Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML Atas

Cara Membersihkan Kaca yang Berkerak dengan Bahan Sederhana

Cara membersihkan kaca yang berkerak - Kaca yang berkerak disebabkan karena terpapar debu dalam jangka waktu yang lama. Kemudian kotoran itu terus menumpuk dan akhirnya mengeras, sehingga meninggalkan kesan seperti kerak dipermukaan kaca tersebut. Hal ini bisa terjadi pada semua kaca. Baik kaca rumah, kaca bangunan kantor, cermin, aquarium, maupun jenis kaca yang lainnya.

Oleh karena itu, disarankan agar selalu membersihkan kaca rumah Anda secara rutin setiap hari. Jika Anda sangat sibuk dan tidak ada waktu luang, maka setidaknya bersihkanlah kaca rumah tersebut tiap sekali seminggu.

Usahakan luangkan waktu di setiap akhir pekan untuk melihat kaca pintu dan jendela rumah Anda yang belum sempat dibersihkan. Jika kotorannya sudah mulai terlihat tebal, maka segera bersihkanlah. Dengan melakukan hal ini, maka kaca dirumah Anda pasti senantiasa bersih dan tidak pernah berkerak.

Nah, kalau Anda benar-benar sangat sibuk sekali, sehingga sama sekali tidak ada waktu luang untuk mengurus rumah, maka pekerjakanlah seorang asisten rumah tangga. Dengan demikian, Anda tetap bisa fokus dengan pekerjaan, sedangkan rumah Anda juga sudah ada orang yang mengurusnya.

Cara Membersihkan Kaca Yang Berkerak

Bagaimana jika kaca yang ada di rumah Anda sudah terlanjur berkerak? Tentu akan ada perasaan risih ketika menyadari kaca rumah Anda sudah mulai berkerak. Selain terlihat kotor dan merusak nilai estetika, kaca rumah yang berkerak juga akan membuat pandangan keluar menjadi buram.

Lalu bagaimana cara membersihkan kaca yang sudah berkerak tersebut?

Tidak perlu terlalu khawatir. Karena berikut dibawah ini ada beberapa bahan yang bisa dimanfaatkan untuk membersihkan noda kerak pada kaca.


Cara Membersihkan Kaca yang Berkerak dengan Bahan Sederhana
Ilustrasi. Foto by : Dede Jaelani (Youtube).

Yuk ikuti pembahasan selengkapnya berikut ini.

Cekidot!

1. Menggunakan Pasta Gigi

Cara membersihkan kaca yang berkerak pertama ialah dengan menggunakan pasta gigi. Pasta gigi mengandung zat yang dapat menghilangkan kotoran dan plak pada gigi, zat itulah yang dapat menghilangkan kerak pada kaca. Cara mengaplikasikannya juga sangat mudah, pertama bersihkan kaca dari debu yang menempel, kemudian oleskan pasta gigi pada bagian kaca yang berkerak.


Cara Membersihkan Kaca yang Berkerak dengan Bahan Sederhana
Ilustrasi. Foto by : Creativo Youtube.

Tunggu 15 hingga 20 menit, kemudian bilas dengan air yang bersih. Ulangi cara tersebut hingga kerak benar-benar hilang dari permukaan kaca. Sangat mudah bukan? Selain mudah, cara yang satu ini juga tidak akan merusak atau menimbulkan baret di permukaan kaca.

2. Menggunakan Cuka

Cara membersihkan kaca yang berkerak kedua ialah dengan menggunakan cuka. Kandungan asam yang tinggi pada cuka bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan kerak pada kaca. Cuka yang digunakan ialah cuka makan. Cara mengaplikasikannya sangatlah mudah, pertama bersihkan kaca dari debu yang menempel, kemudian tuangkan cuka ke kain lap dan usapkan ke bagian kaca yang berkerak.


Cara Membersihkan Kaca yang Berkerak dengan Bahan Sederhana
Ilustrasi.

Usapkan hingga kerak hilang, kemudian bersihkan sisa cuka pada kaca dan ulangi cara tersebut bila perlu. Cara yang satu ini memang dikenal cukup ampuh dan tidak akan merusak atau menimbulkan baret di permukaan kaca.

Info Menarik Lainnya : 5 Desain Kaca Hias Jendela Rumah Minimalis, Intip Yuk!

3. Menggunakan Pemutih Pakaian

Cara membersihkan kaca dari kerak yang ketiga ialah menggunakan pemutih pakaian. Pasti banyak yang sudah mengenal produk pemutih pakaian. Ada banyak merek pemutih pakaian yang bisa dipilih untuk membersihkan kerak pada kaca. Zat pada pemutih pakaian yang berfungsi untuk menghilangkan noda membandel di pakaian, dapat dimanfaatkan untuk membersihkan kerak pada kaca.

Cara mengaplikasikannya ialah dengan membersihkan terlebih dahulu kaca yang berkerak, kemudian tuangkan pemutih pakaian pada kain lap bekas dan usapkan ke bagian kaca yang berkerak. 


Cara Membersihkan Kaca yang Berkerak dengan Bahan Sederhana
Ilustrasi. Foto by : Bacaterus.com

Ulangi cara tersebut hingga kerak benar-benar hilang. Perlu diperhatikan bahwa cairan pemutih pakaian mengandung zat yang keras, jadi berhati-hatilah saat menggunakannya.

Info Menarik Lainnya : 5 Model Cermin Hias Ruang Tamu Minimalis

4. Menggunakan Lemon atau Jeruk Nipis

Cara membersihkan kaca dari kerak yang keempat ialah dengan menggunakan lemon atau jeruk nipis. Sama dengan cuka, lemon dan jeruk nipis juga memiliki kandungan asam tinggi yang dapat menghilangkan kerak pada kaca. 


Cara Membersihkan Kaca yang Berkerak dengan Bahan Sederhana
Ilustrasi. Foto by : Tantri Setyorini.

Untuk mengaplikasikannya cukup dengan membersihkan kaca terlebih dahulu, setelah itu usapkan cairan lemon atau jeruk nipis pada kerak dengan menggunakan kain lap.

Jika kerak sudah hilang, bersihkan sisa cairan lemon atau jeruk nipis pada kaca. Ulangi cara tersebut hingga kerak benar-benar hilang dari kaca.

Info Menarik Lainnya : 9 Rekomendasi Cermin Kamar Mandi Minimalis Terbaik

5. Menggunakan Produk Penghilang Kerak

Cara membersihkan kaca dari kerak yang terakhir ialah dengan menggunakan produk penghilang kerak. Saat ini sudah banyak produk penghilang kerak yang beredar luas di pasaran. Selain mudah didapatkan, harga dari produk penghilang kerak juga cukup terjangkau. 

Dengan kandungan yang telah diformulasikan khusus, maka dijamin kerak membandel pada kaca dapat hilang seketika.


Cara Membersihkan Kaca yang Berkerak dengan Bahan Sederhana
Ilustrasi. Foto by : Idea.grid.id

Cara mengaplikasikannya biasanya tertera pada kemasan produk tersebut. Jadi cara penggunaannya tentu berbeda-beda tergantung dari merek masing-masing.

Itulah tadi cara membersihkan kaca yang berkerak dengan menggunakan bahan-bahan sederhana. Cobalah salah satu cara diatas untuk menghilangkan kerak yang menempel di kaca rumah. Kaca rumah yang bersih dapat membuat rumah terlihat lebih menarik dan nyaman.

Semoga informasi diatas dapat bermanfaat untuk Anda semua.

Post a Comment for "Cara Membersihkan Kaca yang Berkerak dengan Bahan Sederhana "