Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Cara Menata Taman Depan Rumah Agar Tampak Asri & Indah

Cara menata taman depan rumah - Setiap kediaman pribadi biasanya memiliki sebidang tanah pada bagian depan rumah. Dalam kehidupan sehari-hari, tanah didepan rumah ini biasa disebut pelataran atau halaman rumah.

Ada sebagian kecil orang yang memiliki halaman rumah yang sangat luas sekali. Mereka ini merupakan masyarakat dari kalangan menengah ke atas. Dan ada juga orang yang hanya memiliki halaman rumah seluas beberapa meter saja. Kebanyakan masyarakat Indonesia termasuk dari golongan yang terakhir ini.  

Lalu, apa sebenarnya fungsi dari halaman rumah?

Pada umumnya halaman rumah digunakan orang sebagai pelataran rumah dan tempat untuk memarkir kendaraan.  Tapi ada fungsi lainnya dari halaman rumah yang tidak kalah penting, yaitu sebagai ruang terbuka hijau alias taman rumah Anda.

Taman di halaman rumah ini menjadi penting karena selain menyehatkan dan membuat udara disekitar rumah Anda menjadi segar, juga dapat memperindah tampilan rumah Anda. Siapa sih orang yang tidak suka melihat aneka tanaman hias berjejer dengan rapi didepan rumah? Tidak hanya Anda saja yang suka melihatnya, bahkan para tamu pun pasti akan jadi senang berkunjung ke rumah Anda dengan adanya taman tersebut.  

Nah, untuk bisa menghasilkan taman rumah yang indah, maka diperlukan sentuhan seni tersendiri dalam menatanya.

Cara menata taman depan rumah agar tampak asri dan indah

Cara menata taman depan rumah bukan hanya dilakukan agar semua elemen-elemen taman bisa muat. Tetapi, penataan juga bertujuan untuk memberikan tampilan estetis pada penampakan depan rumah. Penataan yang baik bisa memberikan sentuhan asri dan efek menenangkan bagi siapapun yang melihatnya.

Penasaran penataan seperti apa yang bisa menghadirkan estetika pada tanaman maupun teras rumah?

Yuk simak beberapa cara terbaik dalam menata taman depan rumah berikut ini

Cekidot!

1. Tata Secara Vertikal

Bosan dengan pemandangan taman yang begitu-begitu saja? Coba deh mengubah tatanannya secara vertikal. Cara menata taman depan rumah secara vertikal sangat populer di luar negeri karena keterbatasan halaman pemilik rumah. Lihat salah satu contohnya pada foto dibawah ini.


5 Cara Menata Taman Depan Rumah Agar Tampak Asri & Indah
Ilustrasi. Foto by : Homebnc.com

Namun, siapa sangka, selain menjadi solusi taman sempit, penataan dengan cara ini juga menjadikan taman semakin estetis. Beberapa cara yang bisa dicoba untuk tatanan vertikal adalah menggunakan tanaman rambat pada dinding atau menyusun pot di rak.

2. Jejerkan Pot Kecil Hingga Besar

Menggunakan satu ukuran pot pada taman memang akan membuat tampilan terlihat rapi, apalagi jika tanaman yang ditanam berukuran sama. Namun, sebenarnya menggunakan pot berbagai ukuran, mulai dari ukuran kecil hingga besar akan menambah nilai estetika taman. Tentu saja, harus dibarengi dengan cara menata yang benar. Lihat contohnya dibawah ini.


5 Cara Menata Taman Depan Rumah Agar Tampak Asri & Indah
Ilustrasi. 

Cara menata taman depan rumah menggunakan varian ukuran pot cukup simpel dimana pot-pot diatur secara berjenjang. Posisikan pot yang paling kecil di bagian depan, kemudian disusul pot yang lebih besar di belakang, hingga yang paling besar. Cara ini akan membuat keindahan semua bunga terlihat tanpa ada yang tertutupi.

Info Menarik Lainnya : Cara Menata Batu di Taman Agar Terlihat Asri & Cantik

3. Gantung Pot

Cara menata taman depan rumah tidak harus dengan meletakkan pot pada tanah atau ubin. Namun, bisa juga dengan menggantung pot pada tiang, dinding, bahkan atap rumah. Hal ini sekaligus bisa menjadi solusi bertanam di taman yang sempit. Menggantung pot bisa memberikan tampilan unik nan estetis pada rumah jika dipadukan dengan tanaman yang tepat.

Lihat foto ilustrasinya dibawah ini.


5 Cara Menata Taman Depan Rumah Agar Tampak Asri & Indah
Ilustrasi. 

Pada dasarnya, semua tanaman berukuran kecil dan ringan bisa ditanam pada pot gantung, baik itu bunga, rumput, bahkan herba. Namun untuk tampilan yang memukau, pilih tanaman menjuntai atau lebat, misalnya sedum morganium, begonia, kembang anting-anting, dan bunga pukul sembilan.

Info Menarik Lainnya : Ingin Berkebun di Atap Rumah? Cobalah 5 Tanaman Ini

4. Manfaatkan Sebagai Pembatas Jalan (Walkway Border)

Berjalan ke arah pintu rumah sambil diiringi oleh berbagai bunga di sisi kiri dan kanan akan terasa menyenangkan bukan? Nah, cobalah untuk menata taman depan rumah membentuk border untuk jalan setapak seperti itu. Baiknya, tanaman ditumbuhkan langsung dari tanah tanpa menggunakan pot. Lihat foto ilustrasinya dibawah ini.


5 Cara Menata Taman Depan Rumah Agar Tampak Asri & Indah
Ilustrasi.

Namun, jika halaman depan rumah sudah terlanjur beralaskan ubin, tanam bunga pada pot atau container rendah. Lalu, jejerkan pot-pot  tersebut mulai dari pagar hingga ke depan pintu rumah. Jenis tanaman yang bisa digunakan sebagai border diantaranya, geranium, alyssium, sambaing getih, dieffenbanchia, krokot putih, lili paris, dan sutra Bombay.

Info Menarik Lainnya : Rekomendasi Tanaman Hias untuk Halaman Rumah Minimalis

5. Tata Dengan Berbagai Bentuk

Cara menata taman depan rumah yang paling umum adalah dengan menempatkan berbagai bunga pada satu sudut, atau mengapit kedua pintu. Padahal ada banyak desain yang bisa ditiru untuk menjadikan taman pusat perhatian. 

Misalnya saja dengan menyusun tanaman berbentuk lingkaran, dimana satu tanaman besar sebagai pusatnya dan dikelilingi deretan tanaman rendah. Atau dibuat dengan model taman seperti dibawah ini.


5 Cara Menata Taman Depan Rumah Agar Tampak Asri & Indah
Ilustrasi.

Bentuk lain yang mudah diterapkan adalah persegi dan hati. Lalu,selain tanaman atau pot besar, penggunaan ornamen seperti air mancur sebagai pusatnya tidak akan mengurangi estetika taman. Bahkan fitur ini bisa membuat taman terasa lebih hidup.

Ada banyak cara menata taman depan rumah yang bisa diaplikasikan. Namun, beberapa cara di atas bisa diterapkan baik pada taman yang luas maupun yang kecil. 

Nah gimana? Apakah Anda sudah menentukan dan ingin mencoba model taman yang mana diantara daftar diatas? Yuk langsung aja kita action dirumah masing-masing! 😉

Post a Comment for "5 Cara Menata Taman Depan Rumah Agar Tampak Asri & Indah"