Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Cara Menata Pigura di Dinding Agar Tampak Serasi

Cara menata pigura di dinding - Pernahkah Anda memasang hiasan pigura di dinding namun bingung cara menatanya? Penempatan hiasan pigura pada dinding tentu harus ditata dengan baik. Tujuannya agar posisi pigura tersebut teratur dan serasi, sehingga jadi enak dipandang.

Terlebih jika jumlah piguranya cukup banyak, maka Anda harus pintar dan jeli dalam mengatur posisinya. Karena jika sampai salah penataan, akibatnya dapat membuat ruangan tersebut terlihat lebih sempit dan terkesan acak-acakan.

Oleh karena itu, di bawah ini ada beberapa cara menata pigura di dinding yang benar dan tepat.

Semoga dengan tips ini, dapat ikut membantu melahirkan interior yang instagenik di rumah Anda.

Berikut ini cara menata pigura di dinding yang dimaksud, simak sampai tuntas yuk.

Cekidot!

1. Kelompokkan Pigura yang Memiliki Warna Sama

Cara menata pigura di dinding yang pertama adalah kelompokkan terlebih dahulu pigura-pigura yang memiliki warna yang sama. Usahakan semua pigura dikelompokkan supaya penataannya jauh lebih mudah.


5 Cara Menata Pigura di Dinding Agar Tampak Serasi
Ilustrasi. Foto by : Decodeko.co.id

Jika foto atau pigura memiliki warna yang beragam, silakan lakukan pengelompokan di detil yang lain. Semisal mengelompokkan foto sesuai ukuran bingkai, tema dari foto, ukuran pigura, dan lainnya.

Jika pengelompokan ini sudah dilakukan maka mulai untuk memasang pigura pada dinding sesuai dengan kelompoknya. Pastikan tidak ada yang terlewat karena satu saja foto yang salah pasang, kesan pada ruang bisa tidak menarik.

2. Usahakan Pigura Paling Besar ada di Bagian Tengah

Di dalam penataan bingkai foto di tembok ada istilah yang disebut centerpiece. Biasanya foto yang digunakan untuk sket ini adalah foto pigura yang ukurannya paling besar dan diletakkan di tengah-tengah tembok. Lihat contohnya dibawah ini.


5 Cara Menata Pigura di Dinding Agar Tampak Serasi
Ilustrasi. Foto by : Arsitag.com

Di dalam teori interior foto yang menjadi centerpiece biasanya foto yang bisa menarik perhatian orang. Makanya pigura yang layak menjadi centerpiece adalah pigura berukuran besar atau memang desain warnanya terlihat mencolok.

Nah, jika pigura semacam ini sudah terpasang boleh si pemilik rumah memasang foto yang lebih kecil mengelilingi foto yang besar. Namun pastikan keserasiannya tetap terjaga supaya penampilan pigura centerpiece-nya lebih menarik.

3. Susun Pigura dengan Pola Sejajar

Cara menata pigura di dinding yang paling konvensional ialah pengaturan dengan pola sejajar. Biasanya teknik ini diterapkan pada foto yang memiliki ukuran bingkai atau pigura yang sama. Lihat contohnya dibawah ini.


5 Cara Menata Pigura di Dinding Agar Tampak Serasi
Ilustrasi. Foto by : Rukita.co

Sekalipun pola penataan sangat sederhana tetapi hasilnya pasti memuaskan karena detil ruang menjadi lebih rapi dan bersih. Apalagi jika pigura yang digunakan adalah yang berukuran kecil semisal 10R saja.

Jika pun tidak memiliki banyak foto untuk disejajarkan hingga menutup seluruh tembok, maka silakan mulai penataan dari bagian tengah. Paling tidak agar sisa tembok kanan dengan yang kiri tidak memiliki ukuran yang timpang.

Info Menarik Lainnya : Cara Menata Polaroid di Dinding Kamar, Lihat Yuk!

4. Atur Jarak Antar Foto agar Sama

Untuk menata pigura di dinding pastikan tidak terlalu rapat. Minimal ada sedikit celah antara foto yang satu dengan yang lain, supaya warna background tembok tetap terlihat dari depan. Perhatikan contohnya dibawah ini.


5 Cara Menata Pigura di Dinding Agar Tampak Serasi
Ilustrasi. Foto by : dirtroadphotography.com

Sekalipun demikian ukuran dari celah-celah tersebut harus sama supaya dari depan penataan terlihat lebih rapi dan bersih. Kalau perlu lakukan pengukuran antar foto terlebih dahulu lalu ditandai di bagian mana foto tersebut akan dipasangkan.

Nah, salah satu tujuan dari peletakan celah antar foto semata untuk memberikan kesan interior yang kreatif dan enak dilihat. Paling tidak si pemilik rumah atau tamu merasa tertarik untuk melihat-lihat foto yang dipajang.

Info Menarik Lainnya : Hiasan Dinding dari Kertas yang Unik & Mudah Dibuat

5. Pastikan Tidak Ada Pigura yang Miring

Cara menata pigura yang terakhir adalah pastikan tidak ada satupun bingkai atau pigura foto yang miring. Sebab, posisi ini justru merusak tata letak foto yang membuat kesan ruang terlihat berantakan.


5 Cara Menata Pigura di Dinding Agar Tampak Serasi
Ilustrasi. Foto by : Hosea Whilydiy (Youtube).

Maka dari itu, ketika memasang pigura pada tembok langsung dipaku terlebih dahulu. Supaya ketika ditemukan pemasangan yang miring proses perbaikannya lebih mudah.

Info Menarik Lainnya : 8 Jenis Pernak pernik Hiasan Dinding Rumah, Lihat Yuk!

Itulah beberapa cara menata pigura di dinding yang paling benar. Silakan diterapkan di rumah jika ingin memiliki desain interior ruang ala pigura yang terkesan unik, kreatif dan minimalis.

Semoga artikel singkat ini dapat bermanfaat untuk Anda semuanya.

Post a Comment for "5 Cara Menata Pigura di Dinding Agar Tampak Serasi"