Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML Atas

Cara Mengajukan Pinjaman di Tokopedia (Cepat Cair & Mudah)

Cara mengajukan pinjaman di Tokopedia - Ada kabar gembira bagi pengguna Tokopedia yang membutuhkan tambahan modal usaha. Saat ini, ada fitur pinjaman online di Tokopedia. Dengan cara mengajukan pinjaman di Tokopedia yang mudah, pemilik usaha baik online shop atau usaha lainnya bisa mendapatkan tambahan modal dengan cepat.

Cara Mengajukan Pinjaman di Tokopedia Tidak Hanya Untuk Seller Saja

Semua pengguna Tokopedia bisa mengajukan pinjaman ini. Seperti apa sebenarnya pinjaman online di Tokopedia ini dan bagaimana prosedur serta bunganya? Simak penjelasannya di artikel berikut ini.

Solusi Modal Usaha dari Tokopedia


Cara Mengajukan Pinjaman di Tokopedia (Cepat Cair & Mudah)

Bisnis Tokopedia terus berkembang menjawab kebutuhan masyarakat. Selain untuk memenuhi kebutuhan belanja masyarakat, Tokopedia juga membantu masyarakat yang membutuhkan dana tambahan untuk modal usaha. Proses pengajuan yang mudah membuat Tokopedia percaya diri meluncurkan fitur pinjaman online ini.

Umumnya, pemilik bisnis online, usaha rumahan dan juga usaha kecil membutuhkan tambahan modal untuk mengembangkan usahanya. Namun di sisi lain, proses peminjaman modal usaha ke instansi keuangan seperti bank seringkali meminta agunan. Untuk usaha kecil atau rumahan, mereka umumnya tidak memiliki aset untuk diagunkan.

Menjawab kebutuhan masyarakat akan modal usaha yang bisa didapatkan dengan mudah, Tokopedia bekerja sama dengan perusahaan Fintech. Mitra Tokopedia untuk pinjaman online ini cukup banyak dan rata-rata tidak membutuhkan persyaratan yang rumit. Jadi, posisi Tokopedia disini adalah sebagai jembatan atau penghubung antara nasabah dan penyedia jasa pemberi pinjaman online.

Ada dua jenis pinjaman di Tokopedia yaitu Pinjaman Online dan Dana Instan. 

Pinjaman online adalah sebuah pinjaman mulai dari 1 juta -100 juta rupiah. Pinjaman online ini membutuhkan waktu persetujuan yang lebih lama karena besaran jumlah pinjamannya. Ini cocok untuk pemilik usaha yang membutuhkan tambahan modal tapi tidak ada masalah dengan waktu pengajuan.

Sedangkan dana instan sangat cocok untuk orang yang membutuhkan tambahan modal dalam waktu yang singkat. Besaran dana instan ini tentu tidak sebesar pada pinjaman online yaitu sekitar 600 ribu – 2,4 juta rupiah. Bunga pinjaman dana instan ini adalah sekitar 14-21% untuk jangka waktu hingga 21 hari.

Persyaratan Meminjam Modal Usaha di Tokopedia

Untuk bisa mengajukan pinjaman online di Tokopedia, ada sejumlah persyaratan yang harus dipenuhi. Namun, persyaratan ini bukanlah untuk Tokopedia karena Tokopedia hanya berstatus sebagai penghubung. Di sisi Tokopedia, semua orang bisa mengajukan pinjaman tanpa terkecuali.

Tetapi, persyaratan-persyaratan yang timbul adalah persyaratan dari mitra pemberi pinjaman. Maka, pengguna perlu menyetujui persyaratan bahwa beberapa data pengguna mungkin akan digunakan untuk proses pengajuan pinjaman ini.

Pengguna perlu memberikan otorisasi kepada Tokopedia. Otorisasi ini diperlukan oleh Tokopedia untuk memberikan informasi yang terkait dengan formulir pinjaman online yang nantinya akan diteruskan kepada mitra penyedia pinjaman.

Disarankan sebelum mengajukan pinjaman di fitur pinjaman online Tokopedia, pengguna harus membaca syarat dan ketentuan yang ada di laman Tokopedia. Hal ini untuk menghindari tuntutan dan juga menyamakan persepsi antara pihak peminjam dan Tokopedia.

Info Menarik Lainnya : Cara COD di Tokopedia, Mudah & Gak Pake Ribet

Cara Mengajukan Pinjaman di Tokopedia

Agar pengajuan pinjaman bisa berjalan lancar, pengguna perlu mengetahui cara mengajukan pinjaman di Tokopedia yang benar. Berikut ini cara-cara yang bisa dilakukan oleh pengguna:

1. Unduh Aplikasi Tokopedia di Smartphone

Fitur pinjaman online Tokopedia hanya tersedia pada aplikasi Tokopedia yang bisa di download diperangkat smartphone berbasis android. Pada smartphone, masuklah ke Google PlayStore kemudian download aplikasi Tokopedia.

Jika belum memiliki akun Tokopedia, buat dahulu akun dengan mendaftarkan email dan beberapa data lainnya. Namun jika sudah menjadi anggota, bisa segera login dengan memasukkan email dan password yang sudah terdaftar sebelumnya.

2. Pilih Pinjaman

Tentukan pinjaman mana yang sesuai dengan kebutuhan. Jika memerlukan modal usaha lebih dari 2,4 juta, bisa dipilih opsi Pinjaman Online. Selain nilai pinjaman lebih besar, jangka waktu pengembalian juga lebih lama.

Namun jika memerlukan modal usaha dalam waktu yang cepat dan tidak dalam jumlah besar, maka bisa dipilih opsi Dana Instan. Tenor pengembaliannya mulai dari 14-21 hari dengan bunga yang relatif lebih tinggi daripada pinjaman online.

Info Menarik Lainnya : Berapa sih Biaya Menjadi Official Store Tokopedia? Simak Yuk

3. Pemberian Data Pribadi di HP

Cara selanjutnya adalah memberikan akses atau otorisasi kepada Tokopedia untuk mengakses data pribadi di ponsel. Data pribadi yang dimaksud adalah nomor telepon Anda, lokasi dan juga otorisasi melakukan serta mengelola panggilan.

Otorisasi ini harus diberikan. Karena jika tidak Anda berikan, maka proses pengajuan tidak dapat dilanjutkan. Memang tampak sedikit memaksa, namun seperti itulah persyaratannya. Itulah sebabnya pengguna sebaiknya paham betul dengan syarat dan kondisi pengajuan pinjaman di Tokopedia.

4. Unggah KTP dan Foto

Tahap berikutnya adalah pengguna diharuskan mengunggah KTP dan foto. Tokopedia akan memberikan panduan bagaimana mengunggah KTP dan foto ini. Pastikan KTP dalam keadaan baik agar bisa terbaca saat dipindai dan diunggah. Sebenarnya, dokumen yang diperlukan untuk pinjaman ini hanyalah KTP. Cukup mudah, bukan?

Info Menarik Lainnya : Keuntungan Menjadi Mitra Tokopedia; Bisa Buka Warung Bareng

5. Isi Data-Data Diri

Setelah mengunggah KTP dan foto, calon peminjam akan diminta untuk mengisi formulir berisi informasi pekerjaan dan kontak darurat. Informasi pekerjaan yang harus diberikan adalah berupa nama perusahaan, jabatan, alamat kantor, lama bekerja serta nomor telepon kantor. Kontak darurat adalah nomor telepon keluarga atau kerabat.

6. Unggah Informasi Tambahan

Tokopedia meminta dokumen tambahan yang bisa dipilih salah satunya seperti foto dengan seragam kantor, slip gaji dan ID Card. Dokumen tambahan ini wajib diunggah namun tidak semuanya melainkan salah satu saja.

7. Ajukan Pinjaman

Setelah semua data selesai diisi, maka pengguna akan diarahkan ke laman Pinjaman. Cukup klik Cari Pinjaman lalu masukkan nominal yang diinginkan. Tokopedia akan langsung menentukan pilihan mitra pemberi pinjaman beserta tenor dan bunga yang nantinya harus dibayarkan. Begitu pula informasi tentang jumlah dana yang nantinya dicairkan.

Info Menarik Lainnya : Cara Mencicil Barang di Tokopedia Tanpa Kartu Kredit

Berbagai Keuntungan Meminjam Dana di Tokopedia

Selain cara mengajukan pinjaman di Tokopedia yang mudah, ada banyak keuntungan dari fitur pinjaman ini. Pertama yaitu usaha atau toko mendapatkan pinjaman yang lebih besar karena kredibilitas toko yang baik. Banyaknya pilihan mitra pemberi pinjaman juga membuat toko lebih leluasa membandingkan cicilan dan bunga.

Pinjaman yang didapat dari fitur pinjaman di Tokopedia bisa digunakan untuk menambah stok barang. Bisnis bisa berkembang dan semua permintaan yang masuk bisa terpenuhi karena stok produk selalu ada. Selain itu, pinjaman juga bisa digunakan untuk menambah karyawan. Bisnis menjadi lebih lancar karena beberapa tugas bisa didelegasikan ke karyawan baru.

Terakhir, dana yang didapat dari pinjaman online Tokopedia ini bisa digunakan untuk kegiatan promosi dan branding. Peningkatan penjualan bisa terjadi karena kegiatan promosi dan branding yang gencar. Dengan adanya tambahan dana, maka program-program promosi bisa terealisasi.

Kesimpulannya, cara mengajukan pinjaman di Tokopedia memang terbilang mudah dan cepat. Fitur pinjaman online ini sangat bermanfaat untuk pelaku usaha kecil seperti online shop baru, usaha rumahan kecil dan juga pedagang kecil untuk menambah modal usahanya.

Demikianlah info tentang cara mengajukan pinjaman di Tokopedia. 

Semoga bermanfaat.

Post a Comment for "Cara Mengajukan Pinjaman di Tokopedia (Cepat Cair & Mudah)"