Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML Atas

5 Model Pintu Rumah Kupu Tarung ini Layak Untuk Anda Pilih

Model pintu rumah kupu tarung - Ukiran khas buatan Indonesia memiliki penggemar tersendiri yang cukup loyal. Peminatnya tidak hanya berasal dari Indonesia, bahkan banyak juga yang berasal dari luar negeri. Di Indonesia ada salah satu daerah yang terkenal sebagai penghasil ukiran terbaik, yakni kota Jepara. Banyak hasil ukiran dari kota tersebut yang diaplikasikan ke berbagai bentuk produk furniture. Salah satu diantaranya adalah model pintu rumah kupu tarung.

Model pintu kupu tarung dinilai sangat efektif dalam meningkatkan sirkulasi udara di dalam rumah. Hal ini disebabkan karena ukuran pintu ini yang cukup besar, sehingga dapat mengalirkan hawa udara yang banyak ketika pintu itu dibuka. Selain berfungsi sebagai 'pengatur' sirkulasi udara, pintu kupu tarung ini juga akan menambah nilai estetika sebuah rumah.

Jadi bila pintu utama sebuah rumah menggunakan model pintu kupu tarung ini, maka tampilannya akan tampak lebih berkelas (elegan dan mewah). Itulah sebabnya, model pintu ini banyak dipakai oleh rumah-rumah yang bergaya modern. Mulai dari rumah masyarakat kebanyakan, hingga rumah mewah kalangan menengah keatas. Kini banyak diantara mereka yang menggunakan pintu model kupu tarung ini.

Mungkin ada diantara Anda yang bertanya: "Seperti apa sih model pintu rumah kupu tarung itu?"

Pintu dengan model kupu tarung adalah pintu yang terdiri dari dua daun pintu yang berlawanan. Model ini dibentuk seperti sayap kupu-kupu. Untuk menyatukan kedua daun pintu tersebut, disatukan oleh kunci manual. Bila ingin membukanya, cukup dibuka salah satu sisi daun pintu tersebut.

Model pintu ini sebenarnya sudah digunakan orang sejak zaman dahulu. Untuk rumah modern sendiri, menggunakan beberapa modifikasi bentuk yang lebih modern dan berkelas. Khususnya pada rumah minimalis. Daun pintu pada sisi yang lain berfungsi sebagai penahan daun pintu yang dibuka tersebut.

Model pintu ini dibedakan menjadi dua ukuran untuk rumah minimalis dan rumah mewah. Adapun untuk rumah minimalis menggunakan ukuran pintu 120 x 4 x 240cm,  dan rumah mewah menggunakan ukuran pintu sebesar 160 X 4 X 250 cm. Selain dari ukuran, penggunaan motif pun turut membedakan

Penggunaan model pintu tersebut untuk rumah mewah, terlihat dari penggunaan motifnya. Rumah mewah menggunakan motif ukiran dengan bahan kayu jati kualitas premium, sementara pada rumah minimalis bermotif lebih sederhana, tidak terlalu polos, namun tetap menampilkan sisi elegan

Beberapa Model Pintu Rumah Kupu Tarung Terbaik

Sebagaimana penjelasan sebelumnya,  model pintu rumah kupu tarung dibedakan peruntukannya untuk rumah minimalis dan rumah mewah. Pada penggunaan untuk rumah mewah seringkali menggunakan ukiran kayu jati. 

Berikut ini beberapa referensinya:

1. Pintu Model Kupu Tarung dengan Ukiran Mewah pada Kusen


5 Model Pintu Rumah Kupu Tarung ini Layak Untuk Anda Pilih
Ilustrasi. Foto by : Kiswa_Mebel (Instagram).


Model pintu rumah kupu tarung ini terlihat mewah oleh ukiran pada kusen dan palang pintu. Pilihan ukiran ini menjadi salah satu pilihan favorit untuk rumah mewah yang bergaya artistik dan klasik. Detail ukiran yang rumit menambah kesan rumah mewah bernilai seni tinggi.

2. Pintu Model Kupu Tarung Dengan Kaca Ornamen


5 Model Pintu Rumah Kupu Tarung ini Layak Untuk Anda Pilih
Ilustrasi. Foto by : Homedepot.com

Model pintu yang satu ini sangat cocok digunakan pada rumah mewah. Pasalnya, penggunaan ukiran Jepara yang dikombinasikan dengan kaca ornamen yang elegan membuat rumah lebih berkelas dan artistik. Terlebih jika menggunakan pintu dari kayu jati berkualitas premium.

Info Menarik Lainnya : Ukuran Kusen Pintu dan Jendela Rumah Minimalis Yang Ideal

3. Pintu Model Kupu Tarung Dengan Ornamen Ukiran Mewah


5 Model Pintu Rumah Kupu Tarung ini Layak Untuk Anda Pilih
Ilustrasi. Foto by : Amberwooddoors.com

Model yang satu ini menggunakan ornamen yang khas dengan ukiran dari Jepara. Detail ukiran yang mewah menambah pintu ini menjadi berkelas. Khususnya digunakan pada rumah mewah dan besar. Ukiran tersebut akan terlihat lebih atraktif untuk digunakan pada rumah tersebut.

Info Menarik Lainnya : Cara Membuat Ventilasi Udara di Atap Rumah, Simak Yuk!

4. Pintu Model Kupu Tarung Dengan Ornamen Lengkungan


5 Model Pintu Rumah Kupu Tarung ini Layak Untuk Anda Pilih
Ilustrasi. Foto by : Pinterest.

Walaupun gambar yang digunakan bukan pintu untuk rumah namun model yang satu ini bisa dijadikan inspirasi pintu rumah. Selama ini sering ditemukan pintu rumah berbentuk persegi panjang. Oleh sebab itu, model pintu dengan ornamen lengkungan ini bisa dijadikan alternatif pilihan untuk pintu yang unik.

5. Pintu Model Kupu Tarung dengan Kaca Ornamen Oval

5 Model Pintu Rumah Kupu Tarung ini Layak Untuk Anda Pilih
Ilustrasi. Foto by : Homedepot.com

Walaupun sedikit lebih mahal, namun penggunaan kaca ornamen dapat membuat pintu tersebut lebih mewah, ditambah bentuknya yang oval menambah sisi keunikan pintu itu sendiri. Dengan demikian, pintu ini masuk ke dalam daftar pintu model kupu tarung dengan ukiran yang paling diminati.

Info Menarik Lainnya : Cara Membuat Dinding Unfinished (Berkesan Klasik & Unik)

Menggunakan model pintu rumah kupu tarung untuk hunian merupakan gabungan kemewahan dan juga keindahan nilai estetikanya. Terlebih penggunaan ukiran pada model pintu ini, setiap orang akan paham betul bahwa pintu tersebut sangat berkelas sehingga membuat tampilan rumah menjadi lebih mewah.

Semoga artikel singkat ini dapat bermanfaat untuk Anda semuanya.

Post a Comment for "5 Model Pintu Rumah Kupu Tarung ini Layak Untuk Anda Pilih "