Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Membersihkan Keramik Kamar Mandi Yang Kuning, Simak Yuk

Cara membersihkan keramik kamar mandi yang kuning - Apakah Anda pernah mengalami keramik kamar mandi yang dahulunya putih bersih, tapi lama kelamaan warnanya berubah jadi kekuningan? Jika iya, maka sesungguhnya Anda tidaklah sendirian. Sangat banyak orang yang mengalami kejadian yang sama, bahkan penulis sendiri juga pernah mengalaminya.

Keramik kamar mandi berwarna kekuningan itu akan menimbulkan kesan yang kusam dan kotor. Sehingga tentu kamar mandi Anda jadi tidak nyaman dipandang mata. 

Lalu, apa sih sebenarnya penyebab utama yang membuat keramik itu jadi berwarna kuning?

Penyebab utama keramik kamar mandi berwarna kekuningan adalah; karena terkena percikan air sabun, shampo, dan sisa kotoran. Semua percikan itu kemudian menumpuk dan meninggalkan noda kekuningan. 

Jika hal ini berlangsung dalam jangka waktu yang lama, maka noda kuning yang menumpuk itu akan mengeras. Pada tingkat yang lebih parah, noda itu akan mulai ditumbuhi jamur, sehingga warnanya jadi kuning kehitam-hitaman. Lihat foto ilustrasinya dibawah ini.


Cara Membersihkan Keramik Kamar Mandi Yang Kuning, Simak Yuk
Ilustrasi. Foto by : Centroceramic.com

Cara Membersihkan Keramik Kamar Mandi Yang Kuning

Cukup banyak orang yang mengeluh tentang noda kuning ini. Pasalnya kalau noda keramik itu sudah terlalu lama dibiarkan, biasanya akan relatif sulit untuk dihilangkan. Penyebabnya karena noda kuning itu sudah berkerak dan unsurnya telah menyatu ke dalam pori-pori keramik. 

Oleh karena itu, sangat disarankan agar senantiasa membersihkan kamar mandi kita secara rutin. Sehingga noda kuningnya tidak sampai berkerak dan jadi sulit dihilangkan.

Namun bagaimana jika noda kuningnya sudah terlanjur berkerak dan membandel? Masih adakah cara untuk membersihkan keramik kamar mandi yang kuning tersebut?

Tidak perlu terlalu khawatir! Karena ada beberapa bahan tertentu yang ampuh untuk membersihkannya.

Yuk simak pembahasannya berikut ini.

Cekidot!

1. Menggunakan Cuka

Cara membersihkan keramik kamar mandi yang kuning pertama ialah dengan menggunakan cuka. Kandungan asam yang tinggi pada cuka mampu menghilangkan noda kuning pada keramik kamar mandi. Cuka yang digunakan ialah cuka putih atau cuka dapur. Cara menggunakannya juga sangat mudah, pertama siramkan cuka ke seluruh permukaan keramik yang berwarna kuning, kemudian diamkan hingga 10 menit.


Cara Membersihkan Keramik Kamar Mandi Yang Kuning, Simak Yuk
Ilustrasi. Foto by : Sajiansedap.grid.id

Setelah itu bilas seluruh keramik menggunakan air panas, fungsi dari air panas ini ialah untuk melarutkan cuka dan noda kuning pada keramik. Jika sudah bersih, lap keramik kamar mandi dengan kain yang kering. Ulangi cara tersebut hingga noda kuning pada keramik benar-benar hilang. Sangat mudah bukan? Cobalah cara ini dan buktikan hasilnya.

2. Menggunakan Asam Sitrat

Cara membersihkan keramik kamar mandi yang kuning selanjutnya ialah dengan menggunakan asam sitrat. Bagi para pembuat kue pasti sudah tidak asing lagi dengan asam sitrat. Asam sitrat ialah bahan yang biasa digunakan untuk membuat kue dan lebih dikenal dengan Sitrun. Asam sitrat dapat digunakan untuk menghilangkan noda kuning pada keramik kamar mandi.


Cara Membersihkan Keramik Kamar Mandi Yang Kuning, Simak Yuk
Ilustrasi. Foto by : Wongpati (Youtube).

Caranya ialah pertama bersihkan keramik kamar mandi dengan sabun, kemudian bilas dengan air yang bersih. Selanjutnya taburkan asam sitrat atau Sitrun ke keramik yang basah, dan diamkan selama 1 jam. Jika sudah satu jam, gosok keramik kemudian bilas hingga bersih. Ulangi cara tersebut hingga noda kuning hilang dari keramik.

Info Menarik Lainnya : Cara Membersihkan Lantai Granit (Agar Tidak Kusam)

3. Menggunakan Desinfektan Air atau Kaporit


Cara Membersihkan Keramik Kamar Mandi Yang Kuning, Simak Yuk


Cara membersihkan noda kuning pada keramik kamar mandi yang berikutnya ialah menggunakan desinfektan air atau lebih dikenal sebagai kaporit. Kaporit biasanya digunakan di kolam renang, agar kolam renang tidak cepat kotor. Ternyata kaporit juga dapat digunakan untuk membersihkan keramik kamar mandi yang kuning. Caranya ialah, pertama siram keramik kamar mandi menggunakan air panas.

Setelah disiram, taburkan bubuk kaporit diatas keramik dan diamkan selama 40 menit. Jika sudah, gosok keramik menggunakan sikat kemudian bilas dengan air yang bersih. Ulangi cara tersebut hingga noda kuning pada keramik benar-benar hilang.

Info Menarik Lainnya : 5 Motif Keramik Kamar Mandi Terbaru yang Sedang Trend

4. Menggunakan Sabun Cuci Piring dan Detergen


Cara Membersihkan Keramik Kamar Mandi Yang Kuning, Simak Yuk
Ilustrasi. Foto by : My-best.id

Cara membersihkan noda kuning pada keramik kamar mandi berikutnya ialah menggunakan sabun cuci piring dan detergen. Formula sabun cuci piring dan detergen sangat bagus untuk menghilangkan berbagai noda, bahkan noda kuning pada keramik sekalipun. Caranya ialah campurkan sabun cuci piring dan detergen ke dalam botol, kemudian tambahkan sedikit air.

Gunakan cairan buatan tersebut sebagai pembersih keramik kamar mandi. Hati-hati dengan cairan ini, karena sangat licin jadi harus dibilas hingga benar-benar bersih.

Info Menarik Lainnya : 6 Desain Wastafel Kamar Mandi Minimalis Terbaru, Lihat Yuk!

5. Menggunakan Produk Pembersih Keramik

Cara membersihkan noda kuning pada keramik kamar mandi yang terakhir ialah dengan menggunakan produk pembersih keramik. Saat ini sudah banyak sekali produk pembersih keramik khususnya untuk kamar mandi. Produk ini sangat mudah didapatkan di pasaran. Dengan harga yang cukup terjangkau, formula dari produk ini dijamin dapat membuat keramik menjadi seperti baru.

Cara Membersihkan Keramik Kamar Mandi Yang Kuning, Simak Yuk

Itulah tadi cara membersihkan keramik kamar mandi yang kuning agar putih kembali. Cobalah salah satu diatas untuk mengatasi noda kuning pada keramik kamar mandi. Pastinya setelah keramik terbebas dari noda kuning, kamar mandi akan bersih dan lebih enak dipandang mata.

Semoga informasi diatas dapat bermanfaat untuk Anda semua.

Post a Comment for "Cara Membersihkan Keramik Kamar Mandi Yang Kuning, Simak Yuk "