Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML Atas

5 Cara Membuat Pewangi Ruangan, Coba Bikin Sendiri Yuk!

Cara membuat pewangi ruangan - Ruangan yang harum dan segar tentu menjadi idaman setiap pemilik rumah. Karena aroma wangi yang ada di suatu ruangan dapat membuat penghuninya menjadi betah. Aroma tertentu juga di yakini dapat meningkatkan mood, atau menimbulkan sensasi relaks bagi orang yang menciumnya.

Oleh karena itu, disarankan agar Anda memberi pewangi ruangan yang beraroma lembut di rumah Anda. Pengharum ruangan yang bagus dapat Anda beli di toko-toko offline maupun online. Umumnya, pewangi ruangan yang beredar di pasaran dikemas dalam bentuk spray dan lilin aroma terapi.

Namun sudah tahukah Anda? Bahwa sebenarnya pewangi ruangan ini bisa dibikin sendiri lho! Dengan membuatnya sendiri, maka tentu akan menghemat pengeluaran Anda. Selain itu, ada semacam kepuasan tersendiri ketika Anda berhasil membuat pengharum ruangan tersebut. 

Nah, apakah Anda ingin tahu cara membuat pewangi ruangan tersebut? 

Dalam artikel ini akan membahas beberapa cara membuat pewangi ruangan. Bahan bakunya mudah ditemukan di rumah atau sekitar lingkungan Anda. Cara membuatnya juga cukup mudah dan tidak memerlukan banyak biaya.

Yuk mari langsung saja di simak cara membuat pewangi ruangan tersebut di bawah ini.

Cekidot!

1. Membuat Pewangi Alami ala Potpourri

Cara pertama menggunakan cara membuat pewangi ruangan yang unik bernama Potpourri. Potpourri adalah cara yang digunakan oleh warga Perancis di awal abad ke-17 dengan mengumpulkan bunga dan rempah untuk dikeringkan. Setelah itu bunga dan rempah seperti melati, mawar, chamomile, lavender, kayu manis, dan peppermint yang telah dikeringkan dimasukkan ke dalam wadah tertutup.

Di dalam wadah tersebut berikan beberapa tetes minyak esensial seperti minyak sandalwood, minyak zaitun, minyak lavender, dan masih banyak lagi. Hal tersebut dilakukan agar wangi bunga dan rempah kering tersebut dapat keluar dan menyatu dengan wangi minyak esensial yang telah diteteskan. Jangan lupa, bukalah wadah tertutup tersebut setelah 2 minggu bahkan 1 bulan agar wanginya pekat.

Lihat contoh ilustrasinya dibawah ini.


5 Cara Membuat Pewangi Ruangan, Coba Bikin Sendiri Yuk!
Foto by : Parenting.dream.co.id


2. Kantong Wangi 

Cara kedua dengan menggunakan metode kantong wangi. Metode ini dibuat berdasarkan pengalaman banyak orang menggunakan bahan-bahan dengan wangi alami menyegarkan seperti kopi, pandan, melati, dan lavender yang dimasukkan ke dalam kantong. Jenis kantongnya pun juga beragam sesuai dengan keinginan. 

Untuk aroma kopi bisa menggunakan biji kopi dengan kantong dari bahan goni. Sedangkan untuk aroma lavender dan melati bisa menggunakan kain kasa atau kain dengan pori-pori yang cukup terbuka agar warna bunga dapat terlihat. Hal yang sama pun juga berlaku untuk kantong wangi beraroma pandan. Lihat contohnya pada foto ilustrasi dibawah ini.


5 Cara Membuat Pewangi Ruangan, Coba Bikin Sendiri Yuk!
Foto by : Pinterest.com

Isi dari kantong ini dapat diganti setiap 2 hingga 3 hari sekali sampai mengering. Atau bisa diganti pada saat aromanya tidak keluar.  

Info Menarik Lainnya : 5 Tanaman Indoor Penghasil Oksigen, Rumah Jadi Segar & Sehat

3. Buat Ramuan Wangi Dari Bahan Lemon atau Jeruk Nipis

Berikutnya membuat ramuan alami dari bahan lemon dan daun kemangi. Bila tidak memiliki lemon, jeruk nipis pun bisa menjadi penggantinya. Pewangi jenis ini mudah untuk buat, bahan utamanya adalah lemon atau jeruk nipis dan daun kemangi.

Panaskan air sebanyak setengah cangkir dan masukkan kemangi sebanyak 10 hingga 20 helai dan perasan lemon atau jeruk nipis ke dalam panci. Kemudian matikan kompor setelah ramuan mendidih.


5 Cara Membuat Pewangi Ruangan, Coba Bikin Sendiri Yuk!
Ilustrasi. Foto by : Bangka.tribunnews.com

Setelah itu, tambahkan alkohol 70% sebanyak 1 sendok makan. Lalu, tuang ke dalam botol dan semprotkan. Untuk hasil yang lebih maksimal bisa menambahkan minyak esensial.

Info Menarik Lainnya : Cara Menghilangkan Bau Kamar Mandi Yang Paling Ampuh

4. Gunakan Mangkuk Berpasir

Cara ini terbilang mudah karena cukup menggunakan pasir dengan butiran yang sedikit kasar. Masukkan pasir ini ke dalam mangkok. Kemudian, masukkan bunga-bunga seperti mawar, melati, dan lavender ke dalam mangkuk ini. Berikut foto ilustrasinya.


5 Cara Membuat Pewangi Ruangan, Coba Bikin Sendiri Yuk!
Foto by : Soco.id


5. Lilin Aromaterapi Homemade

Terakhir dengan membuat lilin aroma terapi sendiri. Lilin aromaterapi ini sering digunakan pada tempat spa. Ukurannya pun tersedia mulai dari bentuk lilin kecil hingga toples kaca besar. Untuk harganya pun beragam, mulai dari puluhan ribu bahkan ratusan ribu rupiah tergantung pada ukuran dan jenis aromanya.


5 Cara Membuat Pewangi Ruangan, Coba Bikin Sendiri Yuk!
Ilustrasi. Foto by : Scentualmoods.com

Namun tak perlu khawatir, membuat lilin aroma terapi sendiri cukup mudah. Siapkan lilin, sumbu, dan bahan untuk aroma yang dikehendaki. Khusus untuk bahan aroma sendiri dapat dipilih sesuai selera bisa buah-buahan, bunga-bunga, dan rempah-rempah. 

Info Menarik Lainnya : 5 Tanaman Indoor Pembersih Udara untuk Rumah Minimalis

Pastikan untuk bahan aroma dalam keadaan kering dan dapat dihancurkan. Hal ini dikarenakan bahan tersebut akan dihancurkan untuk dicampur ke dalam lelehan lilin agar dapat dicetak kembali menjadi lilin aroma terapi. Pada saat lilin telah meleleh dan tercampur dengan bahan tersebut pastikan bahwa sumbu sudah terpasang ya. Kemudian tunggu beberapa jam hingga lilin tersebut padat.

Nah, cara membuat pewangi ruangan di atas cukup mudah untuk dipraktekkan ya? Segera tentukan aroma favorit. Yuk coba buat pewangi ruangan sendiri di rumah. 😉

Post a Comment for "5 Cara Membuat Pewangi Ruangan, Coba Bikin Sendiri Yuk!"