Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML Atas

5 Cara Membersihkan Karat Pada Besi, Lihat Yuk!

Cara membersihkan karat pada besi - Karatan sudah lumrah terjadi pada benda yang terbuat dari besi. Karat akan timbul pada besi jika terjadi reaksi kimia (proses eletrokimia/korosi). 

Namun walau karatan merupakan hal yang biasa, tapi akan sangat mengganggu pada kasus tertentu. Terutama jika karat itu terjadi pada besi yang biasa digunakan untuk keperluan sehari-hari. Misalnya jika karatan itu terjadi pada peralatan rumah tangga seperti; gantungan dan rak baju, sendok, garpu, pisau, kuali, kunci pas, obeng, knalpot motor, sepeda, dll.  


5 Cara Membersihkan Karat Pada Besi, Lihat Yuk!
Ilustrasi. Foto by : Mantan Kantoran (Youtube).

Karatan pada peralatan rumah tangga akan sangat menjengkelkan karena bisa menimbulkan noda yang sulit dihilangkan pada benda yang terkena karat tersebut. Contohnya jika ada pakaian yang disimpan dan digantung di rak besi yang ternyata telah berkarat.

Cara Membersihkan Karat Pada Besi

Noda karat yang menempel pada pakaian biasanya sangat sulit dihilangkan. Masih bisa sih dihilangkan noda karatnya, tapi harus direndam pakai cairan pemutih. Tapi cara ini hanya bisa dilakukan pada pakaian yang full berwarna putih polos.

Sedangkan jika pakaiannya berwarna lain, maka pasti akan luntur jika direndam menggunakan cairan pemutih tersebut. Masalahnya jika pakaian yang terkena karat itu ternyata adalah busana pavorit Anda, tentu saja hal ini akan sangat menjengkelkan bukan?

Lalu, apa solusinya?

Solusinya tentu saja Anda harus menghilangkan sumber karat yang ada pada besi peralatan rumah tangga tersebut. 

Dibawah ini ada beberapa cara membersihkan karat pada besi yang cukup ampuh.

Anda bisa memilih salah satu caranya, kemudian mempraktekkannya pada peralatan besi yang ada dirumah Anda.

Yuk simak penjelasan selengkapnya di bawah ini.

Cekidot!

1. Rendam Menggunakan Cuka


5 Cara Membersihkan Karat Pada Besi, Lihat Yuk!
Ilustrasi. Foto by : Idntimes.com

Siapa sangka bila karat yang menempel pada barang-barang yang terbuat dari besi bisa dibersihkan menggunakan bahan dapur yaitu cuka. Cara ini dikenal yang paling mudah dan sederhana. Pasalnya hampir tidak mungkin dalam satu rumah tidak ditemukan cuka di dalamnya.

Selain itu cuka juga dinilai paling cepat membersihkan karat yaitu dalam 24 jam saja. Bila ingin mencoba membersihkan karat dengan cuka, silahkan langsung tuangkan saja bahan tersebut pada besi yang berkarat. Rendam selama 1-2 hari. Serelah itu gosoklah bagian yang berkarat tersebut menggunakan spons. Jika ingin hasil maksimal gunakan bahan penggosok dari aluminium.

2. Membersihkan Karat Pakai Minuman Kola

Minuman kola memang segar dinikmati di kala panas terik. Tapi hati-hari, kandungan gula di dalamnya bisa memicu banyak penyakit. Ada baiknya konsumsi minuman tersebut secukupnya, lalu sisanya manfaatkan untuk bahan pembersih karat. Bahkan banyak yang bilang minuman kola ini juga sangat ampuh sekali untuk membersihkan kloset kamar mandi.

Membersihkan karat menggunakan minuman kola tergolong sangat sederhana. Pertama rendam dulu besi yang berkarat pada tempat yang sebelumnya diisi minuman kola. 


5 Cara Membersihkan Karat Pada Besi, Lihat Yuk!
Ilustrasi. Foto by : Kanal247.com

Tunggu kira-kira 30 hingga 60 menit. Setelah itu besi bisa langsung diangkat dan dibersihkan menggunakan kertas timah. Bila ingin hasil maksimal, coba ulangi langkah tersebut sampai besi benar-benar bersih.

Info Menarik Lainnya : Cara Membersihkan Lantai Granit (Agar Tidak Kusam)

3. Manfaatkan Kentang dan Sabun Pencuci Piring

Beberapa orang mungkin tidak akan terpikir bila kombinasi kentang dan sabun cuci bisa dipergunakan untuk membersihkan karat. Padahal hal tersebut sangat masuk akal, mengingat kentang sendiri mengandung asam oksalat yang terbukti ampuh memecah karat. Cara membersihkan karat pada besi menggunakan kombinasi 2 bahan tersebut sangat mudah sekali.


5 Cara Membersihkan Karat Pada Besi, Lihat Yuk!
Ilustrasi. Foto by : Bebaspedia.com


Pertama potong saja kentang menjadi bagian kecil lalu haluskan, bisa gunakan blender supaya lebih praktis. Jika sudah berubah menjadi adonan yang halus, campurkan kentang dan sabun cuci piring. 

Selanjutnya tinggal aduk keduanya hingga benar-benar rata.

Kemudian silahkan oles adonan tersebut pada bagian besi yang berkarat. Tunggu prosesnya sekitar beberapa menit. Jika dirasa sudah cukup lama, tinggal gosok saja bagian yang dioles tersebut menggunakan spons. Bila ingin hasil maksimal pada proses penggosokan bisa menggunakan sikat yang terbuat dari aluminium.

Info Menarik Lainnya : Yuk Kenali 8 Jenis Atap Rumah Metal Berikut, Cekidot!

4. Bisa Dicoba Menggunakan Baking Soda


5 Cara Membersihkan Karat Pada Besi, Lihat Yuk!
Ilustrasi. Foto by : Belitung.tribunnews.com

Periksa dulu, jika karat yang menempel pada besi masih tergolong ringan, maka silahkan coba bersihkan menggunakan baking soda. Caranya tidak kalah mudah dengan metode sebelum-sebelumnya. Pertama tinggal campurkan air serta baking soda secukupnya. Aduk sedemikian rupa sehingga mendapatkan tekstur mirip pasta kental.

Jika sudah, balurkan saja pasta tersebut pada area besi yang berkarat. Jangan lupa pastikan semua karat tertutupi seluruhnya dengan pasta baking soda. Tunggu sampai kira-kira satu jam sebelum kemudian digosok pakai sikat kawat. Terakhir tinggal bilas menggunakan air bersih lalu keringkan.

Info Menarik Lainnya : Desain Pagar Balkon Minimalis Terbaru Yang Direkomendasikan

5. Menggunakan Oli Bekas

Mesin-mesin kendaraan bermotor memang sangat rawan sekali berkarat. Jika tidak dibersihkan dengan benar, jangan harap mesin akan berjalan dengan baik. Tapi tidak perlu khawatir, karena sangat mudah sekali membersihkan karat yang menempel pada mesin. Coba gunakan saja oli bekas pakai.


5 Cara Membersihkan Karat Pada Besi, Lihat Yuk!
Ilustrasi. Foto by : Adacaranya (Youtube).

Caranya cukup balurkan saja oli bekas pada bagian mesin atau knalpot yang berkarat. Setelah benar-benar tertutupi seluruhnya, nyalakan mesin. Biarkan hingga beberapa menit sampai suhu mulai naik. Percayalah, oli tersebut akan pelan-pelan mengikis karat yang menempel hingga bersih.

Itu tadi setidaknya ada 5 cara membersihkan karat pada besi. Hati-hati karat yang menempel pada besi dan tidak segera dibersihkan akan banyak menimbulkan masalah. Mulai dari terjadi korosi parah, hingga lama-lama dapat menghancurkan objek yang ditempeli. 

Silahkan gunakan cara-cara di atas, semoga bisa membantu Anda semuanya.

Post a Comment for "5 Cara Membersihkan Karat Pada Besi, Lihat Yuk! "