Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML Atas

10 Tips Menata Ruang Makan Sekaligus Ruang Keluarga

Ruang makan sekaligus ruang keluarga - Di artikel sebelumnya telah sempat saya ulas tentang beberapa tipe rumah minimalis. Tepatnya ada 2 tipe. Yaitu rumah minimalis modern dan rumah minimalis sedehana. Untuk tipe rumah minimalis modern, maka kata "minimalis" yang disematkan itu bukan dalam arti ukuran rumahnya minim (baca: kecil atau 'apa adanya').

Bukan seperti itu artinya.

Lalu apa ya pengertiannya?

Rumah minimalis modern ini dalam arti sebuah hunian dengan desain yang simpel, sangat presisi, ornamen yang minim, dan unik. Rumah minimalis modern ini biasanya didominasi oleh warna-warna dasar seperti hitam, putih, dan abu-abu. 

Dan untuk ukurannya sendiri, justru rumah minimalis modern ini bertolak belakang dengan kata yang disematkan padanya (minimalis). Pada umumnya rumah minimalis modern itu berukuran besar-besar. Oleh karena itulah hunian ini biasanya hanya dimiliki oleh masyarakat kelas menengah ke atas.

Sedangkan untuk tipe rumah minimalis sederhana, maka ini barulah benar-benar bermakna sesuai dengan kata yang disematkan padanya. Yaitu sebuah rumah yang berukuran minimalis, kecil mungil dengan bangunan yang seadanya. 

Biasanya rumah minimalis sederhana ini dimiliki oleh masyarakat kebanyakan. Rumah jenis ini biasanya juga mengadopsi gaya desain bangunan rumah minimalis modern. Bedanya, rumah jenis ini biasanya berukuran kecil dengan luas bangunan sekitar 50 - 80 meter persegi. 

Ide ruang makan sekaligus ruang keluarga pada rumah minimalis sederhana.

Nah, untuk bisa menghadirkan konsep seperti rumah minimalis modern, maka rumah minimalis sederhana ini harus memaksimalkan penggunaan ruangan yang ada di dalamnya. Ada beberapa upaya yang dapat dilakukan.

Salah satunya yaitu menggabungkan fungsi ruang makan sekaligus untuk ruang keluarga.


10 Tips Menata Ruang Makan Sekaligus Ruang Keluarga
Ilustrasi.

Konsep ini bertujuan agar penggunaan ruangan rumah dapat lebih efisien. Intinya, ini semacam ruang serbaguna. Berikut ini ada beberapa tips untuk mengatur tata letak dan desain interior ruang serbaguna tersebut.

Diantaranya:

1. Gunakanlah Lemari Makan sebagai Pemisah Ruangan 


10 Tips Menata Ruang Makan Sekaligus Ruang Keluarga

Tips yang pertama untuk menata ruang makan sekaligus ruang keluarga, yaitu sebaiknya menggunakan lemari makan sebagai pemisahnya. Penggunaan lemari makan tersebut, selain berguna untuk menyimpan makanan juga dapat mengoptimalkan ruangan dengan cara memisahkan kedua ruangan tersebut.

2. Gunakanlah Warna Cat yang Berbeda

Tips lain untuk menata ruang keluarga menyatu dengan ruang makan bisa menggunakan warna cat yang berbeda. Gunakanlah dua warna cat yang kontras, misalnya warna kuning untuk ruang makan, dan juga warna biru dongker untuk ruang keluarga. 

Atau bisa juga dengan cara membuat gaya dinding tembok yang belum jadi (unfinished). Sedangkan bagian dinding lainnya diberi cat secara keseluruhan. Dengan demikian, akan tampak seperti dua ruangan yang berbeda. Lihat contohnya pada foto dibawah ini.


10 Tips Menata Ruang Makan Sekaligus Ruang Keluarga

Info Menarik Lainnya : 10 Cara Menata Meja Makan di Hari Raya (Rapi & Elegan)

3. Gunakanlah Furniture dengan Warna Berbeda

Sudah menjadi ketentuan khusus untuk rumah minimalis, untuk meminimalisir penggunaan tembok sebagai pemisah. Oleh sebab itu, sebaiknya untuk menggunakan furniture sebagai pemisah ruang makan sekaligus ruang keluarga. Furniture yang digunakan harus memiliki desain yang menunjang dengan konsep ruangan minimalis. Lihat contohnya pada foto dibawah ini.


10 Tips Menata Ruang Makan Sekaligus Ruang Keluarga


4. Pisahkan Ruangan dengan Meja Bar Mini

Ada kalanya dalam sebuah rumah, penggunaan meja bar akan membuat ruangan menjadi lebih nyaman. Pasalnya, rumah menyerupai restoran, yang menyediakan berbagai menu minuman dan makanan. Oleh sebab itu, meletakannya sebagai pemisah antara ruang makan dan ruang keluarga merupakan hal yang tepat. 

Lihat ilustrasinya pada foto dibawah ini.


10 Tips Menata Ruang Makan Sekaligus Ruang Keluarga

Info Menarik Lainnya : 5 Desain Dapur dan Ruang Makan Mungil (Unik plus Menarik)

5. Gunakanlah Tirai Rotan


10 Tips Menata Ruang Makan Sekaligus Ruang Keluarga

Penggunaan rotan sebagai tirai banyak digunakan pada rumah minimalis dengan konsep minimalis modern. Oleh sebab itu, sebaiknya untuk menggunakan tirai rotan tersebut sebagai pemisah ruangan. Disamping tidak terlalu memakan tempat, tirai tersebut akan memisahkan dan jadi pembeda kedua ruangan tersebut.

6. Gunakanlah Partisi Unik


10 Tips Menata Ruang Makan Sekaligus Ruang Keluarga

Tips selanjutnya untuk menata ruang makan sekaligus ruang keluarga, yaitu dengan menggunakan partisi yang unik. Partisi tidak hanya berfungsi tempat menyimpan beberapa peralatan, namun bentuknya yang unik dapat dijadikan pembatas ruangan yang menarik. Khususnya untuk membatasi ruangan makan dan ruangan keluarga.

Info Menarik Lainnya : 5 Desain Ruang Keluarga Menyatu Dengan Ruang Makan, Lihat Yuk!

7. Gunakanlah Tanaman Hias


10 Tips Menata Ruang Makan Sekaligus Ruang Keluarg

Penggunaan tanaman hias dalam ruangan, bisa berfungsi untuk membatasi ruang makan dan ruang keluarga. Alternatif ini bisa dipilih bagi mereka yang ingin menghadirkan konsep alam dalam ruangan. Dengan demikian, menggunakan pembatas ruangan tidak hanya harus menggunakan furniture saja, tetapi tanaman hias pun bisa dipilih agar ruangan menjadi lebih segar.

8. Letakkan Televisi di Depan Meja Makan


10 Tips Menata Ruang Makan Sekaligus Ruang Kelua


Cara menata ruang makan yang juga berfungsi sebagai ruang keluarga, yaitu dengan cara meletakan televisi di dekat meja makan. Sehingga suasana makan bersama keluarga pun akan lebih menyenangkan karena bisa menyantap makanan bersama sambil menonton acara TV kesayangan keluarga. Ide ini bisa digunakan untuk ruangan makan yang menyatu dengan ruang keluarga.

9. Gunakanlah Kap Lampu yang Menarik


10 Tips Menata Ruang Makan Sekaligus Ruang Keluarga

Membatasi ruangan dengan kap lampu yang menarik, akan menghasilkan cahaya yang juga menarik. Dengan demikian, lampu tersebut bisa berfungsi sebagai pembatas ruangan. Khususnya pada ruangan keluarga dan juga ruangan makan. Oleh sebab itu, penggunaan kap lampu ini bisa dijadikan alternatif pilihan.

Info Menarik Lainnya : Cara Membuat Kabinet Dapur Sendiri (Dari Bahan Triplek/Kayu)

10. Gunakanlah Kaca sebagai Pembatas


10 Tips Menata Ruang Makan Sekaligus Ruang Keluarga

Keberadaan kaca dalam ruangan minimalis akan membuat ruangan menjadi lebih luas. Oleh sebab itu, ide pintar untuk membatasi ruangan makan dengan ruang keluarga yaitu dengan membatasinya dengan kaca besar. 

Disamping sebagai pembatas, kaca tersebut bisa berfungsi untuk mempercantik ruangan. Gunakanlah kaca lebar seluas ruangan tersebut. Hanya saja tentu diperlukan melakukan pemesanan terlebih dahulu.

Memiliki rumah minimalis, diperlukan banyak ide cerdas untuk membuat ruangan menjadi lebih nyaman, namun bisa mengefisiensi penggunaan ruangan tersebut. Sebagai contoh membuat ruangan menjadi lebih efisien dengan menata ruang makan sekaligus ruang keluarga agar lebih nyaman.

Semoga info ini dapat bermanfaat untuk Anda semuanya.

Post a Comment for "10 Tips Menata Ruang Makan Sekaligus Ruang Keluarga "