Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML Atas

Ingin Tahu Cara Memasang Lampu LED PL? Kita Ulas Yuk!

Cara memasang lampu LED PL - Apa itu Lampu LED PL? Istilah lampu LED PL ini berasal dari 2 singkatan, yakni "LED" dan "PL". Namun ada sebagian orang yang tidak tahu apa kepanjangan dari singkatan tersebut. 

Jadi "LED" merupakan singkatan dari "Light Emitting Diode". Ini adalah semacam rangkaian elektronik yang berisi komponen-komponen semi konduktor jenis Dioda. Rangkaian elektronik ini mampu mengeluarkan cahaya yang terang. Jenis lampu LED ini punya kelebihan utama; yaitu usia pemakaianya lebih tahan lama, dan sangat hemat daya listrik (daripada lampu pijar).

Lalu apa kepanjangan dari "PL"?

Kepanjangan dari "PL" adalah "Philips Light". Jadi rangkaian kata atau istilah "Lampu LED PL" diatas memiliki makna segala lampu berjenis Light Emitting Diode buatan brand Phillips. Dan memang jenis lampu LED yang terkenal paling bagus kualitasnya adalah dari buatan Phillips. Semua masyarakat Indonesia sudah tahu akan hal ini.

Oleh karena itulah, saat ini banyak masyarakat Indonesia yang menggunakan lampu LED PL dirumahnya.

Apa sebab?

Seperti yang telah sempat saya singgung diatas, karena cahaya lampu ini jauh lebih terang dibandingkan dengan jenis lampu biasa (pijar). Dan alasan yang paling utama bikin orang memilih jenis lampu LED PL ini, yakni karena sangat hemat listrik. Dengan memakai jenis lampu ini, maka akan bisa membantu meringankan beban masyarakat dalam membayar iuran listrik. Jadi kalau memakai lampu LED PL ini Anda akan mendapatkan 2 keuntungan; ruangan terang tapi daya listriknya tidak boros.

Cara Memasang Lampu LED PL ini Ada Tekniknya Tersendiri Lho!

Banyak orang yang berasumsi cara pemasangan lampu LED PL sama dengan cara pemasangan lampu pada umumnya. Dengan keunggulan yang dimilikinya, maka cara memasang lampu LED PL ini teknik pemasangannya sedikit berbeda dengan lampu biasa. 

Cahaya yang dihasilkan pada lampu LED PL bisa diatur agar pencahayaan lebih menyebar dan membuat ruangan menjadi lebih lapang. Salah satunya adalah membuat skema downlight pada plafon sehingga cahaya pun lebih menyebar pada seluruh ruangan. Sehingga tidak ada area gelap pada ruangan, karena cahayanya sudah merata. Lihat ilustrasinya pada foto dibawah ini.


Ingin Tahu Cara Memasang Lampu LED PL Kita Ulas Yuk!


Karena lampu LED PL ini sangat hemat listrik, maka bila Anda ingin mengkombinasikan lampu ini menjadi berbagai variasi dan gaya (untuk mempercantik ruangan), relatif tidak akan boros listrik. Maka dari itu, jika Anda ingin membuat hunian yang nyaman di malam hari dengan cahaya yang menarik, maka sebaiknya gunakanlah lampu LED PL ini.

Cara Memasang LED PL dengan Variasi Terbaik

Jika Anda sudah paham tekniknya, maka sebenarnya lampu LED PL ini cukup mudah dipasang. Terlebih saat ini banyak peralatan listrik yang mendukung.

Berikut ini ada beberapa teknik dan cara memasang lampu LED PL ini.

Anda bebas memilih teknik mana saja yang paling Anda sukai.

Simak yuk!

1. Menggunakan Teknik Wall Washing 

Teknik wall washing adalah teknik yang dibentuk dengan cara pencahayaan hanya difokuskan pada satu fitur ruangan. Apabila ingin menggunakan teknik ini, pastikan satu lampu hanya menyoroti pada fitur tembok khusus. Lihat contohnya dibawah ini.


Ingin Tahu Cara Memasang Lampu LED PL Kita Ulas Yuk!


Info Menarik Lainnya : 9 Lampu Teras Unik ini Memperindah Tampilan Luar Rumah

2. Gunakanlah Trim yang Sesuai 

Ada banyak macam trim yang bisa dipilih untuk memasang lampu LED PL ini. Trim memiliki peranan yang besar untuk membuat pencahayaan yang sesuai dengan variasi yang diinginkan. Misalnya, untuk trim wall washing bisa menggunakan wall washed trim. Ada juga trim dengan model eyeball yang bisa digunakan pada plafon yang miring. 

Lihat beberapa contoh variasi trim wall washer pada foto dibawah ini.


Ingin Tahu Cara Memasang Lampu LED PL Kita Ulas Yuk!



Ingin Tahu Cara Memasang Lampu LED PL Kita Ulas Yuk!


Info Menarik Lainnya : Cara Memasang Lampu Tumblr Agar Kamar Tampak Unik

3. Memasang Lampu LED PL di Sudut Ruangan 

Tips selanjutnya untuk memasang lampu LED PL dengan variasi yang tepat adalah dengan cara memasang Lampu LED PL di sudut ruangan. Metode pemasangan ini bisa membuat ruangan menjadi lebih lapang. Pasalnya, jika memasang lampu pada tengah ruangan akan terkesan membuat ruangan menjadi lebih sempit. 

Lihat contoh ilustrasi penempatannya dibawah ini.


Ingin Tahu Cara Memasang Lampu LED PL Kita Ulas Yuk!


4. Menggunakan Teknik Grazing 

Teknik grazing adalah teknik yang digunakan untuk menonjolkan tekstur dinding. Penggunaan teknik ini bisa digunakan untuk membuat pencahayaan pada ruangan dengan material kayu, marmer, batu alam. Sehingga dinding ruangan lebih terlihat menonjol dan nampak bertekstur. 

Lihat contohnya dibawah ini.


Ingin Tahu Cara Memasang Lampu LED PL Kita Ulas Yuk!
Pinterest.com


5. Mengetahui Kebutuhan Cahaya pada Ruangan 

Tips selanjutnya untuk memasang lampu jenis ini adalah dengan mengetahui terlebih dahulu jumlah cahaya yang dibutuhkan untuk ruangan. Dengan demikian, ruangan tidak terlalu terang dan juga tidak terlalu suram. Pastinya, dengan mengetahui kebutuhan cahaya pada ruangan membuat penggunaan lampu lebih efisien. 

Info Menarik Lainnya : 6 Desain Kamar Tumblr Simple (Ini Gaya Favorit Anak Muda)

Cara memasang lampu LED PL yang tepat dengan berbagai variasi kini lebih mudah dilakukan. Penggunaan lampu ini tidak hanya berfungsi sebagai pencahayaan tetapi juga dapat memperindah ruangan di malam hari. Dengan demikian ruangan pun menjadi lebih dramatis dan menarik. Pasalnya, jenis lampu yang satu ini sangat cocok apabila dipasang dengan cara divariasikan. 

Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk Anda semuanya.

Post a Comment for "Ingin Tahu Cara Memasang Lampu LED PL? Kita Ulas Yuk!"