Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML Atas

Mau Jual Mainan Anak Bekas? Ini Cara Hunting Barangnya

Jual mainan anak bekas - Setiap orang tua pasti memiliki banyak mainan anak yang sudah tidak lagi terpakai. Mainan-mainan itu seringkali menyita banyak ruangan di rumah mereka (terutama mainan yang berukuran besar). Dari fakta ini, maka ide jual mainan anak bekas adalah peluang yang cukup menjanjikan untuk direalisasikan. Anda bisa menjual mainan bekas sendiri, atau menjual sisa mainan bekas orang lain.

 

Mau Jual Mainan Anak Bekas? Ini Cara Hunting Barangnya
Ilustrasi mainan bekas.

Pertanyaannya: Bagaimanakah Cara Jual Mainan Anak Bekas?

Ada banyak cara untuk jual mainan bekas anak dan tidak perlu khawatir tidak laku. Selain bisa membersihkan rumah dari mainan yang tidak lagi terpakai, orang tua bisa mendapat uang tambahan. Malahan, saat ini ada orang yang sengaja membuka bisnis persewaan dan penjualan mainan bekas.

Bisnis Sewa Mainan Bermerek, Modal Mainan Bekas Jadi Uang

Saat ini, segala hal bisa dijadikan uang. Bahkan mainan bekas pun bisa disulap jadi bisnis yang memiliki nilai ekonomis tinggi. Untuk bisa sukses di bisnis ini, syarat mainan bekas yang dijual atau disewakan haruslah yang berkualitas. Umumnya, para pelaku bisnis ini mendapatkan mainannya dari luar negeri.

Tempat jual mainan anak bekas yang berkualitas cukup mudah dijumpai. Beberapa memilih cara online untuk memasarkan mainannya. Seperti yang dilakukan oleh pemilih situs www.duniabermain.com, yaitu memasarkan mainan bekas yang disewakan secara online.

Selain membeli mainan bekas untuk disewakan kembali, mainan bekas juga bisa dijual lagi. Saat ini sedang tren yang namanya preloved, dimana orang-orang menjual barang bekas miliknya. Nah, mainan bekas juga bisa di “preloved”. Tentu saja mainan bekas harus yang masih dalam kondisi bagus, bersih, dan bermerek.

Bisnis preloved mainan bekas ini sangat mudah dijalankan karena umumnya hanya dipasarkan melalui sosial media atau internet. Peminat mainan bekas tidak datang dari perorangan saja namun juga pemilik usaha. Contohnya adalah TK, PAUD, pemilik daycare, pemilik usaha playground dan juga klinik.

Instansi-instansi di atas tadi tidak jarang membeli mainan bekas karena harganya yang lebih miring. Selain itu, mainan bekas bermerek umumnya masih dalam kondisi bagus dan layak pakai. Jadi, tidak terlalu rugi bagi pemilik usaha jika membeli mainan bekas untuk kebutuhan usahanya.

Info Menarik Lainnya : Supplier Mainan Anak Murah, Ini Cara Mencarinya

Tips Jual Mainan Anak Bekas Agar Sukses

Karena tergolong bisnis yang tidak semua orang menjalankannya, ada beberapa tips yang bisa dikulik jika ingin menggeluti bisnis ini. Menjual atau menyewakan mainan anak bekas tidaklah semudah menjual mainan baru.

Berikut ini beberapa tips yang bisa dikulik:

1. Ikuti Perkembangan Model Mainan Terbaru

Mainan-mainan bermerek selalu mengupdate model dan jenis. Keluaran-keluaran baru cepat sekali berjejer di toko-toko mainan. Untuk itu, jangan sampai ketinggalan berita atau update mengenai model-model mainan ini.

Cara agar bisa terus update adalah dengan sering-sering membaca berita mengenai mainan terbaru baik dari situs dalam negeri maupun luar negeri. Lalu, bisa juga dengan melihat video-video unboxing mainan yang banyak tersedia di YouTube.

2. Rajin Hunting Mainan

Pelaku bisnis mainan bekas sangat rajin melakukan hunting mainan bekas. Tidak jarang mereka sampai pergi ke luar negeri untuk mencari mainan bekas yang unik dan bermerek. Negara yang paling dekat untuk dikunjungi guna hunting mainan bekas adalah Singapura.

Namun, jangan khawatir jika takut mahal di ongkos, di Batam banyak juga jadi tempat jual mainan anak bekas yang bermerek. Banyak pemain di bisnis ini yang berburu mainan di Batam. Harganya bervariasi tergantung dari jenis, merek, dan juga kondisi mainan itu sendiri.

Lihat contoh borongan mainan bekas pada foto dibawah ini.

Mau Jual Mainan Anak Bekas? Ini Cara Hunting Barangnya
Ilustrasi mainan bekas.

 

Info Menarik Lainnya : Mau Jadi Supplier Mainan Import? Ini Cara Memasok Barangnya

3. Memastikan Mainan dalam Kondisi Baik

Bisnis mainan bekas sangat bergantung pada kondisi mainan. Harga sewa atau jual akan lebih tinggi jika mainan dalam kondisi baik, bersih dan terawat. Para orang tua tentunya akan sangat  mempertimbangkan aspek ini sebelum membeli mainan bekas untuk anaknya.

Belum lagi banyak yang masih menganggap mainan bekas adalah mainan yang tidak layak dimainkan. Entah itu karena kotor atau karena rusak. Maka dari itu, pemilik bisnis mainan bekas harus memastikan dan meyakinkan bahwa mainan miliknya dirawat dengan baik. Walaupun bekas, namun kondisi seperti baru.

Tempat Jual Mainan Anak Bekas

Mencari mainan bekas branded tentu tidak semudah mencari mainan bekas biasa. Ada tempat-tempat khusus yang perlu didatangi oleh para pemburu mainan bekas dan bisa juga dijadikan tempat untuk kulakan. Simak daftar berikut:

1. Aviari Batam

Di tempat yang satu ini bisa dijumpai banyak sekali mainan bekas branded yang umumnya berasal dari Singapura. Harga mainan bekas disini sangat murah dan jenis mainannya unik-unik. Mainan ukuran kecil sampai ukuran besar bisa ditemui disini.

Jika membeli di tempat ini, usahakan untuk tetap menawar. Pasalnya, ongkos kirim akan tetap menjadi tanggungan pembeli. Maka tawar sampai semurah mungkin agar tidak rugi. Ongkos kirim bisa disiasati dengan memilih ekspedisi yang murah di Batam.

Info Menarik Lainnya : Toko Gaby Toys dan Lucky Toys, 2 Pusat Grosir Mainan Import Berkualitas

2. Singapura

Jika sudah di Batam, tidak ada salahnya melipir ke Singapura. Berburu mainan anak bekas bisa dilakukan di beberapa spot di Singapura. Contohnya adalah SCAPE Marketplace, Bugis Street, Haji Lane, dan juga Mustafa Centre. Perlu dicatat bahwa di tempat ini tidak hanya menjual mainan saja namun juga barang lainnya.

Siapkan kaki yang kuat untuk berjalan mengelilingi tempat-tempat di atas. Terutama di Mustafa Centre yang buka hingga 24 jam. Jika ingin mendapat barang bagus di dini hari, Mustafa Centre bisa jadi pilihan. Perhatikan juga ongkos kirim dari Singapura ke Indonesia. Pilih jasa pengiriman yang ekonomis agar tidak tekor.

3. Pasar Asemka

Pasar Asemka terkenal dengan mainan murah. Di pasar ini ternyata ada juga mainan bekas yang unik dan bermerek. Datang saja ke salah satu pasar legendaris di Jakarta ini dan temukan mainan-mainan bekas yang diinginkan.

Disarankan untuk jeli memilih dan juga menawar jika belanja di pasar ini. Lalu, siapkan uang tunai karena umumnya penjual tidak menyediakan mesin EDC untuk pembayaran dengan kartu. Walaupun jumlah dan jenis mainan bekas bermerek tidak sebanyak di Batam dan Singapura, koleksi di pasar ini bisa untuk menambah inventory mainan bekas yang akan dijual lagi.

Baca juga : 5 Pusat Toko Grosir Mainan Hobi Di Asemka (Die Cast Metal, Hot Wheels, Drone, RC Helikopter, Action Figure)

4. Membeli Secara Online

Cara ini adalah yang paling mudah dilakukan namun juga perlu riset yang dalam. Membeli barang apalagi mainan bekas secara online tentunya memiliki resiko yang besar. Pembeli tidak bisa mengecek langsung kondisi mainan yang dijual.

Beberapa situs yang bisa dikunjungi adalah Prelo, Carousell, BelanjaBekas, OLX, Alibaba dan juga Aliexpress. Situs-situs ini menjual mainan bekas dan juga barang lainnya. Pembayaran dan pengiriman yang mudah bisa jadi keuntungan tersendiri bagi pemula. Di situs-situs ini bisa juga dijadikan tempat untuk menjual mainan bekas yang dimiliki di rumah.

Info Menarik Lainnya : Cara Import Barang dari China Dan Beberapa Tips Rahasia

Mencari tempat jual mainan bekas anak bermerek memang tidak semudah mencari mainan bekas biasa. Hunting hingga ke luar negeri nyatanya perlu dilakukan jika serius menekuni bisnis ini. Mainan bekas yang dibeli tadi bisa dijual lagi atau disewakan. Nah, bagi yang memiliki mainan bekas di rumah, jangan takut untuk menjualnya lagi. Pasti ada yang akan membeli, kok. Karena penggemar mainan bekas (terutama yang unik) pasti akan selalu ada.

Demikianlah info tentang peluang jual mainan bekas dan cara hunting barangnya. Semoga bermanfaat.

Penulis by : Bang izal.

Post a Comment for "Mau Jual Mainan Anak Bekas? Ini Cara Hunting Barangnya"