Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML Atas

Cara Membersihkan Lantai Granit (Agar Tidak Kusam)

Cara membersihkan lantai granit - Memasang keramik batu granit pada lantai rumah merupakan pilihan yang tepat. Apa alasannya? Karena keramik batu granit memiliki karakteristik yang khas serta beberapa kelebihan, sehingga membuatnya jadi lebih unggul daripada jenis keramik yang lain. 

Beberapa kelebihan dari material keramik batu granit diantaranya sbb:

  • Pada umumnya material batu granit bersifat tahan lama. Bahkan bisa bertahan digunakan sampai jangka waktu 10 tahun. 
  • Tahan terhadap perubahan cuaca yang ekstrim.
  • Keramik batu granit memiliki struktur material yang relatif lebih halus (daripada jenis keramik lainnya).  
  • Harganya relatif lebih murah daripada keramik marmer.

Demikianlah diatas beberapa kelebihan dari keramik batu granit. Sedangkan untuk karakteristiknya, maka lantai keramik batu granit memiliki beberapa sifat yang khas, diantaranya sbb:

  • Permukaannya tampak lebih mengkilap.
  • Tahan dari goresan.
  • Keramik batu granit memiliki tekstur yang keras, sehingga sifatnya lebih kuat dan tidak mudah pecah.
  • Pada umumnya keramik dari batu granit memiliki motif yang unik.
  • Tampilannya tampak mewah dan elegan.

Itulah diatas beberapa kelebihan dan karakteristik yang khas dari keramik batu granit. Nah karena begitu banyak keunggulannya, sehingga keramik batu granit ini layak direkomendasikan untuk lantai rumah Anda. 

Perawatan dan Cara Membersihkan Lantai Granit

Namun walau begitu banyak kelebihannya, tapi jika lantai granitnya telah lama dipakai, tentu perlahan-lahan permukaannya akan terlihat kusam dan tidak mengkilap lagi. Oleh karena itu, agar selalu tampak bersih dan berkilau, maka lantai granit itu harus dibersihkan secara rutin.

Berikut ini ada beberapa cara yang jitu untuk membersihkan lantai granit, sehingga tidak kusam lagi dan selalu berkilau setiap saat.

Yuk simak cara membersihkan lantai granit ini sampai tuntas.

Cekidot!

1. Bersihkan Secara Rutin

Sama seperti lantai rumah pada umumnya, lantai granit juga harus dibersihkan secara rutin agar tidak kusam dan tetap berkilau. Namun, membersihkan lantai granit harus dilakukan dengan benar agar tidak mengikis polesan dan meninggalkan bercak yang sulit untuk dihilangkan. 

Jika ingin menggunakan pembersih lantai, ada baiknya untuk mencobanya terlebih dahulu di area tersembunyi untuk melihat reaksinya.


Cara Membersihkan Lantai Granit (Agar Tidak Kusam)
Ilustrasi. Foto by : Pabrikgranit.com

Keindahan lantai granit terletak pada warna dan motifnya yang tampak berkilau dan mengkilap jika dibandingkan dengan ubin keramik. Agar tampak lebih berkilau, gunakan cairan pengkilap setiap seminggu sekali, dan menggunakan air biasa untuk membersihkan lantai dari debu setiap harinya. 

Perlu diingat, air yang digunakan haruslah air sumur yang tidak mengandung mineral dan klorin agar tidak merusak komponen materialnya.

2. Gunakan Lap Basah

Agar tidak kusam, lantai granit harus dibersihkan secara benar apalagi sifat granit yang sangat sensitif terhadap cairan dan kotoran. Agar tidak mengikis polesan dan menggores lantai, gunakan kain halus yang sedikit basah untuk mengelap lantai granit yang ada di rumah. 


Cara Membersihkan Lantai Granit (Agar Tidak Kusam)
Ilustrasi. Foto by : Jogjamarmergranit.com

Lap secara perlahan dengan gerakan searah untuk menghindari kerusakan pada permukaan lantai kemudian segera keringkan dengan menggunakan kain microfiber.

Info Menarik Lainnya : Cara Membersihkan Keramik Kasar (Agar Halus & Berkilau)

3. Pakai Pembersih Khusus

Agar hasilnya maksimal, gunakan alat pembersih dan cairan pembersih khusus lantai granit yang tersedia dalam bentuk cair dan serbuk. Lihat contoh ilustrasi salah satu produk pembersih keramik dibawah ini.


Cara Membersihkan Lantai Granit (Agar Tidak Kusam)


Jika tidak memiliki alat pembersih khusus, cukup gunakan kain lembut atau kain microfiber agar tidak menggores lantai. Cara membersihkannya cukup tuangkan cairan pembersih pada kain lembut, beri sedikit air sumur, kemudian usapkan kain searah dan keringkan lantai.

Info Menarik Lainnya : Cara Membersihkan Keramik Kamar Mandi yang Berkerak

4. Bersihkan dengan Menggunakan Bahan Alami

Selain menggunakan pembersih khusus, cara membersihkan lantai granit dari noda yaitu dengan menggunakan bahan alami seperti sabun pencuci piring atau baking soda. 


Cara Membersihkan Lantai Granit (Agar Tidak Kusam)
Ilustrasi. Foto by : Bacaterus.com

Kedua bahan tersebut terbukti ampuh untuk menghilangkan noda pada lantai granit dan tidak akan merusak permukaannya. Cara menggunakannya cukup lap lantai dengan menggunakan kain pel yang telah direndam dengan air hangat dan sabun pencuci piring.

Info Menarik Lainnya : 8 Motif Keramik Teras Depan Rumah Minimalis Terbaik

5. Poles Granit

Untuk membersihkan lantai granit dari goresan noda membandel yang tidak dapat dihilangkan, maka ada satu solusi jitu, yaitu dengan cara memolesnya. Memoles lantai granit dapat dilakukan dengan memanggil jasa poles granit. Lihat ilustrasi salah satu jasa poles lantai granit pada foto dibawah ini.


Cara Membersihkan Lantai Granit (Agar Tidak Kusam)
Ilustrasi. Foto by : Jasindopoles.com

Anda bisa menyewa salah satu jasa poles keramik yang ada di kota Anda. Biasanya di setiap kota dan daerah ada tersedia jasa poles keramik. Anda bisa mencarinya di penelusuran Google, atau melalui situs Google Map dengan mengetikan kata kunci: "Jasa poles keramik terdekat". 

Itulah beberapa cara membersihkan lantai granit yang dapat dicoba sendiri di rumah agar lantai tetap bersih mengkilap tanpa kotoran. 

Agar selalu tampak bersih dan berkilau, lantai granit harus dibersihkan sesuai karakteristiknya, karena komposisi materialnya mudah rusak oleh pembersih biasa. Bersihkan lantai granit dengan benar agar tidak mengikis polesan dan meninggalkan bercak yang sulit untuk dihilangkan.

Semoga informasi diatas dapat bermanfaat untuk Anda semuanya.

Post a Comment for "Cara Membersihkan Lantai Granit (Agar Tidak Kusam)"