Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML Atas

Cara Membersihkan Toren Air yang Paling Efektif, Lihat Yuk!

Cara membersihkan toren air - Setiap rumah pribadi yang berukuran cukup besar biasanya memiliki sebuah toren atau tangki air. Fungsi dari toren ini sendiri tentu saja untuk menampung air. Nah air yang telah ditampung itu nantinya akan digunakan untuk keperluan sehari-hari. Seperti untuk mandi, mencuci baju/piring, untuk keperluan cebok (setelah kencing/BAB), dll.

Timbul sebuah pertanyaan: "Kenapa airnya harus ditampung dulu di toren? Bukankah airnya bisa langsung dipakai dengan cara menyalakan pompa airnya (Sanyo/Jet pam) saja?"

Nah, ini merupakan sebuah pertanyaan menarik. 😉

Pada umumnya orang menggunakan toren air ini tujuannya adalah untuk menghemat daya listrik.

Mungkin akan timbul pertanyaan lanjutan: "Kenapa memakai toren bisa jadi hemat listrik?"

Menurut beberapa sumber dan informasi yang penulis dapatkan, jadi kalau pemakaian Sanyo/Jet pam yang dinyalakan setiap saat itu akan membuat boros penggunaan daya listrik. Penyebabnya begini; di setiap Anda melakukan colokan awal kabel mesin Sanyo/Jet pam itu ke sumber aliran listrik, maka itu akan memakan beban daya listrik yang besar.

Jika dalam sehari semalam keluarga Anda minimal melakukan 5 kali colokan saja, maka itu sudah lumayan menghabiskan daya listrik Anda. Bagimana jika anggota keluarga Anda cukup banyak? Sehingga mencolok kabel mesin air itu hingga total 10 kali dalam sehari? Wah alhasil bisa bengkak tunggakan listrik Anda tiap bulannya.

Nah, untuk mengakali hal tersebut, maka kemudian muncul ide agar cukup mencolok mesin air hanya sekali, atau maksimal dua kali saja dalam sehari.

Bagaimana caranya?

Yaitu dengan menampung air ke dalam toren berukuran besar hingga penuh. Jadi tidak perlu lagi berulang kali mencolokkan mesin air tiap Anda ke kamar mandi (sehingga jadi lebih hemat daya listrik). Biasanya satu toren besar itu isinya cukup untuk keperluan MCK sehari-sehari pada sebuah keluarga.  

Cara Membersihkan Toren Air

Itulah diatas salah satu kelebihan dan manfaat dari memakai toren air. Namun di samping kelebihan, tentu juga ada sisi kekurangannya. Salah satu kekurangan utama toren ini yaitu; seringkali ada sisa kotoran air yang lama kelamaan jadi menumpuk di dalamnya. Tentu hal ini tidak bisa dibiarkan saja. Karena kotoran yang menumpuk itu akan membuat air yang ditampung di toren menjadi keruh.

Toren memang cenderung jarang dibersihkan. Penyebabnya karena (biasanya) toren air ini terletak ditempat yang tinggi, sehingga sebagian orang agak enggan untuk mengecek kondisi toren tersebut (ini pengalaman pribadi sih). Hehee 😂

Sebenarnya toren air itu wajib dibersihkan secara berkala, minimal dalam waktu 3 bulan sekali. Jika Anda sangat sibuk (sehingga tidak sempat untuk membersihkannya sendiri), maka Anda bisa menyewa jasa pembersih toren.

Namun jika Anda punya cukup waktu luang dan ingin membersihkannya sendiri, maka berikut ini ada beberapa cara membersihkan toren air tersebut.


Cara Membersihkan Toren Air yang Paling Efektif, Lihat Yuk!
Ilustrasi. Foto by : Service-toren-sukses.web.id

Simak sampai tuntas yuk!

1. Cek Seluruh Aksesoris Toren

Sebelum toren dibersihkan alangkah lebih baik untuk mengecek kembali seluruh aksesoris toren dari mulai air keran outlet dan fitting inlet. Pastikan pula untuk mengetahui bahwa aksesoris toren tidak ada yang rusak. Kerusakan seperti putus atau terdapat celah sedikit saja akan mengakibatkan kebocoran. 

Apabila menemukan aksesoris yang bermasalah maka harus diganti terlebih dahulu.

Dengan cara tersebut maka untuk membersihkan toren air tidak mengalami kendala. Apabila rusak ketika sedang membersihkan toren nantinya akan membuang waktu dan bekerja dua kali. 

Info Menarik Lainnya : Cara Membersihkan WC Mampet dengan Mudah, Cepat, dan Hemat

2. Bersihkan Bagian Dalam Toren Air dengan Lap

Membersihkan bagian dalam toren sangat berbeda dengan membersihkan bak mandi. Apabila membersihkan bak mandi akan memerlukan sikat pembersih berbeda halnya dengan toren air. Alat pembersih yang bisa digunakan untuk membersihkan toren air yakni dengan lap berbahan katun atau bahan spons. Sikat dilarang digunakan sebab dapat menyebabkan kerusakan dinding toren air.

3. Gunakan Lap Bertungkai Panjang

Toren air yang memiliki ukuran yang cukup besar, hal ini akan menyulitkan dalam membersihkannya. Cara yang perlu untuk dilakukan yaitu dengan cara menggunakan lap bertungkai panjang. Dengan menggunakan lap bertungkai panjang akan lebih mudah dalam mengendalikan dan membersihkannya dari atas.

Info Menarik Lainnya : 7 Cara Menghilangkan Cacing di Kamar Mandi, Lihat Yuk!

4. Lepaskan Semua Aksesoris

Setelah bagian dalam toren telah dilap dan lumut dibersihkan, langkah selanjutnya yaitu bilas keseluruhan bagian dalam tangi menggunakan air bersih. Hal tersebut agar selama pembersihan toren menjadi optimal maka alangkah lebih baiknya agar pipa dan aksesoris dilepas. Ketika  pipa dan fitting tidak bisa dilepaskan maka sisa cairan dapat dikeluarkan dengan menggunakan siphon.

Pipa siphon (pipa kuras) yang dipasang pada saluran kuras atau drain di bagian dalam toren akan membantu dalam masa pembersihan toren. Dengan mengeluarkan siphon sisa cairan dalam toren dapat keluar dan lebih memudahkan untuk membersihkan toren.

5. Buang Sisa-sisa Air

Setelah semua bagian dalam telah dibersihkan, buanglah sisa-sisa air melalui lubang pipa pembuangan.  Dengan melepas penutupnya maka air akan keluar dengan sendirinya. Selanjutnya, bilas seluruh bagian dalam toren menggunakan air bersih. Lakukan beberapa kali hingga toren benar-benar terlihat bersih.  Apabila toren sudah bersih jangan lupa untuk menutup kembali penutup pipa saluran pembuangan air.

Info Menarik Lainnya : Cara Menghilangkan Bau Kamar Mandi Yang Paling Ampuh

6. Bersihkan Bagian Luar Toren Air

Terakhir, jangan sampai lupa untuk membersihkan bagian luar toren menggunakan lap. Meskipun bagian dalam toren sudah dibersihkan namun bagian luar torem juga harus dibersihkan. Hal tersebut akan mempengaruhi nilai estetika eksterior rumah karena akan terlihat kotor apabila tidak dibersihkan. Jika bagian dalam dan luar telah bersih toren air siap untuk digunakan lagi.

Cara diatas merupakan cara membersihkan toren air yang dapat dilakukan dengan mudah. Toren yang dibersihkan secara berkala akan membuat nilai estetika rumah dan menjadi lebih nyaman dipandang. Jika dirasa toren sudah mulai mengalami kerusakan tidak ada salahnya untuk mengganti dengan yang baru.

Semoga informasi diatas dapat bermanfaat untuk Anda semua.

Penulis by : Bang izal.

Post a Comment for "Cara Membersihkan Toren Air yang Paling Efektif, Lihat Yuk!"