Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML Atas

5 Ide Desain Rumah Panggung Kayu Minimalis, Intip Yuk!

Rumah panggung kayu minimalis - Rumah panggung adalah salah satu jenis rumah tradisional yang populer di Indonesia. Banyak rumah adat di Indonesia yang modelnya berupa rumah panggung. Beberapa provinsi yang rumah adatnya bercirikan rumah panggung antara lain Kalimantan, Sumatera Barat, Jambi, Sumatera Selatan, dll.

Pada zaman dahulu rumah panggung ini berfungsi sebagai sarana berkumpul dan bermusyawarah diantara para tetua adat. Dirumah inilah segala permasalahan yang ada ditengah masyarakat kampung dicari jalan keluarnya.  

Ada satu hal yang cukup menarik.

Apa itu? 

Yup! Karena uniknya desain ala rumah panggung ini, sehingga diadopsi oleh beberapa rumah modern zaman sekarang. Bedanya, rumah panggung ini digunakan untuk kediaman pribadi dan keluarga (karena statusnya memang sebagai rumah pribadi. Jadi fungsinya bukan untuk sarana kumpul-kumpul tokoh masyarakat seperti rumah adat diatas. 

Nah bagaimana menurut Anda? Apakah Anda juga tertarik untuk membangun kediaman ala rumah panggung ini?

Kebetulan topik artikel ini akan mengulas ide desain rumah panggung kayu minimalis modern. Siapa tau Anda jadi tertarik dan ingin menirunya. Yuk mari langsung saja simak ulasan selengkapnya. 😉

Beberapa Kelebihan Rumah Panggung Kayu Minimalis

Selain desainnya yang menarik, rumah panggung juga punya kelebihan tersendiri. Kelebihan yang paling utama yakni rumah panggung ini relatif aman dari banjir. Disaat rumah tetangga Anda sudah terendam air setinggi 1 meter, maka rumah Anda masih aman-aman saja. Belum kemasukan air karena rumah panggung Anda tingginya mencapai 1,5 meter.

Lihat ilustrasinya dibawah ini.


5 Ide Desain Rumah Panggung Kayu Minimalis, Intip Yuk!


Gimana? Keren banget 'kan? Hhee 😁

Kelebihan lainnya dari rumah panggung yaitu mampu mengurangi efek getaran gempa. Letaknya yang tinggi dari tanah membuat efek getaran gempa tidak langsung mengenai bangunan rumah. Oleh karena itulah jarang rumah panggung yang rusak terkena gempa, terlebih lagi jika bangunannya terbuat dari kayu.

Kelebihan berikutnya adalah; rumah panggung hawanya cenderung lebih sejuk daripada rumah biasa. Rumah panggung dapat mengalirkan udara dari segala sisi rumah. Karena angin bisa masuk ke dalam rumah secara semilir lewat sela-sela bangunan kayu tersebut. Sehingga nuansa dirumah panggung ini sangat cocok untuk tempat bersantai dan melepas penat.

Inspirasi Desain Rumah Panggung Kayu

Setelah mengetahui keuntungan-keuntungan dari memiliki rumah bergaya panggung, bisa jadi banyak diantara Anda yang semakin tertarik untuk memiliki rumah model ini. Sebab rumah panggung yang terbuat dari kayu serta bergaya minimalis ini akan memberikan kesan natural. Selain itu, perpaduan antara bahan kayu dengan aspek modern, tentu dapat menimbulkan kesan kekinian.

Berikut ini ada beberapa ide desain rumah panggung kayu minimalis yang dapat Anda tiru.

Cekidot!

1. Rumah Panggung dengan Kayu Bekas


5 Ide Desain Rumah Panggung Kayu Minimalis, Intip Yuk!


Rumah ini dibangun dengan kumpulan kayu dan besi bekas yang dijadikan sebagai dinding. Motif-motif kayu yang sudah lapuk dan besi berkarat memberikan keunikan tersendiri pada rumah ini.

Meski desainnya sangat simple dan tanpa ornamen apa-apa, namun kesan mewah masih terpancar dari desainnya. Bagian bawah rumah ini juga terlihat nyaman untuk dijadikan sebagai beranda bersantai.

Info Menarik Lainnya : Profil Kayu Pegangan Tangga yang Kuat, Unik dan Menarik

2. Rumah Panggung Terbuka


5 Ide Desain Rumah Panggung Kayu Minimalis, Intip Yuk!


Rumah panggung ini menerapkan konsep hunian terbuka. Hunian seperti ini akan cocok sekali jika ditempatkan di alam atau tengah-tengah daerah terpencil.

Rumah panggung ini memiliki halaman beranda luas yang cocok untuk bersantai. Dinding rumahnya dipenuhi dengan jendela-jendela lebar yang memungkinkan udara dan angin sejuk masuk ke dalam rumah.

3. Rumah Panggung Kontemporer


5 Ide Desain Rumah Panggung Kayu Minimalis, Intip Yuk!


Walaupun tidak terlalu jauh terangkat dari tanah, namun rumah ini masih menerapkan beberapa elemen dari rumah panggung. Rumah panggung ini mengkombinasikan gaya minimalis dan tradisional yang agak bergaya Jepang.

Dengan melihatnya saja, mata sudah terasa sejuk. Tak terbayang jika benar-benar tinggal di dalamnya. Beberapa bagian rumah sengaja dibiarkan terekspos untuk memberikan kesan terbuka.

Info Menarik Lainnya : 5 Dekorasi Rumah Kayu Kampung ini Unik & Keren Abis

4. Rumah Panggung Kayu dengan Perpaduan Baja


5 Ide Desain Rumah Panggung Kayu Minimalis, Intip Yuk!


Rumah panggung bergaya industrial dan minimalis ini cocok untuk menjadi tempat melepas penat dan stres. Apalagi jika lokasi yang dipilih sebagai tempat membangun rumah memiliki pemandangan yang indah.

Di setiap sisi rumah ini ada balutan kaca transparan sehingga rumah terkesan sangat luas dan terbuka. Perpaduan antara baja hitam dan kayu gelap membuat kesan mewah dan eksklusif sangat terasa.

5. Rumah Panggung Tertutup


5 Ide Desain Rumah Panggung Kayu Minimalis, Intip Yuk!


Jika pada contoh-contoh sebelumnya kebanyakan rumah panggung dibuat terbuka dan ditempatkan di alam, maka kali ini berbeda. Rumah ini cocok untuk dibagun didaerah perkotaan karena tertutup.

Bagian bawah rumah dimodifikasi dengan baik menjadi garasi yang luas. Walaupun desainnya terkesan sangat polos dan simple, namun rumah panggung tersebut terlihat kokoh dan modern.

Info Menarik Lainnya : 5 Pilihan Warna Cat Rumah Kayu Kampung (Unik & Artistik)

Sekian pembahasan mengenai inspirasi desain rumah panggung kayu minimalis yang dapat ditiru. Semoga informasi dan inspirasi yang diberikan jelas dan bermanfaat bagi para pembaca.

Post a Comment for "5 Ide Desain Rumah Panggung Kayu Minimalis, Intip Yuk! "