Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML Atas

Ingin Berkebun di Atap Rumah? Cobalah 5 Tanaman Ini

Berkebun di atap rumah - Bagi Anda yang memiliki rumah bertingkat, membuat kebun mini diatapnya merupakan ide yang sangat menarik. Jadi nanti diatap rumah Anda itu dibuat semacam balkon. Nah agar tampilan atap/balkon itu tampak lebih indah, maka Anda bisa menanam berbagai tanaman hias disana.

Tanaman-tanaman hias itu diletakkan didalam pot, kemudian ditata dengan sedemikian rupa. Pot berukuran besar diletakkan di tiap sudut atap, sedangkan pot berukuran mini bisa diletakkan secara bergantung dengan tali. 

Semua penataan seperti diatas itu perlu dilakukan, tujuannya agar tanaman hiasnya bisa disusun secara rapi dan proporsional. Ini perlu dilakukan oleh rumah-rumah yang memiliki ukuran atap atau balkon yang kecil. Yuk ikuti penjelasan selanjutnya dibawah ini.  

Ide Berkebun di Atap Rumah


Ingin Berkebun di Atap Rumah? Cobalah 5 Tanaman Ini
Australiandesignreview.com

Saat ini berkebun di atap rumah telah menjadi tren, terutama di kota-kota besar. Banyak pemilik rumah (terutama yang bergaya minimalis) membuat kebun mini di atap atau balkon rumahnya. Membuat kebun mini diatap rumah ini biasanya menjadi suatu hal yang mudah bagi orang yang memiliki rumah yang besar.

Apa sebab?

Karena kalau rumahnya besar, tentu otomatis atap rumahnya juga luas. Sehingga tidak ada kendala yang berarti bagi pemilik rumah untuk menata tanaman hiasnya diatap rumah tersebut. Namun sebaliknya, berkebun di atap rumah ini tidaklah mudah bagi rumah yang berukuran kecil. Perlu rancangan desain dan tata letak sedemikian rupa, agar space atap yang kecil itu tetap bisa menampung berbagai tanaman hias yang menarik.

Dalam memilih tanamannya pun tidak boleh sembarangan, karena berkebun di atap memiliki standar tersendiri. Ya, berkebun di atap memiliki standar tersendiri, yaitu apakah tanah untuk berkebun berada di media yang terpisah (di dalam pot), atau diletakkan langsung tepat di atas atap. Bila tanah untuk berkebun diletakkan di atas atap, maka Anda perlu melakukan sedikit renovasi untuk membuat pori-pori dan saluran airnya.

Tapi poin yang paling penting dari bercocok tanam di atap ini adalah pemilihan jenis tanaman yang tepat. Karena berkat keindahan tanaman hias inilah yang membuat rumah Anda jadi menarik dan bikin selalu betah tinggal disana. 

Oleh karena itu, yuk mulai berkebun di atap rumah kita. 😉

Berikut ini telah penulis pilihkan 5 jenis tanaman hias terbaik untuk Anda. 

Cekidot!

1. Strawberry


Ingin Berkebun di Atap Rumah Cobalah 5 Tanaman Ini


Pernahkah membayangkan bila jus strawberry yang diminum berasal dari kebun sendiri? Ya, strawberry merupakan salah satu tanaman yang mudah sekali untuk dibudidayakan di atap rumah. Perawatan untuk strawberry adalah hal yang cukup mudah bila dilakukan secara konsisten.

Tanaman ini bisa dibeli bibitnya langsung di toko tanaman untuk ditanam langsung di kebun atap rumah. Siramlah tanaman ini secara rutin di pagi dan sore hari setiap harinya. Tak lupa, perhatikan suhu, sinar matahari, dan kelembaban kebun atap rumah bila perlu beri atap berbahan fiber bening untuk menyaring sinar matahari yang masuk.   

Ketika usia tanaman 2 bulan hingga 4 bulan, mulailah untuk melakukan panen pertama. Untuk panen pertama ini bisa dipetik setiap 3 hari sekali. Kemudian, jika sudah mulai rutin berbuah, pastikan untuk memanennya seminggu sebanyak 2 kali panen.

Info Menarik Lainnya : 5 Tanaman Indoor Penghasil Oksigen, Rumah Jadi Segar & Sehat

2. Kangkung


Ingin Berkebun di Atap Rumah Cobalah 5 Tanaman Ini
Tamaninspirasi.com

Tanaman yang sangat cocok digunakan untuk kebun di atap rumah adalah kangkung. Kangkung ini sangat cocok bagi para vegetarian yang ingin mendapatkan sayuran organik untuk dikonsumsi. Media tanamnya bisa dilakukan di media tanah maupun media air dengan cara hidroponik.

Masa tanamnya pun cukup singkat dan tidak memerlukan banyak biaya untuk merawatnya. Untuk panen sayuran ini dapat dilakukan pada hari ke 27 sampai dengan hari ke 30. Berikutnya, panen dapat dilakukan setiap 5 hari sekali. 

Info Menarik Lainnya : 5 Tanaman Indoor Pembersih Udara untuk Rumah Minimalis

3. Tomat Hitam


Ingin Berkebun di Atap Rumah Cobalah 5 Tanaman Ini


Berikutnya adalah tomat hitam. Tanaman yang tergolong sayuran dan buah ini termasuk yang difavoritkan oleh banyak orang. Bagaimana tidak, tomat ini dapat diolah menjadi berbagai macam masakan dan minuman dan berkhasiat mengobati kanker, diabetes, serta obesitas. Tak heran bila, tanaman ini menjadi sangat laris di kalangan pecinta kegiatan berkebun di atap rumah.

Tanaman ini dapat dibeli langsung bibitnya, atau bisa juga dengan cara menyemai bijinya terlebih dahulu selama kurang lebih satu minggu sampai muncul tunasnya. Setelah itu, tunas dan bibit tersebut akan siap dipanen pada minggu kesembilan setelah bibit/tunas tersebut dipindahkan ke media tanam. 

Panen tomat hitam ini dapat dilakukan setiap 5 hari sekali.

Info Menarik Lainnya : 5 Tanaman Hias yang Banyak Diminati Anak Kos, Simak Yuk!

4. Wortel


Ingin Berkebun di Atap Rumah Cobalah 5 Tanaman Ini
Bibitonline.com

Tanaman wortel bisa menjadi salah satu tanaman pengisi kebun di atap rumah. Selain kaya manfaat, tanaman ini juga mudah perawatannya. Perawatannya cukup disiram 2 kali sehari pada pagi dan sore hari. Lalu, untuk panen dapat dilakukan selama 3 bulan sekali atau 4 bulan sekali.

5. Cabe 


Ingin Berkebun di Atap Rumah Cobalah 5 Tanaman Ini
Agrobibittanaman.com

Yang terakhir adalah tanaman cabe. Tanaman ini wajib dimiliki oleh pecinta sambal. Karena, bila memiliki kebun cabe sendiri, maka tidak perlu repot-repot untuk membeli cabe. 

Tanaman cabe ini sangat mudah perawatannya. Hampir sama dengan tanaman tomat, namun untuk cabe dapat bertahan bila tidak sengaja lupa menyiramnya. Cabe dapat dipanen setelah minggu kesembilan dipindahkan dari media semai ke media tanam. Selanjutnya, panen dapat dilakukan setiap 5 hari sekali.

Info Menarik Lainnya : 5 Jenis Tanaman Hias yang Beracun (Hati-hati ya Sobat)

Nah, sudah menemukan tanaman yang cocok untuk berkebun di atap rumah? Sebagai saran, bisa mencoba teknik selang seling setiap minggunya agar hobi ini dapat menghemat anggaran belanja bahan makanan setiap bulan. 

Selamat mencoba!

Post a Comment for "Ingin Berkebun di Atap Rumah? Cobalah 5 Tanaman Ini"