Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Cara Menata Rumah Kecil Biar Rapi dan Terlihat Indah

Cara menata rumah kecil biar rapi - Rumah yang selalu tertata indah dan rapi tentu menjadi impian setiap orang. Termasuk saya dan juga Anda semua, iya kan? 😊 

Ini adalah hal yang wajar dan sangat manusiawi. Sebab semua orang tentu menyukai keteraturan dan keindahan. Karena itu merupakan tabiat manusia.

Banyak manfaat yang akan didapatkan jika rumah kita selalu ditata rapi. Manfaat tersebut tidak hanya dirasakan oleh pemilik rumah, bahkan para tamu pun juga akan ikut merasakannya. Jadi jika sebuah rumah diatur secara baik dan apik, maka pasti akan terasa nyaman bagi semua orang. 

Cara Menata Rumah Kecil Biar Rapi

Saya percaya bahwa Anda semua tentu saja menginginkan kondisi rumah yang selalu dalam keadaan rapi. Namun saya juga memahami bahwa ada kondisi tertentu yang membuat kerapihan itu agak sulit untuk di wujudkan. Karena ada beberapa kondisi yang membuat ruangan rumah sulit untuk selalu dalam keadaan rapi. Salah satu penyebab utamanya adalah karena ruangan rumah yang sempit.

Ruangan rumah yang sempit memang seringkali membuat penataan interiornya jadi agak sulit. Banyak faktor penyebabnya. Misalnya perabotan jadi sulit ditata karena tidak muat dengan ukuran ruangan. Hiasan dan aksesoris ruangan seringkali terkesan berantakan karena diletakkan pada tempat yang tidak semestinya, dll. 

Oleh karena itu, dibutuhkan teknik dan trik tersendiri agar penataan interior di ruangan yang sempit tetap terlihat rapi.

Di bawah ini akan dijelaskan secara rinci tentang cara menata rumah kecil biar rapi.

Sehingga rumah Anda akan senantiasa nyaman ditempati. Yuk langsung saja di simak uraiannya.

Cekidot!

1. Letakkan Barang Sesuai Pada Tempatnya


5 Cara Menata Rumah Kecil Biar Rapi dan Terlihat Indah
Ilustrasi.

Jika ingin memiliki rumah yang rapi pastikan tidak meletakkan barang sembarangan. Apalagi jika barang yang berserakan tersebut adalah barang-barang yang berukuran kecil seperti mainan, buku, sapu tangan, tali dan lainnya.

Jika barang-barang di atas dibiarkan berserakan tentu rumah tidak bisa dirapikan. Yang ada si pemilik rumah kebingungan karena tidak bisa melakukan sekat akibat banyaknya ruang yang ditempati barang.

Kalau masalah ini yang terjadi, lebih baik persiapkan lemari atau laci kecil sebagai tempat barang-barang yang berukuran kecil. Sehingga, ketika sudah selesai digunakan barang bisa dimasukkan kembali agar tidak berserakan di dalam kamar. 

2. Bersihkan Rumah secara Rutin

Jangan harap rumah akan terlihat rapi dan bersih jika penghuninya malas untuk membersihkan secara rutin. Maka dari itu, kalau ingin memiliki rumah yang rapi jadwalkan pembersihan dengan melibatkan seluruh anggota keluarga.


5 Cara Menata Rumah Kecil Biar Rapi dan Terlihat Indah
Ilustrasi. Foto by : Tribunnews.com

Sebisa mungkin jadwal tersebut harus dipatuhi dan dijalankan sepanjang hayat. Jangan lupa ketika melakukan kegiatan bersih-bersih rumah pastikan sampai tuntas agar hasilnya juga memuaskan.

Silakan dipetakan bagian mana saja di rumah yang harus dibersihkan setiap hari. Termasuk melakukan penyikatan kamar mandi yang jika dibiarkan kotor tidak hanya merusak pandangan tetapi juga menimbulkan masalah kesehatan.

Info Menarik Lainnya : Cara Menata Dapur yang Kecil agar Terkesan Luas & Nyaman

3. Pasang Wallpaper yang Menarik

Cara menata rumah kecil biar rapi yang ketiga adalah pasang wallpaper yang menarik di setiap dinding yang kosong. Jika pemilik rumah piawai memainkan elemen ini, tentu penataan ruang akan terlihat lebih ikonik dan menarik. Lihat salah satu contohnya pada foto dibawah ini. Wallpaper dengan pemandangan hutan bambu itu membuat tampilan ruangan jadi lebih adem dan alami.


5 Cara Menata Rumah Kecil Biar Rapi dan Terlihat Indah
Ilustrasi. Foto by : Safirainterior.com

Sekalipun demikian terlebih dahulu harus diperhatikan detail dinding yang akan digunakan sebagai latar belakang wallpaper. Jika perlu, list dulu dari segi warna dinding dan bahan sebelum mulai menentukan wallpaper yang akan digunakan.

Artinya, jika ingin menggunakan wallpaper silahkan perbaiki dulu dindingnya jika dirasa warnanya terlalu gelap. Sebab, dinding yang tepat untuk sket, warnanya adalah warna netral seperti putih, kuning dan hijau yang terkesan lebih cerah.

Info Menarik Lainnya : 5 Desain Interior Apartemen Studio ini Boleh Anda Tiru

4. Sekat Satu Ruang Multifungsi

Untuk mempermudah penataan rumah yang kecil silakan buat satu ruang multifungsi yang di dalamnya berisi perabotan yang sesuai. Artinya untuk ruang semacam ini pemilik rumah tidak perlu untuk membuat sekat-sekat yang tidak berguna.

Nah, efek dari desain ruang semacam ini adalah ukuran ruangan lebih lapang sehingga proses penataan perabotan di dalamnya juga jauh lebih mudah. Pemilik rumah juga bisa mengirit biaya dibandingkan harus membuat beberapa ruang yang berbeda-beda.

Jika ingin mencoba penataan semacam ini silakan gabungkan terlebih dahulu antara dapur dengan ruang makan. Bisa juga dengan meletakkan ruang tamu dengan ruang keluarga menjadi satu ruangan. 

Lihat contohnya pada foto dibawah ini.


5 Cara Menata Rumah Kecil Biar Rapi dan Terlihat Indah
Ilustrasi. Foto by : Pinterest.com.

Info Menarik Lainnya : 5 Pilihan Sofa Minimalis Modern untuk Ruang Tamu Kecil

5. Tata Ruang ala Minimalis

Jika ingin menata ruang supaya lebih rapi dan tidak membosankan, silakan sekat ruang dengan sangat sederhana atau minimalis. Sedangkan salah satu tekniknya ialah jangan terlalu banyak menempatkan perabotan di dalam satu ruang.


5 Cara Menata Rumah Kecil Biar Rapi dan Terlihat Indah
Ilustrasi. Foto by : Idntimes.com

Jika teknik ini dijalankan bukan hanya ruang yang terlihat lapang dan segar dilihat, tetapi ada banyak bagian ruang yang tersisa yang bisa ditempatkan perangkat-perangkat lain. Artinya jika desain ruang minimalis, cara penataannya menjadi lebih mudah.

Jadi tunggu apalagi silakan terapkan cara menata rumah kecil biar rapi di atas. Sebuah teknik yang mudah dan murah, karena si pemilik rumah tidak perlu menyewa jasa interior profesional untuk melakukannya.

Semoga artikel singkat ini dapat bermanfaat untuk Anda semua.

Post a Comment for "5 Cara Menata Rumah Kecil Biar Rapi dan Terlihat Indah "