Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML Atas

5 Desain Pagar Balkon Minimalis Modern ini Keren Banget

Pagar balkon minimalis modern - Balkon sudah lazim ditemui pada rumah-rumah bertingkat zaman sekarang. Kebanyakan rumah bertingkat (terutama dikawasan perkotaan) biasanya memiliki balkon dibagian atasnya. 

Balkon ini sendiri adalah semacam teras atas yang bentuknya menjorok keluar. Pada umumnya balkon ini terdapat pada bangunan rumah bertingkat. Mau rumah itu punya satu, dua, atau tiga tingkat, setidaknya (minimal) ada 1 balkon dibagian atasnya. Lihat contohnya pada foto dibawah ini.



5 Desain Pagar Balkon Minimalis Modern ini Keren Banget
Ilustrasi. Foto by : Rumahkuunik.com

Fungsi Pagar Balkon Minimalis Modern

Biasanya balkon ini berfungsi sebagai area terbuka tambahan dan memiliki cukup banyak fungsi. Tentang fungsinya sendiri, ya tergantung apa maunya si pemilik rumah. Ada yang membuat balkon sebagai tempat untuk menjemur pakaian. 

Biasanya ini dilakukan oleh pemilik rumah bertingkat yang berada di lingkungan yang sangat padat. Sehingga sama sekali tidak ada lahan baginya untuk menjemur pakaian dibagian bawah. Oleh karena itulah sengaja dia buat balkon minimalis untuk tempat menjemur pakaiaannya.

Ada juga orang lain yang membuat balkon sebagai sarana bersantai, sekaligus untuk memperindah bagian eksterior atas rumahnya. Tipe orang seperti ini biasanya suka menaruh berbagai tanaman hias dan beberapa tempat duduk dibalkon tersebut. Sehingga dia bisa bersantai dan bercengkerama dengan anggota keluarnya sambil melihat pemandangan disekitar rumahnya. 

Dengan adanya berbagai tanaman hias dan tempat duduk yang diletakkan sedemikian rupa, sehingga warga sekitar bisa melihat betapa asri, asyik, dan hangatnya keluarga tersebut.

Nah, itulah diatas beberapa contoh kegunaan dari balkon. Lalu, hal apa saja yang penting untuk diperhatikan pada balkon ini?  

Kemudian, mengingat balkon ini posisinya berada di tingkat atas, maka segi keamanannya tentu sangat penting untuk diperhatikan. Oleh sebab itu, diperlukan adanya pagar balkon. Tujuannya agar anak-anak atau orang yang sudah lansia tidak sampai jatuh ke bawah. Karena mereka inilah yang paling rawan terjatuh jika berada diatas balkon tersebut. Tau sendiri sifat anak-anak yang suka pecicilan dan kurang hati-hati, sedangkan kalau lansia biasanya awas karena faktor usia.

Selain guna keamanan, pagar balkon juga dapat berfungsi untuk memperindah tampilan eksterior sebuah rumah. Makanya jangan heran jika banyak orang yang memasang pagar balkon dengan berbagai macam bentuk dan desain. 

Oleh karena itu, jika Anda ingin memasang pagar balkon, maka juga penting untuk memperhatikan desainnya. Gunanya agar pagar balkon tersebut 'matching' dengan gaya rumah Anda, sehingga tampilannya jadi serasi dan sesuai dengan keinginan Anda.

Syarat Pagar Balkon yang Berkualitas Baik dan Aman

Aspek keselamatan dan kenyamanan penghuni rumah harus menjadi prioritas utama dalam memasang aksesoris rumah. Sama halnya ketika memasang pagar atau railing untuk balkon. Ukuran dan pemasangannya harus sesuai dengan standar keselamatan.

Sebenarnya ketinggian pagar dapat disesuaikan dengan kebutuhan balkon. Namun untuk standarnya, pagar balkon harus memiliki tinggi setidaknya 90 cm. Hal ini patut diutamakan, mengingat balkon ini harus aman untuk anak-anak dan orang lansia.

Hal selanjutnya yang harus diperhatikan yaitu; agar memilih bahan pagar balkon yang kuat dan kokoh. Biasanya, pagar balkon kebanyakan terbuat dari bahan besi baja atau kayu yang kokoh. Jika ingin menggunakan pagar kaca, maka sebaiknya pilihlah bahan kaca yang kuat untuk menahan beban, dan juga tidak mudah pecah.

5 Contoh Pagar Balkon Minimalis Modern

Setelah mengetahui standar pemasangan pagar balkon yang baik, maka pembahasan selanjutnya adalah beberapa desain pagar balkon minimalis modern yang dapat dijadikan inspirasi. Berikut daftarnya:

1. Pagar Balkon Motif Abstrak

 

 

5 Desain Pagar Balkon Minimalis Modern ini Keren Banget


Desain pagar balkon dengan motif abstrak ini akan sangat cocok untuk para pemilik rumah yang menginginkan pagar yang anti-mainstream. Pagar dengan desain seperti ini dapat dibuat dari bahan besi yang kokoh.

Motif lubang udara yang berbentuk abstrak ini akan menambah kesan unik dan menambah kesan tersendiri di hunian minimalis.

Info Menarik Lainnya : 8 Gambar Railing Balkon Klasik (Cocok Untuk Rumah Minimalis)

2. Pagar Balkon Berbentuk Jaringan Sel

 

 

5 Desain Pagar Balkon Minimalis Modern ini Keren Banget
Ilustrasi. Foto by : Eurobeton.be

Sesuai dengan namanya, desain pagar ini berbentuk seperti jaringan-jaringan sel yang biasanya terlihat dari mikroskop. Dengan desain pagar seperti ini maka rumah atau balkon akan terlihat lebih mewah dan berkelas.

Lubang udara yang jarang-jarang ini akan membuat sirkulasi udara dari dalam luar rumah ke luar atau sebaliknya menjadi lebih baik. Dengan lubang yang besar ini pula, pemandangan di luar balkon akan terlihat dengan jelas tanpa terhalang.

Info Menarik Lainnya : 8 Motif Keramik Teras Depan Rumah Minimalis Terbaik

3. Pagar Balkon Rapat dari Kayu

 

5 Desain Pagar Balkon Minimalis Modern ini Keren Banget

 

Pagar balkon dengan jarak penutup yang rapat-rapat ini pastinya akan membuat privasi penghuni rumah terjamin. Desain ini sangat cocok untuk ditempatkan di balkon rumah perkotaan besar atau perumahan yang padat. Dengan pagar ini, maka penghuni rumah tidak perlu khawatir lagi jika ingin bersantai dengan tenang di balkon sambil berjemur.

Info Menarik Lainnya : Desain Pagar Balkon Minimalis Terbaru Yang Direkomendasikan

4. Pagar Balkon yang Melekuk-lekuk

 

5 Desain Pagar Balkon Minimalis Modern ini Keren Banget
Ilustrasi. Foto by : Pagarbesitempamewahklasik.wordpress.com

 

Pagar balkon berbentuk seperti lekukan tirai ini pastinya akan memberikan kesan artistik dan modern pada rumah. Lekukan dan desainnya yang unik akan menarik perhatian yang melihatnya. Dengan desain seperti ini, maka akan ada bagian balkon yang terbuka dan tertutup sehingga dapat menyesuaikan dengan kebutuhan penghuni.

Info Menarik Lainnya : Profil Kayu Pegangan Tangga yang Kuat, Unik dan Menarik

5. Pagar Balkon Kaca

 

5 Desain Pagar Balkon Minimalis Modern ini Keren Banget
Ilustrasi. Foto by : Yurihomes.com

 

Pagar balkon kaca tentunya sudah banyak sekali ditemukan di mana-mana. Mulai dari mall hingga ke perumahan-perumahan menggunakan pagar balkon dari bahan kaca.

Tak heran jika banyak yang menggunakannya. Pagar balkon ini memang sangat menunjang tampilan modern dan minimalis di rumah. Selain itu, tampilannya yang transparan akan memudahkan penghuni rumah untuk melihat pemandangan luar balkon.

Sekian pembahasan mengenai desain pagar balkon minimalis modern. Semoga desain yang ditampilkan di atas dapat menjadi inspirasi dalam memilih pagar balkon, serta semoga informasi yang diberikan jelas dan bermanfaat.

Penulis by : Bang izal.

Post a Comment for "5 Desain Pagar Balkon Minimalis Modern ini Keren Banget"