Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML Atas

Ide Kamar Mandi Lantai Batu Kerikil, ini Cara Menatanya

Kamar mandi lantai batu kerikil - Saat ini cukup banyak orang yang menggunakan batu kerikil untuk mendesain kamar mandi mereka. Ada beberapa alasan yang membuat mereka memilih batu alam tersebut. Diantaranya karena batu kerikil akan membuat tampilan kamar mandi jadi terlihat lebih alami dan artistik. Selain itu batu kerikil juga lebih mudah perawatannya (daripada keramik).

Ide Kamar Mandi Lantai Batu Kerikil

Biasanya batu kerikil yang sering dipakai adalah jenis koral. Nah saat memasang batu kerikil ini dibutuhkan seni tersendiri dalam menatanya. Hal ini bertujuan agar bebatuan itu menimbulkan kesan yang unik, dan juga artistik pada kamar mandi tersebut.

Berikut ini ada beberapa cara menata kamar mandi lantai batu kerikil yang artistik.

Anda boleh memilih salah satu cara yang paling Anda sukai. 

Langsung saja di simak ulasan selengkapnya yuk!

Cekidot!

1. Dibuat Menjadi Keset atau Alas


Ide Kamar Mandi Lantai Batu Kerikil Ini Cara Menatanya
Ilustrasi. Foto by : Coolcreativity.com


Dengan dibuat menjadi keset atau alas untuk kamar mandi, biaya yang dibutuhkan tidak banyak, serta bisa dibuat sendiri tanpa bantuan tukang.Untuk membuat alas dari batu kerikil yang dibutuhkan hanyalah batu, keset karet, dan juga lem serbaguna. 

Cara membuatnya juga sangat mudah, yaitu hanya memberikan lem pada batu dan tempelkan pada keset sesuai pola yang diinginkan. Jika tidak ingin dijadikan seperti alat refleksi, disarankan untuk memakai bagian yang pipih saja.

2. Disebar tak Beraturan


Ide Kamar Mandi Lantai Batu Kerikil Ini Cara Menatanya
Ilustrasi. Foto by : Behance.net

Desain ini biasanya dipakai untuk taman, pinggiran kolam dan sebagainya. Namun banyak juga yang memakai desain ini agar membuat kamar mandi lebih estetik. Terlebih lagi jika menggunakan bath up, karena hanya dengan menebarkannya saja sudah bisa membuat kamar mandi jauh lebih artistik. Amat disarankan untuk memakai batu dengan warna serupa dan bentuk yang sama besar.

Selain digunakan langsung di lantai, desain yang satu ini juga cocok dipadupadankan dengan kayu atau batu yang lain. Selain itu, jika memiliki kamar mandi atau toilet dengan nuansa outdoor, bisa juga dipadukan dengan keramik besar sebagai pijakan dan sebarkan kerikil di sekelilingnya.

Info Menarik Lainnya : 5 Motif Keramik Kamar Mandi Terbaru yang Sedang Trend

3. ‘Ditanam’ dengan Semen


Ide Kamar Mandi Lantai Batu Kerikil Ini Cara Menatanya
Ilustrasi. Foto by : Hgtv.com

Yang satu ini paling umum dan paling banyak digunakan sebagai desain kamar mandi lantai batu kerikil. Karena selain mudah, untuk yang tidak tahan karena kaki ‘ditusuk’ oleh batu, desain yang satu ini bisa dijadikan solusi. Selain untuk lantai, desain ditanam seperti ini juga bisa digunakan untuk dinding, sehingga bisa menghasilkan kesan yang lebih artistik.

Untuk pemasangannya pun cukup mudah, dan tidak terlalu memakan banyak waktu. Hanya tinggal menempel kerikil pada semen, lalu setelah itu isi rongga antar kerikil dengan semen, tepuk-tepuk hingga benar-benar menempel dan tunggu hingga mengering.

Dibandingkan yang pertama, karena sering terkena air dan terletak di dalam, sehingga lama kelamaan akan menjadi licin. Cara membersihkannya sama dengan keramik, yaitu disikat. Jika ingin digunakan selain di dinding, amat disarankan untuk memakai batu berwarna selain putih untuk menghindari terlihat kotor.

Info Menarik Lainnya : 6 Desain Wastafel Kamar Mandi Minimalis Terbaru, Lihat Yuk!

4. Dibuat dengan Pola Tertentu


Ide Kamar Mandi Lantai Batu Kerikil Ini Cara Menatanya
Ilustrasi. Foto by : Pinterest.com

Hampir sama dengan yang sebelumnya, namun kali ini cobalah untuk membuatnya lebih menarik. Jika desain sebelumnya hanya ditempel saja dengan semen, desain yang ini bisa dibuat dengan gambar atau pola yang sesuai dengan keinginan si pemilik rumah. Biasanya lantai yang diberi pola seperti ini digunakan untuk rumah dengan desain klasik.

Cara yang digunakan pun hampir sama, bedanya setelah lantai diberi semen, taruh kertas yang sudah dilubangi pada semen tersebut dan tempel kerikil sesuai pola yang diinginkan. Setelah itu tepuk-tepuk hingga menempel, angkat kertas pola lalu isi rongga dengan semen dan tunggu hingga kering.

Info Menarik Lainnya : 5 Rekomendasi Model Kamar Mandi dan WC Sederhana

5. Padupadankan dengan Keramik


Ide Kamar Mandi Lantai Batu Kerikil Ini Cara Menatanya
Ilustrasi. Foto by : Houzz.com

Selain dibuat dengan pola, desain yang satu ini juga patut untuk dipertimbangkan. Karena selain lebih mudah dari sisi pemasangan, desain ini juga tidak memakan banyak waktu. Hanya tinggal menempel keramik sesuai keinginan, lalu mengisi bagian lain dengan kerikil, lalu lakukan seperti cara sebelumnya  dan beres! Kamar mandi pun terlihat cantik dan apik.

Itulah beberapa desain untuk kamar mandi lantai batu kerikil yang bisa diterapkan di rumah. Selain membuat kamar mandi menjadi lebih cantik, batu kerikil juga bisa meningkatkan kesehatan, karena ketika menginjaknya secara tidak langsung sudah melakukan pijat refleksi pada kaki.

Info Menarik Lainnya : 6 Langkah & Cara Pasang Keramik Kamar Mandi Yang Benar

Namun patut diingat, batu kerikil yang dipakai harus berukuran kecil dan saat pemasangan harus dibuat agak menonjol sehingga ketika menginjaknya akan terasa di kaki.

Semoga artikel singkat ini dapat bermanfaat untuk Anda semua.

Post a Comment for "Ide Kamar Mandi Lantai Batu Kerikil, ini Cara Menatanya "