Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML Atas

Cara Menata Rumah Kecil Agar Terlihat Luas, Simak Yuk!

Cara menata rumah kecil agar terlihat luas - Home Sweet Home kata orang bule, Rumahku Surgaku kata orang Indonesia.

Ungkapan diatas maknanya memang benar. Sebuah keluarga yang harmonis niscaya akan merasakan kebahagiaan bila berada dirumahnya. Seolah-olah rumah itu adalah surga baginya. 

Penjelasan diatas terkait dengan makna bahwa sebuah rumah akan terasa bagaikan di surga jika ada keharmonisan didalamnya. Namun juga bisa ditinjau dari sisi lain, bahwa rumah serasa di surga karena mampu mendatangkan kenyamanan ketika Anda berada didalamnya. 

Jadi ketika Anda sangat lelah beraktifitas diluar karena harus berdagang, bekerja di kantor, atau sedang menjalani tugas dinas, maka semua kepenatan itu akan reda dan hilang seketika saat Anda telah kembali ke rumah. 

Ya! Suasana rumah yang tenang dan nyaman memang di yakini akan mampu meredakan tekanan (stress). Terutama stress yang di akibatkan karena terlalu sibuk beraktifitas seharian.

Mungkin ada diantara Anda yang bertanya: "Lalu, apa kaitannya stress bisa hilang saat kita sudah kembali ke rumah?"

Tentu saja ada kaitannya. Karena rumah yang nyaman itu dapat menimbulkan perasaan rileks. Nah rasa rileks itulah yang membuat pikiran Anda jadi lebih tenang. 

Mungkin akan timbul sebuah pertanyaan lagi: "Apakah syarat rumah yang nyaman itu harus berukuran besar? Bagaimana jika rumah kita ukurannya kecil? Apakah juga bisa mendatangkan kenyamanan saat tinggal didalamnya?"

Nah, ini adalah sebuah pertanyaan yang bagus dan cukup kritis.    

Sebenarnya kunci utama kenyamanan itu bukanlah terletak pada besar ukuran rumahnya. Walau memang tidak dipungkiri jika ukuran rumah kita besar, maka tentu akan semakin nyaman apabila kita pandai menatanya. Namun rumah kecil pun juga bisa terasa nyaman, dengan syarat kita harus mampu kreatif mendesain tata letak dan interior ruangannya.

Cara Menata Rumah Kecil Agar Terlihat Luas

Jadi kunci utamanya bukan pada besar atau kecil ukuran rumah. Tapi sejauh mana kreatifitas kita agar dapat menciptakan rumah tersebut terasa nyaman ditinggali. Apapun ukurannya.

Oleh karena itu jika Anda memiliki rumah berukuran kecil, maka jangan merasa khawatir. Karena Anda tetap bisa menciptakan suasana yang nyaman dirumah kecil itu. Bahkan Anda bisa merancang desain ruangannya dengan teknik tersendiri, sehingga terkesan lebih luas. Sekali kali saya katakan bahwa kunci utamanya ada pada desain ruang dan kejelian dalam mengatur tata letaknya.

Lalu, bagaimana cara menata rumah kecil agar terlihat luas?

Dan seperti apa cara mengatur tata letaknya?

Yuk simak sampai tuntas penjelasan dibawah ini.

Cekidot!

1. Taruh Cermin Besar di Dinding

Cara menata rumah kecil agar terlihat luas yang pertama ialah dengan menaruh atau menempelkan cermin di dinding atau titik tertentu. Cermin sangat memiliki pengaruh besar dalam sebuah ruangan agar terlihat lebih luas. Hal ini terjadi karena adanya ilusi yang terlihat di sebuah cermin, sehingga membuat ruangan terlihat lebih luas dan besar.

Lihat contoh ilustrasinya pada 2 foto dibawah ini.


Cara Menata Rumah Kecil Agar Terlihat Luas, Simak Yuk!
Ilustrasi. Foto by : Spatiulconstruit.ro


Cara Menata Rumah Kecil Agar Terlihat Luas, Simak Yuk!
Ilustrasi.

Untuk ukuran cermin yang akan digunakan bisa disesuaikan dengan masing-masing ruangan yang dimiliki dan juga dengan uang yang dimiliki. Namun, perlu diingat bahwa semakin besar cermin yang digunakan akan membuat ruangan akan terlihat semakin luas. Biaya yang dikeluarkan tak banyak karena disesuaikan dengan ukuran rumah.

2. Pakai Cat Dinding Warna Cerah

Memakai cat warna yang cerah pada dinding juga memiliki pengaruh besar terhadap rumah agar bisa terlihat luas. Pada dasarnya, warna-warna yang gelap dapat membuat ruangan terlihat lebih kecil dan sempit. Oleh sebab itu, pilih lah warna cat yang cerah, seperti warna putih, merah muda, biru muda, hijau muda, dan lain-lain.


Cara Menata Rumah Kecil Agar Terlihat Luas, Simak Yuk!
Ilustrasi. Foto by : Kapanlagi.com

Cat yang berwarna cerah mampu membuat setiap interior di dalam rumah terpantul cahaya dengan lebih baik, sehingga rumah bisa terlihat lebih terang. Semakin terang ruangan di dalam rumah, semakin terlihat luas juga rumah tersebut meskipun aslinya hanya berukuran kecil. Biaya untuk membeli cat pun masih dibilang terjangkau.

Info Menarik Lainnya : Cara Menata Dapur yang Kecil agar Terkesan Luas & Nyaman

3. Gunakan Furniture yang Multifungsi

Menggunakan furniture yang multifungsi merupakan cara menata rumah kecil agar terlihat luas. Hal ini juga mampu meminimalisir adanya penumpukan furniture yang tak enak dipandang. 

Pilihlah furniture yang multifungsi agar banyak barang yang bisa masuk dalam satu furniture. Misalnya seperti meja tamu yang bisa dilipat, lemari TV multifungsi dilengkapi laci, atau tempat tidur yang bawahnya terdapat laci, dll. Lihat contoh meja tamu lipat pada foto dibawah ini.


Cara Menata Rumah Kecil Agar Terlihat Luas, Simak Yuk!
Ilustrasi.

Info Menarik Lainnya : 5 Kesalahan Cara Menghias Ruang Tamu (Sempit & Sumpek)

4. Tata Barang yang Penting dan Sesuai Tempat

Salah satu kesalahan yang sering dilakukan dan membuat rumah terlihat sempit ialah banyaknya barang tak penting yang dibiarkan menumpuk. Tata barang sesuai dengan fungsi, tempat, dan kegunaanya. Jika menaruh barang asal-asalan terlebih itu barang yang tidak penting, akan berdampak pada pemandangan ruangan di dalam rumah.

Maka, mulailah dengan memilih barang dan menanta sesuai tempatnya. Lihat contohnya pada foto dibawah ini.


Cara Menata Rumah Kecil Agar Terlihat Luas, Simak Yuk!
Ilustrasi. Foto by : Casaindonesia.com

Jika dirasa ada barang yang kurang penting untuk diletakkan disana, segera kemasi barang tersebut atau ditaruh ditempat yang tertutup. Dengan begitu, rumah yang berukuran kecil bisa menjadi terlihat lebih luas, lega, dan nyaman. Tentunya hal ini tidak memerlukan biaya untuk dikeluarkan.

Info Menarik Lainnya : Unik! Desain Interior Ruang Keluarga Menyatu dengan Dapur

5. Gunakan Jendela Berukuran Besar

Jendela yang besar dapat membuat rumah terlihat lebih luas. Sama seperti cermin, untuk ukuran jendelanya bisa disesuaikan dengan keadaan masing-masin rumah. 

Semakin besar jendela, semakin besar cahaya yang akan masuk dan rumah menjadi terlihat lebih luas dan lega. Biaya yang dikeluarkan juga tak banyak karena disesuaikan dengan ukuran rumah.

Lihat contoh salah satu jendela kaca yang berukuran besar dibawah ini.


Cara Menata Rumah Kecil Agar Terlihat Luas, Simak Yuk!
Ilustrasi. Foto by : Polarumah.com

Demikian 5 cara menata rumah kecil agar terlihat luas tanpa biaya mahal. Rumah kecil kini sudah tak menjadi alasan lagi untuk merasa tidak nyaman di dalam rumah karena terlihat sempit. Dengan mengaplikasikan cara-cara di atas maka rumah akan terlihat lebih luas dan nyaman.

Semoga informasi di artikel ini dapat bermanfaat untuk Anda semuanya.

Post a Comment for "Cara Menata Rumah Kecil Agar Terlihat Luas, Simak Yuk! "