dari pihak ekspedisi terkadang lupa untuk menanyakan isi dari paket tersebut, sehingga dari pengiriman lalai untuk memilah paket-paket yang perlu diperlakukan secara khusus seperti barang pecah belah dan makanan ringan mudah remuk.

3. Paket Tidak Sampai Ke Tujuan

Kendala yang berhasil menjadi Top 3 Masalah Ekspedisi selama bertahun-tahun adalah paket yang tidak sampai ke alamat tujuan. Masalah ini terjadi bisa terjadi dari pihak pengirim dan jasa ekspedisi. Terkadang, pengirim paket tidak mencantumkan alamat yang jelas.

Alamat yang jelas disini bisa berupa lokasi penanda rumah, arah menuju rumah dari lokasi jalan besar untuk rumah yang terletak di dalam gang kecil, serta nomor handphone penerima kadang tidak dicantumkan dengan benar. Hal-hal remeh seperti ini yang menyebabkan paket akan dibawa kembali oleh kurir karena kurir tidak dapat menemukan lokasi rumah penerima paket. Paket ini biasanya akan kembali ke warehouse di kota terdekat.

Bila hal ini terjadi, sebaiknya pengirim dari online shop harus rajin mengecek dan melacak paket yang telah dikirimkan. Selain itu, penjual juga menginformasikan resi pengiriman kepada penerima agar penerima paket dapat mengecek paketnya sendiri.

Baca juga : Cara Komplain SiCepat (Ketika Paket Kiriman Terkendala)

Beberapa Cara Komplain ke TIKI 

Nah, lalu bagaimana cara komplain TIKI? Cara untuk melaporkan komplain dan keluhan ekspedisi cukup mudah. Ada 3 cara yang bisa dilakukan yaitu mendatangi kantor cabang TIKI, mengadukan komplain dengan menelpon customer care, dan mengirim direct message ke media sosial TIKI.

1. Datang Ke kantor Cabang TIKI

Cara komplain TIKI yang pertama adalah mendatangi kantor cabang TIKI di kota terdekat. Ya, TIKI memiliki banyak kantor cabang yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Mulai dari Sumatera, Kalimantan, Jawa, Sulawesi, Bali, Nusa Tenggara Barat, Maluku, hingga Papua.

Tercatat ada 70 kantor cabang TIKI yang bisa menjadi tempat untuk mengadukan komplain dan keluhan terkait paket yang hilang, belum sampai, dan paket yang rusak. Sebelum pergi ke kantor cabang TIKI, persiapkan kartu identitas seperti KTP dan SIM, Resi Pengiriman, dan Nota Bukti Pembayaran Paket. 3 hal tersebut diperlukan bila terjadi klaim untuk barang yang hilang dan rusak selama pengiriman.

Setelah mengajukan komplain ke kantor cabang, jangan lupa untuk menyimpan nomor kontak kantor cabang tersebut atau PIC terkait masalah pengiriman paket. Kemudian, simpan nomor pelaporan keluhan untuk mengecek perkembangan komplain ke customer service maupun ke sosial media akun resmi TIKI. Pastikan untuk follow up perkembangan paket sesuai dengan janji yang sudah disepakati dengan pihak TIKI.

Baca juga : Cara Komplain Bukalapak (Terima Barang Tidak Sesuai Pesanan)

2. Telpon Customer Service

Cara komplain TIKI berikutnya dengan menelpon customer care TIKI di nomor 1500125. Layanan hotline ini bisa dihubungi dari hari Senin hingga hari Minggu. Untuk jam kerja customer service layanan ini terdapat tiga jadwal tetap.

Pertama, untuk hari Senin hingga Jumat, customer service melayani dari pukul 07.00 sampai dengan pukul 20.00 WIB. Kemudian, pada hari Sabtu layanan ini dibuka pada pukul 07.00 sampai dengan pukul 16.00 WIB. Sedangkan untuk hari Minggu, layanan ini dibuka lebih lama 1 jam yaitu pada pukul 08.00 hingga 16.00 WIB.

Sebelum membuat laporan melalui telepon, pastikan telah menyiapkan identitas diri, nomor resi pengiriman, dan kronologi kejadian secara runtut. Karena laporan disampaikan melalui telepon, pastikan tidak bertele-tele karena pulsa yang dibutuhkan juga akan semakin banyak. Setelah itu, jangan lupa untuk meminta nomor laporan keluhan untuk di follow up kembali pada hari-hari berikutnya.

Baca juga : Pesanan Tidak Sesuai? Simak Cara Komplain Tokopedia Yuk!

3. Melalui Direct Message Media Sosial

Selain datang langsung dan menelepon ke customer care TIKI, cara komplain TIKI berikutnya adalah dengan membuat keluhan melalui Direct Message di beberapa media sosial TIKI. Bisa melalui personal message di Facebook akun tiki.id. Lalu, bisa juga dengan mengirim direct message ke twitter akun resmi TIKI di @idTiki atau Instagram di @tiki_id.

Ceritakan komplain secara runut beserta identitas dan nomor resi pengirimannya dengan jelas. Agar mempermudah proses penyelesaian masalah tersebut.

Nah, semoga 3 cara komplain TIKI tersebut dapat membantu para pengusaha online dan pengguna jasa ekspedisi TIKI dalam menyampaikan keluhannya. Perlu diingat, sebelum melakukan komplain sebaiknya mempersiapkan identitas dan nomor resi ya!

Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk Anda.

Penulis by : Bang izal.

1 comment for "Cara Komplain TIKI ini Wajib Diketahui Pebisnis Online Shop"

  1. knpa paket aq malah balik lagi padahal alat'a tepat,kn ga harus setiap orang pegang hp trs,walau pun kurir tlpn atau chat pada saat ga pegang hp kn ga bakal tau,emang kurir'a ngandelin hp z harus'a kn bertanya sama orang sekitar

    ReplyDelete

Post a Comment