Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menata Batu di Taman Agar Terlihat Asri & Cantik

Cara menata batu di taman - Jika ada diantara Anda yang memiliki rumah dengan pekarangan yang cukup luas, maka biasanya akan membuat taman kecil di sana. Betul seperti itu 'kan? 😊

Saya yakin pasti Anda semua akan meng-iyakan. Karena kenyataannya memang banyak orang yang membuat taman dihalaman rumahnya. Dan hal ini pasti ada alasan dan tujuannya. Yang jelas, jika sebuah rumah memiliki taman yang berisi aneka tanaman hias yang indah, maka pasti akan menyenangkan setiap orang yang memandangnya.

Jadi itulah diatas salah satu alasan utama kenapa banyak orang yang membuat taman di ruang terbuka sekitar rumahnya. Karena keberadaan taman hias ini memang sangat menarik perhatian. Keindahannya tidak hanya disukai oleh pemilik rumah, tapi juga para tamu yang datang berkunjung.

Cara Menata Batu di Taman.

Untuk semakin menambah keindahan taman tersebut, Anda bisa merancang desain yang unik menggunakan beberapa jenis bebatuan. Agar hasil desainnya serasi, maka hendaknya Anda memilih jenis batuan yang tepat.

Jenis batu apa saja itu?

Sebenarnya ada beberapa jenis bebatuan yang bisa digunakan. Namun untuk penghias taman, biasanya lebih populer menggunakan jenis batuan koral. Karena batu alam ini memiliki beragam bentuk dan warna yang unik.

Selanjutnya yuk simak 5 tips dan cara menata batu di taman agar tampak lebih cantik.

Cekidot!

1. Menggunakan Variasi Batu Koral yang Indah untuk Bagian Jalan

Salah satu bagian taman adalah jalan setapak yang fungsinya untuk bagian jalan menuju tengah atau pinggir taman. Oleh karena itu sangat cocok jika bagian jalan ini ditata dengan batu-batuan koral. 

Untuk warnanya bisa disesuaikan dengan selera. Lihat contohnya pada foto dibawah ini.


Cara Menata Batu di Taman Agar Terlihat Asri & Cantik
Ilustrasi. Foto by : Creohouse.co.id

Misalnya dengan menggunakan batuan koral berwarna coklat atau putih. Selain warna yang cantik batuan ini juga sangat pas jika berada rumput yang berwarna hijau. Terlebih penataan batuan koral di bagian jalan setapak juga bisa mengurangi resiko terpeleset saat keadaan taman basah.

2. Menggunakan Variasi Batu Alam untuk Bagian Dinding Taman

Beberapa taman juga memiliki dinding. Oleh karena itu untuk menambah kesan alami di taman tersebut, maka tidak ada salahnya untuk menata batuan pada dinding taman. Batuan alam yang tertempel di dinding ini selain bisa digunakan pada taman-taman outdoor juga cocok untuk taman yang indoor.


Cara Menata Batu di Taman Agar Terlihat Asri & Cantik
Ilustrasi. Foto by : Satujam.com

Namun penataan batu pada dinding ini juga harus dibarengi dengan perawatan yang baik. Pasalnya batuan tersebut bisa menimbulkan munculnya lumut yang tentu saja akan membuat taman terlihat seperti tidak terurus.

3. Menggunakan Kerangka Besi pada Bagian Dinding

Selain menempelkan batuan langsung pada dinding. Untuk mempercantik tampilan taman juga bisa dengan menggunakan kerangka besi yang dalamnya diisi dengan batuan-batuan koral. Sehingga akan tampak kerangka besi atau gabion yang berisi batu-batu yang cantik. Hal ini juga membuat taman semakin estetik.

Lihat contohnya pada foto dibawah ini.


Cara Menata Batu di Taman Agar Terlihat Asri & Cantik


4. Menggunakan Pola Penataan Batuan yang Menarik

Menata batu memang bisa dikatakan mudah-mudah susah. Akan sangat menarik apabila batu bisa disusun dengan warna batu yang sama, sehingga memunculkan pola yang unik. Misalnya pola lingkaran dengan tengahnya batu yang warnanya beda, dll. 

Jika Anda mau, maka bisa menata pola bebatuan itu secara mandiri. Dengan merancang sendiri, maka akan membuat kreativitas Anda semakin terasah. Namun jika tidak ada waktu luang untuk mengerjakannya, maka Anda bisa menyewa jasa seorang penata taman.

Lihat contoh pola bebatuan taman yang sangat menarik dibawah ini.


Cara Menata Batu di Taman Agar Terlihat Asri & Cantik
Ilustrasi. Foto by : Kupang.tribunnews.com


Info Menarik Lainnya : Rekomendasi Tanaman Hias untuk Halaman Rumah Minimalis

5. Menggunakan Batuan Acak dengan Menabur Tanpa Pola

Bagi pemilik taman yang kurang menyukai penataan batu dengan mengikuti pola, maka bisa dengan menata batuan dengan cara menaburkan secara acak. Namun penataan dengan cara menaburkan ini biasanya hanya dilakukan pada area tertentu. Dan biasanya juga dilakukan pada taman yang kering dan berukuran minimalis.


Cara Menata Batu di Taman Agar Terlihat Asri & Cantik
Ilustrasi.

Tentu saja pemilihan batuan yang netral juga sangat cocok untuk konsep taman minimalis dan kondisi taman yang kering. Namun tidak menutup kemungkinan jika batuan berwarna-warni juga bisa menjadi referensi lain. Taman-taman dengan penataan semacam ini biasanya adalah taman-taman yang diletakkan dibagian samping rumah minimalis atau taman yang berada ditengah atau di dalam ruangan

Info Menarik Lainnya : 5 Jenis Tanaman Hias yang Beracun (Hati-hati ya Sobat)

Demikian 5 tips dan cara menata batu di taman agar lebih cantik yang bisa menjadi inspirasi. Adapun hal yang membuat taman menjadi lebih cantik lagi juga bisa berasal dari pemilihan tanaman dan properti alam yang menarik.

Semoga informasi diatas dapat bermanfaat untuk Anda semua.

Post a Comment for "Cara Menata Batu di Taman Agar Terlihat Asri & Cantik"