Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML Atas

Cara Menata Dapur yang Kecil agar Terkesan Luas & Nyaman

Cara menata dapur yang kecil - Area dapur termasuk bagian yang paling sering digunakan oleh seorang ibu rumah tangga. Biasanya aktifitas diruangan memasak ini berlangsung tiap pagi, sore, dan malam hari. 

Di pagi hari adalah waktu untuk mulai memasak nasi, lauk, dan sayur mayur. Biasanya aktifitas berlanjut menyiapkan sarapan pagi.

Saat sore hari, biasanya seorang ibu rumah tangga akan kembali ke dapur, yakni untuk memasak sayur. Timbul pertanyaan: "Kenapa masak sayur lagi? Bukankah pagi tadi sudah memasak sayur? 'Kan bisa dipanaskan lagi?"

Jawabannya: Untuk jenis sayur tertentu memang ada yang cukup dengan dipanaskan saja, seperti sayur asam atau sayur lodeh. Tetapi ada juga jenis sayuran tertentu yang tidak boleh dipanaskan, karena konon berpotensi jadi mengandung racun. Contohnya sayur bayam. Nah, oleh karena itulah harus dimasak lagi sayur yang baru di sore harinya. 

Kemudian pada saat malam hari, maka biasanya akan kembali ke dapur lagi. Biasanya untuk memanaskan gulai lauk yang masih tersisa, sehingga tidak basi dan bisa dimakan pada keesokan harinya.

Dari uraikan diatas, maka dapat disimpulkan bahwa dapur termasuk ruangan yang paling sering digunakan pada sebuah rumah. Karenanya, desain interior dapur sangat penting untuk diperhatikan. Tujuannya agar seorang ibu rumah tangga dapat selalu merasa nyaman beraktifitas di ruang dapur tersebut. Lihat foto ilustrasinya dibawah ini.


Cara Menata Dapur yang Kecil agar Terkesan Luas & Nyaman
Ilustrasi. Foto by : Rumah.com


Namun masalahnya; bagaimana jika ruang dapurnya kecil? Apa mungkin kenyamanan itu bisa didapatkan? Sebab ruangan kecil biasanya akan berefek pada sulitnya mengatur tata ruang dan desain interiornya. Apalagi faktanya masih sangat banyak sekali rumah masyarakat Indonesia yang hanya memiliki dapur kecil.

Lalu, adakah sosusinya?

Cara Menata Dapur Yang Kecil

Tenang saja,,,, Jangan khawatir,,,, karena dibawah ini akan mengulas beberapa cara yang cukup efektif menata dapur berukuran kecil. Dengan cara-cara yang akan diuraikan ini, dapur sempit akan terkesan lebih lega dan luas. Selain itu, dapur tersebut juga akan terlihat lebih stylish dan modern.

Tanpa terlalu banyak basa-basi lagi, yuk kita simak beberapa cara menata dapur yang kecil berikut ini.

Cekidot!

1. Pilih Rak dan Furniture yang Rendah


Pada daerah dapur pastinya akan menggunakan banyak rak penyimpanan dan perabotan. Maka dari itu, untuk membuat ilusi ruangan yang luas pilihlah rak-rak yang pendek.

Atau contoh lainnya adalah untuk memilih kitchen counter yang sedikit lebih rendah. Dengan penggunaan furniture-furniture yang rendah, area dinding yang kosong akan lebih banyak terekspos.

Perhatikan contoh ilustrasinya dibawah ini.


Cara Menata Dapur yang Kecil agar Terkesan Luas & Nyaman
Ilustrasi. Foto by : Ruangarsitek.id


Permukaan dinding yang terekspos terbukti untuk membuat otak manusia berpikir bahwa ruangan yang dilihatnya adalah ruangan yang luas.

2. Beri Jendela pada Dapur

Jendela akan membuat ruangan terasa jauh lebih luas. Disarankan untuk memilih desain jendela sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai.

Jika menginginkan ruangan yang terlihat lebih lebar, maka jendela yang harus dipilih adalah jendela yang lebarnya horizontal. Begitupun sebaliknya. Jika menginginkan ilusi ruangan yang lebih tinggi maka buatlah jendela yang memanjang secara vertikal. Lihat contohnya dibawah ini.



Cara Menata Dapur yang Kecil agar Terkesan Luas & Nyaman
Ilustrasi. Foto by : Sentralproperti.blogspot.com


Selain itu, dengan memasang jendela maka akan ada sumber pencahayaan alami yang akan masuk ke dapur. Udara-udara kotor dan panas setelah memasak juga dapat dikeluarkan lewat jendela tersebut.

3. Pilihlah Perabotan yang Simple dan Kecil

Jika space yang tersedia sedikit, maka harus diakali dengan menggunakan benda-benda yang berukuran kecil. Pilihlah furniture-furniture yang berukuran kecil namun tetap nyaman.

Contohnya; pilihlah kulkas, rak piring, dan gantungan peralatan dapur berukuran kecil. Lihat contoh ilustrasinya pada foto dibawah ini.


Cara Menata Dapur yang Kecil agar Terkesan Luas & Nyaman
Ilustrasi. Foto by : Jasakitchensetbandung.com


Desain furniture yang simple juga akan sangat membantu membuat ruangan menjadi lebih luas. Hindari furniture yang terlalu banyak memakan tempat.

Selain itu, warna perabotan juga berpengaruh dalam membuat ruangan menjadi lebih luas. Warna-warna yang netral atau senada dengan ruangan akan membuat desain terlihat simple dan tidak mencolok.

4. Pilih Kabinet Model Pintu Cermin

Cermin terbukti dapat membuat ruangan terlihat "2 kali lipat lebih luas" dari pada yang sebenarnya. Oleh karena itu, disarankan agar Anda memilih kabinet dapur yang ada cerminnya. Nantinya dari cermin kabinet tersebut akan memantulkan bayangan dari ruangan dan perabotan uang ada di dapur tersebut. Sehingga menimbulkan ilusi optik seolah ruangan dapur jadi terlihat lebih luas.

Lihat contoh kabinet model pintu cermin tersebut pada foto dibawah ini.  


Cara Menata Dapur yang Kecil agar Terkesan Luas & Nyaman
Ilustrasi. Foto by : Rumahkita.id


Selain menggunakan kabinet model pintu cermin, maka Anda bisa membuat ilusi optik dengan cara lain. Yaitu dengan cara menggantungkan beberapa cermin berukuran sedang secara berdekatan. Cara ini biasanya sering dijumpai di restoran dan beberapa tempat makan untuk menjadikan ruangannya terlihat lebih luas.

5. Menggunakan Furniture Multifungsi

Dapur pastinya harus memuat banyak peralatan masak dan peralatan makan. Namun jika menggunakan rak biasa, maka tidak akan cukup dan membuat ruangan menjadi sempit dan sangat sesak.

Saat ini, meja dan kabinet multifungsi sangat diminati di pasaran. Harganya pun bervariasi, hanya tinggal memilih desain yang cocok dan diinginkan. Lihat salah satu contoh furniture multifungsi tersebut pada foto dibawah ini.


Cara Menata Dapur yang Kecil agar Terkesan Luas & Nyaman
Ilustrasi. Foto by : Kumparan.com


Dengan menggunakan furniture yang multifungsi, area dapur yang kecil dapat dihemat penggunaannya.

6. Gunakan Wallpaper atau Lantai dengan Motif Bergaris atau Model Papan Catur.

Motif-motif bergaris atau model papan catur akan makin mendukung ilusi ruangan yang ingin dicapai. Dapur sempit akan terlihat seolah-olah lebih luas karena pengaruh ilusi mata dari motif tersebut. 

Untuk dinding, wallpaper yang paling cocok adalah wallpaper dengan motif vertikal. Pasang wallpaper ini di beberapa bagian dinding saja agar tidak terkesan terlalu ramai. Sedangkan untuk motif lantai, maka bebas saja. Mau pakai motif model vertikal atau horizontal, itu terserah Anda. 

Lihat contohnya dibawah ini.


Cara Menata Dapur yang Kecil agar Terkesan Luas & Nyaman
Ilustrasi. Foto by : Insinyurbangunan.com


Sedangkan untuk bagian lantai. pola strip atau garis dapat ditemukan di lantai dengan motif kayu. Serat-serat dan motif potongan kayu yang memiliki garis dapat membuat ruangan terlihat lebih luas.


Namun, pastikan kembali jika wallpaper dan lantai yang digunakan tahan air untuk jangka yang lama. Area dapur biasanya merupakan daerah yang berminyak dan lembab di beberapa tempat. Sehingga wallpaper atau lantai harus tahan dengan kondisi tersebut.

Sekian pembahasan mengenai cara menata dapur yang kecil. Semoga cara-cara atau tips yang disebutkan jelas. Dan semoga informasi yang telah diberikan dapat bermanfaat bagi pembaca semua.

Post a Comment for "Cara Menata Dapur yang Kecil agar Terkesan Luas & Nyaman"