Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML Atas

5 Cara Membersihkan Kaca yg Buram Agar Kembali Kinclong

Cara membersihkan kaca yg buram - Semua orang pasti memiliki barang yang terbuat dari bahan kaca. Mulai dari perabotan rumah tangga seperti cermin, kaca nako, kaca pintu dan jendela. 

Ada juga barang dari kaca yang berfungsi sebagai aksesories untuk mempercantik rumah. Contohnya seperti aquaruim, lampu hias, rak/etalase kaca, dll. Hingga barang yang berfungsi untuk berkendara sekaligus sebagai prestise (gengsi). Barang ini ada bagiannya yang terbuat dari kaca. Tahukah Anda barang apakah itu? Yup! Anda benar! Jawabannya yaitu mobil pribadi.

Pada saat semua barang diatas masih dalam kondisi baru, kacanya pasti masih terlihat 'cling' (bening). Namun kondisi kacanya akan berangsur berubah setelah sekian lama kaca tersebut digunakan. Biasanya permukaan kaca yang bening itu perlahan akan berubah menjadi kusam dan buram.

Hal diatas tentu saja akan mengurangi keindahan barang yang terbuat dari kaca tersebut. Selain menggangu nilai estetika, fungsinya juga dapat terganggu akibat kaca yang buram itu. Contohnya jika hal ini terjadi pada cermin. Kalau permukaan cerminnya buram dan kusam, tentu bayangannya jadi terlihat kurang jelas.

Lalu, apa sih sebenarnya penyebab permukaan sebuah kaca lama kelamaan jadi buram? Dan bagaimana cara membersihkan kaca yg buram itu?


5 Cara Membersihkan Kaca yg Buram Agar Kembali Kinclong
Ilustrasi Kaca yang Buram.
 

Salah satu penyebabnya adalah karena kaca itu jarang dibersihkan. Kalaupun dibersihkan, tapi membersihkannya kurang maksimal dan tidak merata. Akibatnya masih ada sisa-sisa debu yang masih melekat dipermukaan kaca tersebut. Nah hal itulah yang menyebabkan permukaan kacanya masih terlihat buram dan kusam (padahal sudah dibersihkan).   

Oh iya, bisa juga penyebab kaca jadi terlihat buram karena teknik mengelapnya tidak tepat. Hal ini biasanya terjadi jika Anda mengelap kaca menggunakan kain dari bahan nylon. Jenis kain ini memang kurang mampu menyerap air dengan baik.

Mungkin ada diantara Anda yang bertanya: "Kok bisa begitu?"

Jadi pada saat Anda mengelap kaca tersebut, justru air yang digunakan untuk membersihkan noda kotoran tidak 'terangkat' dengan tuntas. Sehingga akibatnya malah membuat kaca tersebut jadi terlihat buram. Penyebabnya karena masih ada partikel-partikel kotoran yang menempel pada sisa air di permukaan kaca tersebut.

Jadi sebaiknya menggunakan jenis kain apa?

Jawabannya; Gunakanlah kain lap yang bahannya 100% terbuat dari katun. Bahan katun memang terkenal memiliki daya serap yang baik. Hal ini disebabkan karena bahan utama kain katun adalah kapas (kapuk). Seperti kita ketahui bahwa kapuk memang punya karakteristik menyerap sangat baik.

Mungkin ada lagi diantara Anda yang bertanya: "Kalau tidak ada kain dari bahan katun, adakah alternatif cara lain untuk membersihkan kaca yang buram itu?" 

Tenang saja,,,,,,

Berikut ini ada beberapa cara lain untuk membersihkan kaca yg buram tersebut (agar kinclong kembali):

Yuk terus di simak pembahasan selanjutnya.

Cekidot!

1. Memanfaatkan Kertas

 

5 Cara Membersihkan Kaca yg Buram Agar Kembali Kinclong
Ilustrasi. Foto by : Gaet.co.id
 

Salah satu cara membersihkan kaca yg buram adalah mengganti kain lap dengan kertas. Penggunaan kertas seperti kertas tulis, tisu, atau koran bisa menyerap noda pada kaca. Hasilnya, kaca akan tampak bersih dan kinclong.

Penggunaannya pun sangat mudah. Cukup semprotkan air pada kaca, seperti jendela atau cermin, kemudian lap menggunakan selembar koran yang telah diremas sebelumnya. Berikan sedikit tekanan saat menggosokkan koran pada permukaan kaca, agar debu bisa ikut terangkat.

2. Menggunakan Alkohol

Sejak mewabahnya COVID-19, alkohol mulai dikenal oleh masyarakat luas sebagai bahan baku hand sanitizer. Fungsinya adalah untuk membunuh kuman dan virus. Maka tidak mengherankan jika alkohol dianggap ampuh membersihkan benda lain, seperti kaca, dari kotoran dan kuman yang menjadi penyebab buram.

Cara membersihkan kaca yg buram menggunakan alkohol sangatlah sederhana. Tuangkan alkohol pada kain atau kapas, kemudian segera gosokkan pada permukaan kaca yang buram. 

 

5 Cara Membersihkan Kaca yg Buram Agar Kembali Kinclong
Ilustrasi. Foto by : Informa.co.id

 

Cara lainnya adalah dengan menyimpan alkohol di dalam botol semprotan. Dengan begitu alkohol tinggal disemprotkan, lalu dilap sampai bersih.

Info Menarik Lainnya : Cara Membersihkan Kaca yang Berkerak dengan Bahan Sederhana

3. Memanfaatkan Face Tonic

Kaum hawa pasti familiar dengan kosmetik pembersih debu dan make up di wajah yang satu ini. Namun siapa sangka, selain untuk wajah face tonic juga bisa membersihkan debu dan kotoran pada kaca dan membuatnya kinclong kembali. Tidak perlu membeli yang baru, face tonic yang sudah kadaluarsa juga bisa dipakai kok.

 

5 Cara Membersihkan Kaca yg Buram Agar Kembali Kinclong
Ilustrasi. Foto by : Idea.grid.id
 

Caranya, tuangkan face tonic pada kain bersih yang akan digunakan untuk membersihkan kaca. Kemudian, gosokkan hingga semua debu dan kotoran terangkat. Pastikan kain yang digunakan memiliki daya serap yang baik.

Info Menarik Lainnya : 5 Desain Kaca Hias Jendela Rumah Minimalis, Intip Yuk!

4. Menggunakan Cuka

Cuka merupakan bahan dapur yang dimiliki oleh banyak orang. Namun, tidak banyak yang tahu bahwa cuka ampuh untuk membersihkan permukaan benda seperti kaca dan cermin. Baunya memang agak menusuk, tapi akan hilang beberapa saat setelah digunakan, jadi jangan khawatir.

 

5 Cara Membersihkan Kaca yg Buram Agar Kembali Kinclong
Ilustrasi. Foto by : Rukita.co
 

Untuk membuat pembersih kaca dari cuka, pertama sediakan botol semprot, cuka, dan air. Selanjutnya, tuangkan cuka dan air ke dalam botol semprot. Kocok sedikit agar kedua bahan tercampur. Setelah itu semprotkan pada permukaan kaca dan lap menggunakan alat pembersih kaca.

Info Menarik Lainnya : 5 Model Cermin Hias Ruang Tamu Minimalis

5. Bersihkan dengan Pasta Gigi

Cara membersihkan kaca yang buram agar kembali kinclong yang terakhir adalah dengan menggunakan pasta gigi. Pasta gigi juga mampu menghilangkan goresan-goresan tipis pada kaca loh. 

 

5 Cara Membersihkan Kaca yg Buram Agar Kembali Kinclong
Ilustrasi. Foto by : Otomotif.kompas.com

 

Caranya, tinggal dioleskan pada permukaan kaca. Diamkan beberapa menit hingga pasta gigi mengering. Setelah itu, bersihkan menggunakan lap atau spons yang sedikit basah.

Itulah tadi beberapa cara membersihkan kaca yg buram. Mencoba cara yang mana pun tidak masalah, asalkan jangan melakukannya saat cuaca panas. Cuaca panas memungkinkan cairan pembersih yang menempel pada kaca mengering sebelum dilap. Akibatnya, cairan tersebut akan meninggalkan bintik-bintik pada kaca.

Semoga informasi diatas dapat bermanfaat untuk Anda semuanya.

Penulis by : Bang izal.

Post a Comment for "5 Cara Membersihkan Kaca yg Buram Agar Kembali Kinclong "