Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML Atas

Cara COD di Tokopedia, Mudah & Gak Pake Ribet

 

Cara COD di Tokopedia, Mudah & Gak Pake Ribet

Cara COD di Tokopedia - Salah satu proses yang harus diselesaikan ketika berbelanja secara daring adalah memilih metode pembayaran. Biasanya marketplace seperti Tokopedia akan memberikan pilihan pembayaran. Yang terkini, pembayaran bisa dilakukan saat barang diterima atau COD.

Nah, kira-kira bagaimana cara COD di Tokopedia? 

Bagi pembeli yang merasa repot melakukan pembayaran baik via atm atau lewat toko, maka alternatif lain adalah lewat COD. Metode pembayaran ini merupakan metode baru yang diterapkan pada marketplace. Hampir semua pasar online, menggunakan COD sebagai metode pembayaran tak terkecuali dengan Tokopedia.

Lalu, apa itu COD dan bagaimana pembeli dan penjual bisa mengaktifkan metode COD di Tokopedia?

Apa Itu COD? 

Sebelum lebih jauh membahas cara COD di Tokopedia, pembeli harus memahami terlebih dahulu apa itu COD. Belakangan ini, Tokopedia menambah satu lagi metode pembayaran, yang disebut Cash on Delivery. Ini adalah sebuah metode pembayaran dimana pembeli dan penjual akan melaksanakan transaksi ketika barang atau pesanan datang.

Terkadang, COD dilakukan antara pembeli dengan kurir yang terpilih. Umumnya transaksi pada COD dilakukan dengan membayar sejumlah uang tunai kepada penjual atau kurir. Meskipun demikian tidak menutup kemungkinan adanya metode lain sesuai kesepakatan.

Di Tokopedia, metode pembayaran COD disebut juga dengan bayar di tempat. Melalui metode pembayaran ini, baik pembeli dan penjual bisa sama-sama memperoleh keuntungan. Bisa dikatakan bahwa dengan COD, pembeli dapat merasakan pengalaman belanja online yang nyaman, aman, dan mudah.

Kelebihan COD

Dibandingkan dengan metode pembayaran lain, COD atau bayar di tempat memang terdengar lebih mudah untuk dilakukan. Selain menguntungkan bagi pihak pembeli, metode ini juga memiliki keuntungan di mata penjual atau seller.

1. Bagi Penjual

Pemberlakukan metode bayar di tempat atau COD di Tokopedia memberikan angin segar pada penjual yang menawarkan produknya di salah satu marketplace terbesar tersebut. Adanya metode ini memberikan berbagai keuntungan bagi penjual.

Salah satu keuntungan yang bisa dinikmati penjual dari adanya COD adalah citra toko yang akan semakin positif. Ketika menggunakan COD, produk bisa dipastikan akan sampai ke tangan pembeli, sehingga bisa menciptakan kesan yang baik. Tidak hanya itu, produk yang sampai ke tangan pembeli pun terjamin kualitasnya.

Keuntungan lain yang bisa diterima oleh penjual dengan adanya metode bayar di tempat yakni jangkauan pembeli akan semakin luas. Tidak semua konsumen menyukai pembayaran non-tunai atau memiliki atm, sehingga dengan adanya COD, penjual bisa menjangkau konsumen tersebut.

Melalui metode pembayaran di tempat, transaksi juga jadi semakin aman. Hal ini dikarenakan barang yang diantar telah dilindungi asuransi, sehingga penjual tidak perlu khawatir produk hilang atau rusak. Selain itu, pembayaran baru bisa dilakukan setelah produk sampai ke tangan pembeli tanpa komplain.

2. Bagi Pembeli

Penjual bukan satu-satunya pihak yang diuntungkan dengan adanya COD. Pembeli pun juga merasakan keuntungan berkat hadirnya metode pembayaran ini. Salah satu keuntungan yang dinikmati oleh pembeli adalah produk terjamin sampai ke tangan pembeli.

Hal ini dikarenakan, proses transaksi baru akan terjadi saat produk sampai, jadi peluang terjadinya penipuan sangat kecil. Selain itu, dengan adanya COD pembeli juga dapat langsung memeriksa kondisi produk yang dibelinya.

Apabila ada yang tidak sesuai, pembeli bisa langsung mengajukan komplain kepada penjual atau bahkan membatalkan transaksi. Melalui metode pembayaran ini, pembeli juga bisa memastikan kredibilitas toko.

Info Menarik Lainnya : Keuntungan Menjadi Mitra Tokopedia; Bisa Buka Warung Bareng

Cara Mengaktifkan Metode COD Bagi Penjual 

Metode pembayaran di tempat tidak berlaku secara umum untuk semua toko dan produk. Hanya produk  tertentu dengan tanda bayar di tempatlah yang bisa menyediakan fitur ini. Untuk mengaktifkan fitur ini, yang perlu dilakukan penjual yakni:

  • Masuk ke halaman Seller Center Tokopedia
  • Pilih menu "Pengaturan Toko"
  • Cari dan pilih menu layanan, lalu cari pilihan bayar di tempat.
  • Centang pada bagian "Saya setuju SnK", lalu klik aktifkan layanan. 

Disamping mengaktifkan fitur bayar di tempat, penjual juga harus mengaktifkan kurir SiCepat terlebih dahulu. Hal ini dikarenakan metode bayar di tempat hanya bisa dilakukan melalui kurir SiCepat. Berikut langkah-langkah pengaktifan pengiriman dengan SiCepat.

  • Pilih menu "Pengaturan Toko" saat masuk ke halaman Seller Center Tokopedia.
  • Klik menu pengiriman, lalu cari kurir SiCepat.
  • Klik kurir SiCepat untuk mengaktifkan pengiriman dengan kurir ini. 

Setelah kurir SiCepat dan fitur COD diaktifkan, produk yang dijual akan memiliki tanda "Bayar di Tempat". Jadi, pelanggan yang ingin membayar dengan metode COD bisa memilih produk tersebut.

Info Menarik Lainnya : Promo Tokopedia Pengguna Baru, Belanja Asik dan Menyenangkan

Cara COD di Tokopedia

Ketika memilih metode pembayaran COD di Tokopedia, pembeli perlu memperhatikan bahwa metode ini hanya bisa digunakan bagi pembeli sebanyak enam kali dengan nilai transaksi maksimum sebesar Rp2,5 juta. 

Cara COD di Tokopedia sendiri yakni:

1. Mencari Produk

Langkah pertama untuk melakukan transaksi dengan metode bayar di tempat adalah mencari produk yang dibeli terlebih dahulu. Tidak semua penjual di Tokopedia mengaktifkan fitur bayar di tempat, sehingga untuk bisa bertransaksi secara COD, produk harus memiliki metode pembayaran ini.

Namun, pencarian produk satu persatu akan memakan waktu, karena itu agar lebih cepat, pembeli bisa menggunakan fitur search. Melalui fitur ini, pembeli bisa menyaring bagaimana produk yang diinginkan. Jika pembeli ingin mencari produk yang melayani COD, pilih bayar di tempat di menu penawaran.

2. Beli Produk Yang Dipilih

Setelah menemukan produk yang dipilih, pembeli bisa melanjutkan proses pembelian. Klik menu beli sekarang. Nantinya pembeli akan dihadapkan pada halaman check out. Pada bagian metode pengiriman akan terlihat pilihan untuk mengubah durasi.

Ubah durasi pengiriman dan kemudian pilih kurir yang akan mengantarkan produk ke tangan pembeli.

Info Menarik Lainnya : Cara Mencicil Barang di Tokopedia Tanpa Kartu Kredit

3. Lakukan Konfirmasi untuk Metode Bayar di Tempat

Proses pembelian produk melalui metode bayar di tempat selesai saat pembeli melakukan konfirmasi pemesanan. Cara melakukan konfirmasi pun sangat mudah, pembeli hanya cukup menekan atau klik pilihan bayar di tempat.

4. Tunggu Produk Tiba

Jika pembeli telah melakukan konfirmasi, maka penjual akan segera mengemas barang. Selanjutnya, kurir akan datang dan menjemput produk yang akan dikirim kepada pembeli. Pada tahap ini, pembeli hanya perlu menunggu produk tiba di tangan.

Ketika kurir tiba di alamat tujuan, barulah transaksi dilakukan. Pembeli akan memberikan sejumlah uang sesuai dengan yang tertera saat melakukan pembelian. Kemudian, kurir akan memberikan produk yang dibeli.

Jika tidak ada komplain, maka dapat dikatakan bahwa transaksi sukses. Namun, jika pembeli merasa tidak puas, produk bisa dikembalikan kepada penjual.

Seiring berkembangnya zaman dan teknologi, metode pembayaran dalam belanja online pun berubah ke arah yang lebih baik. Kemunculan metode COD atau bayar di tempat adalah salah satu buktinya.

Kini, hampir semua marketplace menyediakan metode pembayaran ini, termasuk Tokopedia. Pembeli tentunya wajib mengetahui cara COD di Tokopedia agar bisa merasakan pengalaman berbelanja dengan aman, nyaman dan juga mudah. 

Info Menarik Lainnya : Belanja Hemat Pakai Kode Promo Tokopedia, Simak Caranya Yuk!

Demikianlah info singkat tentang cara COD di Tokopedia. Semoga dapat bermanfaat.

Penulis by : Bang izal.

Post a Comment for "Cara COD di Tokopedia, Mudah & Gak Pake Ribet"