Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML Atas

Cara Membersihkan Kerak Kloset Jongkok yang Membandel

Cara membersihkan kerak kloset jongkok - Jika Anda sengaja memperhatikan, maka akan Anda dapati gedung-gedung bertingkat di kawasan perkotaan biasanya menggunakan jenis kloset duduk pada toiletnya. Dan nyaris tidak akan Anda dapati di gedung mewah itu yang menggunakan kloset model jongkok.

Bagaimana menurut Anda? Betul kenyataannya seperti itu 'kan?

Apa sih alasan utamanya, sehingga bangunan-bangunan di kawasan elit itu lebih memilih menggunakan kloset duduk? Tahukah Anda apa alasannya?

Kalau menurut penulis, alasannya karena kloset model duduk dianggap lebih modern. Karena kloset-kloset diluar negeri (terutama di negara-negara maju) rata-rata menggunakan model kloset duduk.

Namun tahukah Anda? Kenyataannya sebagian besar masyarakat Indonesia lebih suka menggunakan model kloset jongkok daripada kloset duduk. Ini tidak hanya terbatas pada orang biasa, bahkan masyarakat kelas menengah ke atas pun, kebanyakan masih lebih suka memakai kloset model jongkok.

Nah, yang menjadi pertanyaan: "Kenapa hal itu bisa terjadi?"

Penyebabnya karena model kloset jongkok sudah sangat familiar pada masyarakat Indonesia sejak zaman dahulu. Disamping itu, setiap fasilitas umum biasanya pasti menggunakan kloset jongkok. Baik itu di sekolah, pasar, kantor instansi pemerintah maupun swasta, dan berbagai tempat-tempat umum lainnya.

Nah karena sudah begitu familiarnya model kloset jongkok pada masyarakat Indonesia, maka ketika menemui model kloset duduk (saat akan buang air besar), biasanya akan timbul semacam perasaan risih dan aneh. Saya yakin pasti Anda semua setuju dengan pernyataan saya ini. Betul 'kan?  😊

Jadi itulah alasan utama kenapa kebanyakan orang Indonesia lebih suka menggunakan kloset jongkok.

Cara Membersihkan Kerak Kloset Jongkok

Namun walau lebih disukai, tapi kloset jongkok ini memiliki beberapa sisi kekurangan. Salah satu kekurangan kloset jongkok adalah pada sistem penyiraman kotorannya tidak otomatis seperti model kloset duduk. Jadi Anda harus menyiramkan air secara manual ke lubang kloset jongkok tersebut.

Kekurangan lainnya dari kloset jongkok yaitu seringkali lubang klosetnya berkerak.

Kenapa hal ini bisa terjadi?

Sebenarnya penyebab timbulnya kerak pada kloset jongkok ini masih ada kaitannya dengan cara penyiraman manual diatas. Jadi terkadang ada orang buang air besar yang kurang bersih menyiram kotorannya. Sehingga masih ada sisa kotoran yang menempel di lubang kloset tersebut. Nah bila hal ini sering terjadi, maka lama kelamaan akan timbul kerak pada lubang kloset tersebut. Jadi kerak itu muncul akibat sisa noda kotoran yang sudah kering dan menumpuk.

Yang jadi persoalan selanjutnya adalah; seringkali noda kotoran yang sudah berkerak di lubang kloset itu sangat sulit dibersihkan. Sudah di coba membersihkan kerak itu menggunakan sikat, tapi belum bisa sepenuhnya hilang. Intinya noda kerak itu sudah membandel.

Lalu, kalau kejadiannya sudah seperti diatas, apakah solusinya?

Tenang saja,,, semua pasti ada jalan keluarnya kok,,, 😉

Yuk simak beberapa cara membersihkan kerak kloset jongkok berikut ini.

 

Cara Membersihkan Kerak Kloset Jongkok yang Membandel


Cekidot!

1. Gunakan Cairan Pembersih Khusus

Cara membersihkan kerak kloset jongkok yang bandel dapat dilakukan dengan menggunakan cairan pembersih khusus. Biasanya cairan pembersih khusus kerak yang bandel ini banyak dijumpai di toko bahan kimia atau bahan bangunan. cara penggunaannya pun terbilang mudah, dengan menuangkan sedikit cairan tersebut ke dalam wadah yang sudah dipersiapkan sebelumnya.

Gunakan saput pembersih seperti yang dipakai untuk cuci piring, agar tidak merusak lapisan keramik pada klosetnya. Lalu, tuangkan cairan pembersih tersebut di atas noda kerak yang bandel. Tunggu beberapa saat agar cairan tersebut bereaksi dengan keraknya, lalu siram dengan air biasa untuk melarutkannya. Ulangi langkah tersebut apabila  dirasa masih perlu dilakukan.

Info Menarik Lainnya : Cara Membersihkan WC Mampet dengan Mudah, Cepat, dan Hemat

2. Menggunakan Citric Acid

Menggunakan Citric Acid atau sitrun pembersih juga menjadi alternatif cara membersihkan kerak kloset jongkok. Asam cuka yang berbentuk serbuk ini banyak dijual di toko-toko bahan kimia. Sifat asam yang dimilikinya mampu menghilangkan noda kerak dengan cukup efektif.

Pertama-tama siapkan wadah untuk tempat bubuk Citric Acid, lalu campur dengan air sedikit saja, agar tidak terlalu encer. kemudian gunakan kuas cat untuk meratakan cairan tersebut di atas permukaan kloset yang berkerak tersebut. Tunggu beberapa saat sekitar 1 jam-an, lalu bilas dengan air biasa untuk melarutkan sisa kotoran yang menempel. ulangi langkah tersebut apabila diperlukan.

3. Mencoba dengan Kalsium Hipoklorit

Kalsium hipoklorit yang lebih dikenal sebagai kaporit juga dapat dimanfaatkan untuk membersihkan kerak yang bandel menempel di kloset jongkok. Zat klorin yang terkandung dalam kaporit sangat efektif untuk merusak struktur kerak yang bandel. Langkah awalnya dimulai dengan menyiram kloset jongkok tersebut dengan air panas mendidih.

Lalu taburi lapisan kloset jongkok yang berkerak dengan kaporit, akan lebih baik lagi jika merata. Diamkan sekitar 30 menit, kemudian gosok dengan sikat WC yang di beri air sabun sebelumnya. Selanjutnya bilaslah dengan air biasa untuk mebersihkan sisa kotoran atau kerak yang menempel sebelumnya. Ulangi langkah tersebut dari awal, apabila masih diperlukan.

Info Menarik Lainnya : Cara Membersihkan Kamar Mandi Menggunakan Citric Acid

4. Memanfaatkan Minuman Bersoda

Membersihkan noda kerak yang bandel dapat juga menggunakan minuman yang bersoda. Hal tersebut dikarenakan kandungan asam karbonat serta fosforik ringan di dalam minuman bersoda tersebut. Caranya cukup tuangkan minuman soda tersebut pada dinding  yang berkerak dengan merata. Lalu tunggu beberapa saat sekitar satu jam atau lebih.

Selanjutnya asam-asam dari minuman bersoda tersebut akan bereaksi dengan merusak struktur kerak yang melapisi dinding kloset jongkok.  Akan lebih afektif lagi sambil di gosok dengan sikat WC untuk mempercepat proses pembersihan kerak tersebut. Kemudian bilaslah dengan air biasa untuk melarutkan kotoran dan sisa kerak yang menempel sebelumnya hingga bersih.

5. Memanfaatkan Pemutih Pakaian

Cairan pemutih pakaian juga dapat digunakan untuk membersihkan noda kerak yang bandel dan menempel di kloset jongkok. Hal tersebut adanya zat-zat tertentu yang terkandung di dalam cairan pemutih pakaian. Penggunaannya pun cukup mudah, tinggal disemprotkan di atas kerak yang menempel dan tunggu sekitar 215 menit-an. Lalu gosok dengan sikat WC hingga noda kerak tersebut hilang. Selanjutya bilas dengan air biasa hingga kotorannya larut dan bersih.

Info Menarik Lainnya : Cara Menghilangkan Bau Kamar Mandi Yang Paling Ampuh

Nah, demikian cara membersihkan kerak kloset jongkok yang bandel dengan mudah dan cepat. Sehingga penampilan kembali bersih kinclong ditambah dengan aroma yang menyegarkan. Tentunya akan memberikan kenyamanan bagi pengguna kloset jongkok tersebut. 

Semoga informasi diatas dapat bermanfaat untuk Anda semuanya.

Penulis by : Bang izal.

Post a Comment for "Cara Membersihkan Kerak Kloset Jongkok yang Membandel"