Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML Atas

Berapa sih Biaya Menjadi Official Store Tokopedia? Simak Yuk

Biaya menjadi official store tokopedia - Seorang merchant (pedagang/seller) di sebuah marketplace tentu ingin tokonya banyak dikunjungi pelanggan. Namun, apa yang harus dilakukan agar merchant bisa menarik pelanggan? Tokopedia punya jawabannya. Dengan menjadi official store dan membayar biaya menjadi official store Tokopedia, merchant bisa lebih mudah mendapat pelanggan.


Berapa sih Biaya Menjadi Official Store Tokopedia? Simak Yuk
Beberapa contoh produk yang dijual oleh Merchant Official Store Tokopedia

Bagi marketplace, keberadaan merchant atau pedagang tidak kalah penting dengan pelanggan atau konsumen. Tanpa adanya merchant, pelanggan pun tidak akan mengunjungi marketplace. Untuk itulah, kesejahteraan dan ketenangan merchant juga perlu dijamin.

Demi memenuhi hal tersebut, Tokopedia pun memberikan pilihan bagi merchant untuk bisa menjadi official store. Dengan mengubah status toko menjadi official store, merchant bisa mendapatkan berbagai keuntungan. Tetapi, tidak semua merchant bisa mendapatkan status official store. Ada harga yang harus dibayar memperolehnya.

Nah, kira-kira berapa biaya menjadi official store Tokopedia? Dan bagaimana cara mengubah toko agar bisa mendapat status official?

Yuk simak ulasan selengkapnya dibawah ini.

Apa Itu Official Store?

Ketika mendaftar menjadi merchant di Tokopedia, terdapat tiga pilihan yang ditawarkan yakni regular merchant, power merchant, dan official store. Diantara ketiga pilihan tersebut, official store merupakan yang paling menguntungkan bagi merchant. Tapi, apa sebenarnya official store itu?

Official store adalah istilah yang merujuk pada sebuah layanan dari Tokopedia yang ditujukan pada seller terpilih supaya bisa mengembangkan usahanya secara eksklusif. Dengan menjadi sebuah official store seller bisa menjaring pembeli lebih banyak yang berdampak pada berkembangkan usaha.

Seperti yang diketahui bahwa official store merupakan level tertinggi yang bisa dicapai seorang merchant. Oleh karena itu, kualitas official store harus tetap dijaga.

Untuk itulah, sebuah merchant yang menyandang status official store harus memenuhi kewajibannya, yakni memastikan ketersediaan barang, originalitas, dan juga menjualnya dengan harga bersaing.

Keuntungan Yang Didapat

Menjadi sebuah official store merupakan hal yang sangat didambakan bagi setiap merchant. Hal tersebut dikarenakan tidak semua merchant bisa menyandang status sebagai official store. Selain itu, menjadi official store berarti merchant bisa menikmati berbagai privilege dan juga mendapat keuntungan. Apa saja, ya, keuntungan menjadi official store? Berikut diantaranya:

1. Mendapat Kepercayaan Pembeli

Salah satu kelebihan utama dari official store adalah kepercayaan pembeli. Tidak seperti jenis toko lain, official store memberikan berbagai kepastian kepada pembeli seperti kepastian keaslian barang, kepastian ketersediaan stok, dan juga harga produk.

Adanya kepastian tersebut, pastinya membuat pembeli lebih percaya kepada official store. Terlebih, kepastian tersebut dijamin sendiri oleh pihak Tokopedia. Hal ini membuat tingkat kepercayaan pembeli kepada official store melejit.

2. Promo Toko Maksimal

Setelah membayar biaya menjadi official store Tokopedia dan resmi menjadi bagian dari official store, merchant secara otomatis akan menjadi bagian dari promosi yang dilakukan Tokopedia. Artinya, toko yang dikelola merchant memiliki kesempatan yang besar untuk dikenal banyak pengguna Tokopedia.

Alhasil, penjualan produk pun meningkat, dan usaha merchant pun bisa berkembang dengan pesat.

3. Memiliki Relasi Manager

Dengan menyandang status sebagai official store, seorang merchant akan memperoleh banyak relasi manager Tokopedia yang berjumlah lebih dari 4000 manager. Nantinya, manager-manager tersebut akan membantu merchant dengan memberikan konsultasi seputar bisnis.

Biaya Yang Dikeluarkan Untuk Menjadi Official Store

Bagi setiap merchant, menyandang status sebagai official store tentu menjadi kebanggaan tersendiri. Selain memiliki kesempatan yang lebih besar dalam menjaring konsumen, merchant juga bisa menikmati berbagai fitur eksklusif official store.

Namun, untuk mendapatkan status tersebut, merchant harus melalui berbagai tahapan dan juga melakukan pembayaran kepada pihak Tokopedia. Biaya menjadi official store Tokopedia dibagi menjadi dua jenis, yakni biaya jasa dan biaya lain-lain. Berikut perinciannya:

1. Biaya Jasa

Biaya ini merupakan biaya yang dibayarkan oleh merchant dengan status official store secara rutin kepada Tokopedia. Besaran biaya jasa atau yang dibebankan dihitung berdasarkan total penjualan dan juga jenis produk yang dijual.

Untuk toko yang menjual produk otomotif, komisi yang harus dibayarkan oleh merchant berkisar di antara 2% hingga 5%. Artinya, jika total penjualan official store otomotif adalah 100 juta rupiah, maka dua hingga 5 juta rupiah akan diberikan kepada Tokopedia sebagai komisi.

Sedangkan untuk toko yang menjual produk kecantikan dan produk untuk hobi, komisi yang dibayarkan yakni 7,5% hingga 12%. Bagi merchant yang menjual barang-barang elektronik dan juga handphone, biaya yang harus dikeluarkan minimal adalah 2% dan maksimal yaitu 5%.

Untuk toko yang menjual produk pakaian dan fashion, pihak Tokopedia akan menarik 10 hingga 15% dari total penjualan sebagai komisi. Kemudian, bagi toko yang menjual perlengkapan bayi dan ibu, serta perlengkapan rumah, untuk menjadi official store, merchant diminta membayar komisi sebesar 5-8% dari total penjualan.

2. Biaya Lain-Lain

Sebelum resmi menjadi official store, biasanya merchant akan diminta untuk membayar biaya security deposit. Jumlah biaya yang harus dibayarkan oleh merchant adalah 1 juta rupiah.

Nantinya uang yang telah dibayarkan tersebut bisa dikembalikan kepada merchant, apabila kinerja merchant dalam mengelola toko dianggap baik dan bisa memenuhi kewajiban sebagai official store.

Apabila merchant tidak mampu melaksanakan kewajibannya, maka pihak Tokopedia akan mengevaluasi toko merchant dan mengurangi jumlah deposit yang dibayarkan di awal.

Lalu, kapankah biaya security deposit dibayarkan? Merchant diharuskan untuk melunasi biaya security deposit selambat-lambatnya sehari setelah penerbitan debit note.

Cara Menjadi Official Store

Dengan segala kelebihan yang dimiliki oleh official store, maka tidak heran jika banyak merchant yang berkeinginan untuk menjadi official store. Namun, sebelum merchant bisa mengubah status toko dari merchant reguler menjadi official store, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi terlebih dahulu, yakni:
  • Toko merek resmi atau toko yang memegang lisensi untuk memasarkan produk dengan merk atau brand tersebut.
  • Toko atau penjual yang memegang reputasi Gold 1, berjualan minimal enam bulan dan telah memiliki lisensi untuk menjual produk.
  • Barang yang dijual adalah barang resmi dan baru serta original.
  • Foto atau gambar yang diunggah telah sesuai aturan dari Tokopedia.
Melampirkan surat-surat yang dibutuhkan, seperti:
  1. Hak Merk Dagang (HAKI)
  2. NPWP Perusahaan
  3. SIUP (Surat Izin Usaha Perdagangan)
  4. Akta Perusahaan
  5. SKT (Surat Keterangan Terdaftar)
  6. SPPKP (Surat Pengukuhan Perusahaan Kena Pajak) khusus untuk perusahaan atau merchant yang terkena pajak
Apabila merchant telah memenuhi persyaratan yang diminta, merchant bisa langsung mendaftar menjadi official store. Caranya pun tidak sulit. Berikut langkah-langkahnya:
  • Pertama, masuk ke laman seller.tokopedia.com/edu/official-store
  • Lalu klik “Daftar Jadi Official Store”
  • Langkah selanjutnya adalah konfirmasi bahwa merchant telah mempersiapkan persyaratan yang dibutuhkan.
  • Kemudian, merchant akan diminta untuk mengisi berbagai data seputar identitas merchant, data pihak kedua, informasi toko, dan detail pembayaran.
  • Setelah itu, segera unggah segala persyaratan yang diminta oleh Tokopedia
  • Apabila persyaratan telah diunggah, merchant akan diminta untuk mengkonfirmasi ulang perjanjian kerjasama, melakukan pembayaran security deposit, memasukan produk, dan edit top content.
Setelah semua langkah dilakukan, merchant hanya perlu menunggu konfirmasi dari Tokopedia. Jika dalam 7 hari tidak ada tanggapan, berarti toko merchant masih belum sesuai dengan profil Tokopedia.

Menjadi official store berarti memperluas kesempatan untuk memperoleh konsumen dan meraih keuntungan sebesar-besarnya. Karena itulah, banyak merchant yang ingin memperoleh gelar dan status sebagai official merchant. Namun, merchant harus membayar biaya menjadi official store Tokopedia agar bisa memperoleh status tersebut.

Jadi, apakah Anda (para merchant) berminat menjadi bagian dari official store Tokopedia? Tentu ini adalah kesempatan emas yang saya kalau dilewatkan, jadi mau tunggu apa lagi? Yuk kita gabung! 😉
Demikianlah info tentang biaya menjadi official store tokopedia. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda semuanya.

Penulis by : Bang izal.

Post a Comment for "Berapa sih Biaya Menjadi Official Store Tokopedia? Simak Yuk"