Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML Atas

Cara Membersihkan WC Mampet dengan Mudah, Cepat, dan Hemat

Cara membersihkan WC mampet - Pernahkah Anda mengalami water closet alias WC di rumah tiba-tiba mampet? Jika pernah, pasti rasanya akan sangat menyebalkan sekali. Apalagi kalau WC dirumah cuma ada satu-satunya, sedangkan perut sudah gak tahan lagi nahan rasa kebelet. Duuh gak kebayang dech gimana rasanya. Pasti reaksinya langsung blingsatan karena bingung mau 'nyetor' kemana! 😅

Biasanya sih solusinya numpang 'nyetor' sementara dirumah saudara yang terdekat. Nah, kalau gak ada saudara yang rumahnya dekat gimana? Yah terpaksa menahan malu karena harus minta izin buang hajat ke WC rumah tetangga. Apa boleh buat, daripada keburu brojol di celana. Wkwkwkwk 😂

Tapi bagaimanapun juga, WC yang mampet itu harus diperbaiki sesegera mungkin. Sebab yang namanya siklus buang hajat itu pasti terjadi secara rutin. Jika WC-nya masih mampet dan belum juga diperbaiki, lantas mau BAB kemana? Tentu sangat tidak etis sekali jika terus-terusan minta izin buang hajat dirumah orang lain. Iya kan?

Nah oleh karena itu, diperlukan cara membersihkan WC mampet dengan mudah, cepat dan  aman. 

Ada beberapa cara yang cukup ampuh untuk mengatasi persoalan WC mampet. Oh iya, cara-cara dibawah ini dapat dilakukan secara mandiri. Artinya Anda tidak perlu mengeluarkan uang untuk membayar layanan jasa sedot WC. 

 

Cara Membersihkan WC Mampet dengan Mudah, Hemat, dan Cepat
Ilustrasi. Foto by : BSM Marsudi (Youtube).

Berikut ini akan diulas beberapa cara membersihkan WC mampet tersebut.

Simak pembahasannya sampai tuntas yuk!

1. Menggunakan Sabun dan Air Panas

Cara membersihkan wc mampet yang  sederhana dan mudah adalah dengan memanfaatkan sabun dan air hangat. Pada dasarnya semua jenis sabun dapat digunakan, seperti; sabun batangan, sabun cuci piring, sampo, dan lain sebagainya. Diawali dengan membuat air sabun terlebih dahulu, sebaiknya cukup pekat atau kental. Tujuannya untuk memecah lemak yang menyumbat WC, serta melicinkan pipa salurannya.

Bila perlu air sabun tersebut dapat juga ditambahkan cairan pembersih atau pemutih pakaian maupun. Lalu siramkan larutan air sabun tersebut ke dalam lubang WC-nya dan diamkan beberapa saat kurang lebih 15 menitan. Selanjutnya siramkan air panas secukupnya dan diamkan sekitar hingga 20 menitan.   Kemudian bilas lubang WC tersebut dengan air biasa, agar sisa-sisa kotorannya larut bersama air tersebut.

2. Mencampurkan Air Cuka dan Baking Soda

Selain sabun dan air panas, cara membersihkan wc mampet juga dapat menggunakan air cuka yang dipadukan dengan baking soda. Dimulai dengan mengguyur lubang WC yang mampet tersebut dengan air panas secukupnya, untuk melunakan kemungkinan kotoran yang menempel atau pun melekat. Selanjutnya sebarkan secara merata baking soda ke dalam lubang tersebut kurang lebih sebanyak 1 gelas belimbing.

Kemudian siramkan air cuka diatasnya sebanyak 2 gelas belimbing serta pastikan tersebar dengan merata. Maka, beberapa saat kemudian di dalam lubang WC tersebut akan terjadi reaksi ditandai dengan munculnya gelembung udara. Diamkan kurang lebih 1 jam, selanjutnya guyur dan bilas dengan air biasa. Apabila masih belum lancar dapat ulangi langkah tersebut dari awal.

Info Menarik Lainnya : Cara Menghilangkan Bau Kamar Mandi Yang Paling Ampuh

3. Gunakan Soda Api

Natrium Hidroksida atau lebih dikenal dengan soda api  dapat juga dimanfaatkan untuk melancarkan saluran WC yang mampet. Meskipun berbentuk padat, namun setelah dimasukkan ke dalam air di lubang WC, akan menimbulkan reaksi kimia yang ditandai dengan munculnya gelembung-gelembung  udara. Untuk itu tunggu beberapa saat hingga reaksi kimia yang terjadi selesai.

Selanjutnya tinggal dibilas dengan air biasa hingga bersih. Soda api ini dikenal ampuh untuk menghancurkan bahan-bahan organik yang kemungkinan menjadi penghambat pipa saluran di WC. Jadi kalau pipa salurannya WC tersebut masih mampet, kemungkinan besar pipa saluran tersebut terhambat oleh benda besar yang bukan organik, seperti pembalut

4. Manfaatkan Plastik Pembungkus (Plastic Wrap)

Plastik pembungkus makanan dapat juga dimanfaatkan untuk mengatasi saluran WC yang mampet. Caranya cukup letakkan plastik tersebut pada tempat duduknya, hingga semuanya menempel pada semua areanya  dan tertutup. Selanjutnya lakuan flush berulang-ulang, hingga lapisan plastik tersebut mengembang. Akibat tekanan udara melalui plastik yang menutupinya, maka akan memberikan dorongan balik kepada air di lubang WC tersebut, serta mendorong penyumbatnya.

Info Menarik Lainnya : 6 Cara Menghilangkan Lalat Kecil di Kamar Mandi, 100% Ampuh!

5. Menggunakan Garam Batu

Cara mudah selanjutnya adaah dengan menggunakan garam batu yang banyak dijual di pasar-pasar tradisional. Atau dapat juga dengan mencampur garam dapur dengan soda kue, apabila kesulitan mendapatkan garam batu. Dimulai dengan menaburkan 1 gelas belimbing garam batu yang sudah ditumbuk halus ke dalam lubang WC-nya yang tersumbat.

Lalu guyur dengan air panas mendidih  kurang lebih 1 liter dan diamkan kurang lebih semalaman atau 8 jam. Biasanya bahan organik yang sering jadi penyumbat pada pipa saluran WC tersebut akan luluh atau hancur. Kemudian siram dan bilas dengan air biasa untuk mendorong serta melancarkan sisa kotorannya.

6. Menggunakan Cara Khusus (Berdasarkan Pengalaman Penulis)

Adakalanya setelah menggunakan semua cara-cara diatas, tetapi WC-nya masih saja mampet. Seolah-olah ada benda padat yang tersumbat di bagian bawah lubang closet itu. Jika seperti ini keadaannya, maka bisa dipastikan penyebab mampetnya karena ada pembalut wanita yang tersangkut di lubang closet tersebut.

Saya (penulis) berani menyatakan seperti ini, karena dulu pernah mengalami langsung kejadian ini waktu masih tinggal dikampung. Saat itu closet dirumah saudara saya mampet dan tidak bisa dibersihkan, walaupun telah memakai segala bahan pembersih WC.

Beruntung saat itu ada tetangga saudara saya yang tahu cara mengatasinya.

Jadi tetangga itu menyuruh saya mencari sebatang bambu muda yang panjangnya 1 meter, dan lingkar diamaternya sekitar 8 cm. Dan saya berhasil menemukan bambu muda itu di pinggir jalan raya. Biasanya bambu-bambu kecil seperti itu memang banyak ditanam dipinggir jalan raya (sebagai jalur hijau).

Info Menarik Lainnya : 7 Cara Menghilangkan Cacing di Kamar Mandi, Lihat Yuk!

Setelah mendapatkan bambunya, kemudian tetangga itu menyuruh memukul permukaan batang bambu tersebut menggunakan palu. Tujuan bambu itu dipukul, agar batangnya terpecah menjadi serat yang lebih halus, sehingga sifatnya menjadi elastis.

Nah karena bambunya sudah elastis, sehingga bisa didorong dan dimasukkan ke dalam lubang closet yang tersumbat itu. Akhirnya pembalut yang menyumbat di closet itu jadi terdorong ke dalam, dan kemudian terus masuk ke saluran septic tank WC.

Alhamdulillah sejak saat itu WC di rumah saudara saya tidak pernah mampet lagi. Saya juga mewanti-wanti anggota keluarga saudara saya itu, agar jangan pernah lagi membuang pembalut ke dalam lubang WC.

Demikianlah beberapa cara membersihkan wc mampet dengan mudah, hemat dan cepat, tanpa harus memanggil tukang. Selain dapat dilakukan secara sederhana, bahkan secara mandiri. Sehingga dapat berhemat dengan uang saku yang semakin menipis. Maka, diperlukan langkah aman dan strategis. 

Semoga informasi diatas dapat bermanfaat untuk Anda semua.

Penulis by : Bang izal.

Post a Comment for "Cara Membersihkan WC Mampet dengan Mudah, Cepat, dan Hemat"