Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML Atas

5 Cara Menata Ruang Tamu yang Memanjang agar Lebih Estetik

Cara menata ruang tamu yang memanjang - Salah satu bagian yang paling penting pada sebuah rumah adalah ruang tamu. Sebab, biasanya ruangan inilah yang pertama kali dimasuki oleh para tamu dan handai tolan. Selain itu, ruang tamu juga dapat menjadi gambaran atau representasi kepribadian sang tuan rumah.

Apa sebab?

Karena jika ruang tamunya tertata indah dan rapi, maka tentu para tamu akan merasa betah berkunjung. Selain itu, penataan yang apik tersebut akan menimbulkan kesan tersendiri di dalam hati sang tamu terhadap tuan rumah. Seorang tuan rumah yang baik pasti punya kepedulian yang tinggi terhadap kenyamanan tamunya. Apalagi agama juga mengajarkan agar seseorang selalu berusaha untuk memuliakan tamu.  

Nah, karena berbagai alasan diatas itulah, sehingga banyak orang yang berusaha untuk menata ruang tamunya. Mereka berlomba-lomba agar dapat mendesain ruang tamunya semaksimal mungkin. Dan tentu ini adalah sebuah tindakan yang baik sekali, patut untuk di apresiasi.

Namun, terkadang ada saja kendala yang dialami seseorang ketika akan mendesain ruang tamunya. Salah satunya adalah ketika menghadapi model ruang tamu yang bentuk ruangannya memanjang. Biasanya hal ini terjadi karena lahan tanahnya memiliki lebar yang kecil, tapi ukuran panjangnya justru besar. Lihat contoh ilustrasinya pada foto dibawah ini.


5 Cara Menata Ruang Tamu yang Memanjang agar Lebih Estetik
Ilustrasi. Foto by : Hipwee.com

Misal ukuran lebar tanah 4 meter dan panjangnya 20 meter, sedangkan bangunan rumah tersebut dibuat dengan model memajang ke belakang. Alhasil semua bagian ruangan rumah modelnya jadi ikut memanjang, termasuk ruang tamunya. 

Cara Menata Ruang Tamu yang Memanjang.

Nah, cukup banyak orang yang mengalami kebingungan ketika akan menata ruang tamu dengan kondisi ruangan memanjang seperti diatas. Kalau dibayangkan, sepertinya memang cukup sulit untuk menatanya, tapi bukan berarti tidak bisa lho. Jika kita berusaha, maka pasti akan ada solusinya.

Lalu bagaimana ya caranya?

Berikut ini akan di uraikan beberapa cara menata ruang tamu yang memanjang (direkomendasikan).

Cekidot!

1. Pilih dan Letakkan Sofa Panjang

Pemilihan sofa menjadi salah satu faktor penting dalam menata ruang tamu, karena jika salah pilih, maka ruang tamu akan tampak membosankan. Untuk ruang tamu dengan bentuk memanjang, sangat disarankan untuk memilih sofa panjang. Lihat ilustrasinya dibawah ini.


5 Cara Menata Ruang Tamu yang Memanjang agar Lebih Estetik
Ilustrasi. Foto by : Livien (Tokopedia).

Jika sudah menggunakan sofa panjang, jangan menambahkan kursi-kursi lainnya. Pasalnya, hal tersebut akan membuat ruang tamu terkesan penuh dan sumpek. Jadi, cukup dengan menempatkan sofa panjang saja dan tentunya harus nyaman.

2. Pilih TV Flat dan Rak Ramping

Karena bentuk ruangannya terkesan ramping, maka pilihan terbaik adalah meletakkan TV flat. Hal tersebut dapat membantu mengurangi penggunaan ruangan, sehingga bisa menampilkan ruangan yang agak luas. Lihat contohnya dibawah ini.

5 Cara Menata Ruang Tamu yang Memanjang agar Lebih Estetik
Ilustrasi. Foto by : Pinterest.com.

Nah, untuk meletakkan TV tersebut bisa memilih rak yang ramping, atau jika ukuran TV tidak terlalu besar, bisa ditempelkan di dinding saja. Dengan pemilihan TV dan rak yang tepat, tentu saja akan membuat ruang tamu memanjang menjadi lebih menarik.

Info Menarik Lainnya : 5 Pilihan Wallpaper untuk Ruang Tamu Sempit

3. Letakkan Meja Sudut dan Lampu Sudut

Apabila memiliki bentuk ruangan yang memanjang, jangan sekali-kali menggunakan meja tengah. Pasalnya, hal tersebut dapat memberikan kesan bahwa ruang tamu sangat sempit. Guna menyiasati hal tersebut, pilihlah meja sudut saja.


5 Cara Menata Ruang Tamu yang Memanjang agar Lebih Estetik
Ilustrasi meja sudut. Foto by : Parenting.dream.co.id


5 Cara Menata Ruang Tamu yang Memanjang agar Lebih Estetik
Ilustrasi lampu sudut. Foto by : Fabelio.com

Selain menambahkan meja sudut, lampu sudut bukanlah pilihan yang buruk untuk ruang tamu memanjang. Jadi dengan dua hal ini, ruang tamu akan tetap terisi, namun tidak menampilkan kesan penuh ataupun ramai.

Info Menarik Lainnya : Desain Partisi Ruang Tamu Minimalis (Simpel & Efektif)

4. Berikan Akses Jendela

Jika memungkinkan, berikan akses jendela pada ruang tamu memanjang. Hal ini bertujuan agar ruang tamu tidak kurang pencahayaan, karena jika gelap dan remang, ruang tamu akan tampak suram. Nah, dengan pencahayaan yang memadai, ruang tamu juga akan terlihat lebih luas dan tidak sesak, lho.

Lihat foto ilustrasinya dibawah ini.


5 Cara Menata Ruang Tamu yang Memanjang agar Lebih Estetik
Foto by :  Uprint.id

Tak hanya pencahayaan saja, dengan akses jendela sirkulasi udara tidak akan terhambat, sehingga ruang tamu menjadi ruangan yang nyaman. Dijamin, tamu yang datang ke rumah pasti akan sangat kerasan dan enggan pulang. Bukan hanya tamu saja, penghuni rumah dijamin juga akan sangat betah berada di ruang tamu.

5. Gunakan Pintu Geser

Hal terakhir yang bisa dilakukan untuk menata ruang tamu memanjang adalah menggunakan pintu geser. Pasalnya, jika menggunakan pintu buka pada umumnya akan cukup memakan ruang, sehingga ruang tamu akan tampak lebih sempit lagi.

Pintu geser bukan hanya memperkecil space yang dibutuhkan, tetapi juga dapat menampilkan kesan tidak biasa dan unik pada ruang tamu. Dengan pintu geser, membuka dan menutup pintu juga bisa lebih gampang, tinggal geser ke kanan atau ke kiri saja. Lihat contohnya dibawah ini.


5 Cara Menata Ruang Tamu yang Memanjang agar Lebih Estetik
Ilustrasi. Foto by : Rumah123.com

Info Menarik Lainnya : 5 Hiasan Rumah Pemanis Ruang Tamu, Intip Yuk!

Nah, itulah beberapa cara menata ruang tamu memanjang yang bisa dicoba di rumah. Jadi, setelah membaca informasi ini, pasti tidak lagi bingung dan benci dengan bentuk ruang tamu, kan? 

Nilai estetika ruangan tidak ditentukan dari bagaimana bentuk ruangan kok, tapi dari penataan ruangan yang pas. Semoga artikel singkat ini dapat bermanfaat untuk Anda semua.

Post a Comment for "5 Cara Menata Ruang Tamu yang Memanjang agar Lebih Estetik "