Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML Atas

Ide Bisnis Titip Beli Barang Ibu Rumah Tangga, Simak Yuk!

Bisnis Titip Beli Barang Ibu Rumah Tangga - Tentu Anda pernah mendengar ungkapan "The Power of Kepepet". Ungkapan itu bermakna ketika seseorang dalam kondisi terdesak atau terjepit, maka justru di saat itulah muncul sisi kreatifitasnya. Hal ini sebenarnya didorong oleh naluri setiap manusia agar mampu bertahan di situasi yang genting.


Contohnya di saat kondisi yang sudah sangat mendesak akibat efek dari pandemi Covid-19 yang sepertinya masih terus berkepanjangan di Indonesia. Sampai saat artikel ini ditulis, wabah corona sudah berjalan hampir setahun di Indonesia. Selama jangka waktu itu, tidak sedikit imbas yang dirasakan oleh masyarakat Indonesia.

Entah sudah berapa banyak orang yang kehilangan pekerjaan akibat terkena PHK. Semua ini timbul akibat dari efek domino. Perusahaan tempat mereka bekerja tidak mampu membayar gaji karyawannya lagi. Penyebabnya karena banyak perusahaan yang produksinya terhenti akibat terdampak oleh pandemi ini. Sehingga para karyawannya terpaksa harus di PHK oleh perusahaan tersebut.

Lalu, apakah setelah terkena PHK lantas mereka tinggal diam dan hanya pasrah begitu saja?

Oh tentu saja tidak,,,, ungkapan "The Power of Kepepet" yang saya sebutkan diatas itu memang benar adanya. Disaat keadaan sangat genting karena suaminya terkena PHK, maka setiap ibu rumah tangga pasti akan berusaha melakukan usaha dan pekerjaan apapun, demi untuk membantu suami menafkahi anak dan keluarganya. Yang penting pekerjaan itu hasilnya halal.       

Nah, karena terdorong oleh kondisi yang kepepet tersebut, sehingga banyak ibu rumah tangga yang justru muncul ide-ide kreatifnya. Yup! Kini bermunculan orang-orang yang bisa menjalani usaha sendiri, termasuk kalangan ibu rumah tangga. Banyak ibu rumah tangga yang berusaha menciptakan pekerjaan sampingan, agar dapat memperoleh penghasilan tambahan.

Salah satu ide kreatif itu adalah menciptakan bisnis titip beli barang ibu rumah tangga.


Ide Bisnis Titip Beli Barang Ibu Rumah Tangga, Simak Yuk!
Ilustrasi. Foto by : Ide Bisnis Sukses (Youtube).

 

Mungkin Anda adalah salah satu ibu rumah tangga yang ingin memiliki usaha sampingan di rumah, atau ingin memiliki penghasilan tambahan setiap harinya. Jika iya, maka semoga ide usaha yang akan kita bahas berikut ini dapat menginspirasi Anda. Ide usaha ini muncul karena berdasarkan hobi yang dimiliki oleh sebagian kaum wanita.

Apa itu?

Yaitu berbelanja. 😀

Bagaimana Cara Sukses Memulai Usaha Titip Beli Barang Oleh Ibu Rumah Tangga?

Sepertinya tidak ada yang akan memungkiri kalau kita katakan bahwa ada sebagian wanita yang hobi berbelanja. Namun ada beberapa keadaan yang membuat mereka itu tidak dapat berbelanja sendiri. Misalnya mereka tidak berani berbelanja ke mall disaat pandemi Corona ini karena takut tertular. Mau berbelanja lewat online (marketplace), eh tetep gak bisa juga karena gaptek! Hehehe 😁

Bisa juga penyebab mereka tidak bisa berbelanja sendiri karena; tidak tahu link, channel (tempat/lokasi toko) untuk mendapatkan barang yang sedang mereka cari.

Nah, mereka diatas itulah yang akan jadi target utama untuk Anda tawarkan dalam jasa titip beli ini.

Jadi jika Anda seorang ibu rumah tangga yang memiliki banyak waktu luang untuk melakukannya, tersedia alat transportasi yang memadai, serta memiliki kemampuan untuk menawar harga barang dengan semaksimal mungkin, maka Anda cocok untuk menjalani usaha ini.

Masih cukup banyak orang yang memiliki uang berlebih dan ingin membeli sesuatu namun takut untuk keluar rumah saat pandemi. Atau terkendala karena kesibukan dan waktu yang terbatas. Biasanya mereka ini berasal dari kalangan menengah keatas.

Info Menarik Lainnya : 10 Peluang Usaha Untuk Ibu Rumah Tangga Modal 1 Juta

Oh iya, ada satu hal yang mesti dipahami disini. Jasa titip beli ini bukan berarti Anda ikut-ikutan harus membeli barang tersebut untuk diri sendiri. Karena tentu akan jadi terasa janggal ketika kondisi keluarga Anda yang sedang kesulitan ekonomi dan suami yang terkena PHK, kok Anda sendiri malah sibuk dan hobi berbelanja. 😂

Jasa titip beli disini bermakna Anda menawarkan pengetahuan dan keterampilan Anda berbelanja kepada orang lain. Jadi Anda menawarkan jasa untuk membelikan produk titipan orang lain, bukannya berbelanja produk untuk diri Anda sendiri. Oleh karena itulah, jika ingin menjalani bisnis jasa titip beli ini, maka Anda benar-benar harus paham selah, jalur, dan link/channel untuk mendapatkan barang titipan tersebut.

Misalkan ada orang yang menggunakan jasa Anda untuk nitip beli tas merek tertentu ke pasar pagi Mangga Dua Jakarta. Maka Anda harus tahu toko mana yang harga tasnya paling murah dan memiliki kualitas baik di pasar tersebut.

Jika ada klien yang menggunakan jasa Anda untuk titip belanja melalui online (marketplace), maka Anda harus paham seluk beluk cara berbelanja di marketplace tersebut. Dan yang terpenting lagi, Anda paham promosi apa saja yang ada di marketplace tersebut. Sehingga Anda dapat memanfaatkan setiap promo yang ada (seperti gratis ongkir, diskon, dll) secara maksimal.  

Disamping itu, bila Anda memiliki banyak relasi atau teman yang berada di berbagai wilayah. Anda dapat meminta bantuan mereka untuk membelikan beberapa barang titipan klien Anda tersebut. Ini perlu dilakukan dalam kondisi khusus, misalnya jika produk pesanan itu hanya tersedia di wilayah tertentu saja. Tentu Anda harus memberikan fee yang sesuai atas kerjasama tersebut.

Info Menarik Lainnya : 10 Usaha Rumahan yang Menjanjikan dan Tahan Segala Kondisi

Lalu bagaimana cara untuk memulai usaha ini, khususnya untuk ibu rumah tangga?

Berikut ini beberapa langkah penting yang harus Anda lakukan.

Siapkan diri Anda

Dalam hal ini Anda harus mengetahui beberapa tempat yang menjual barang-barang secara lengkap sekaligus dengan harga yang terjangkau. Anda bisa mulai mencarinya secara online atau offline. Atau bisa juga dengan meminta bantuan pada teman, saudara atau tetangga mengenai informasi toko yang menjual barang lengkap dengan harga grosir.

Buatlah daftar barang

Maksudnya adalah jenis atau kategori barang yang siap untuk Anda belikan untuk orang lain. Biasanya banyak orang yang akan memanfaatkan usaha jasa titip beli untuk pembelian beberapa barang seperti barang elektronik, make up, kebutuhan sehari-hari, gadget, buku hingga belanja kebutuhan dapur seperti sayuran dan lauk pauk.

Siapkan modal

Dalam hal ini tentu saja modal sangat diperlukan untuk memulai usaha. Karena biasanya calon konsumen hanya akan memberikan daftar barang yang ingin dibelinya kemudian akan memberikan pembayaran setelah barang ada di depan mereka.

Meski mungkin ada beberapa yang juga memberikan uang dimuka, namun tak ada salahnya untuk menyiapkan modal setidaknya untuk antisipasi ketika konsumen tak memberikan uang dimuka. Setelah belanja selesai Anda tinggal melakukan mark up pada harga produk yang Anda belikan untuk keuntungan Anda sendiri.

Survey sebelum membeli

Karena barang atau produk yang akan Anda beli adalah milik orang atau konsumen. Maka seharusnya bisa diupayakan untuk membeli barang dengan kualitas yang terbaik. Pastikan untuk melakukan survey toko sebelum Anda membelinya. Begitu juga saat Anda membeli barang tersebut secara online. Karena konsumen Anda pastinya hanya ingin mendapatkan barang yang bagus sesuai permintaannya.

Info Menarik Lainnya : 10 Usaha Sampingan Ibu Rumah Tangga, Direkomendasikan Untuk Penghasilan Tambahan

Apakah Peluang Dari Usaha Titip Beli Barang Ini Menjanjikan?

Banyak orang yang pesimis dengan usaha titip beli ini karena sudah banyak market place atau toko online yang bertebaran di luar sana. Namun menurut kami prospek dari usaha ini masih tetap terbuka lebar. Karena masih banyak orang yang terkendala waktu dan tempat karena kesibukan mereka. Banyak dari mereka yang ingin membeli atau membutuhkan suatu barang namun belum memiliki waktu yang pas untuk meluangkan waktu membelinya.

Dengan adanya jasa titip beli maka mereka bisa memberitahukan jenis barang apa saja yang ingin mereka beli kemudian mendapatkannya secepat mungkin. Berbeda dengan toko online atau market place yang membutuhkan waktu tersendiri untuk melakukan pengemasan sekaligus pengiriman.

Kemudian usaha jasa titip beli juga jauh lebih terpercaya ketimbang membeli secara online. Apalagi jika kebanyakan konsumen adalah tetangga, saudara atau teman kerja dari suami Anda. Tentunya mereka akan merasa jauh lebih aman dan nyaman ketika memesan pembelian barang pada Anda.

Dan barang yang akan didapat juga sudah pasti terjamin kualitasnya. Pasalnya konsumen memesan langsung pada usaha perorangan yang mana akan melayani kebutuhan konsumen secara maksimal dan terbaik kualitasnya. Berbeda dengan layanan bisnis online yang mana mereka menjual barang dengan harga murah namun tak berani menjamin kualitas barang yang dijualnya.

Itulah beberapa prospek yang dijanjikan dari peluang usaha titip beli yang bisa dijalani oleh ibu rumah tangga ini. Selain bisa dilakukan setelah para ibu rumah tangga selesai mengerjakan pekerjaan rumah tangganya.

Mereka juga bisa lebih rileks karena melakukan hobi mereka yaitu belanja meski untuk kebutuhan orang lain. Bahkan bisa saja ada keuntungan dimana Anda membeli dalam jumlah banyak untuk suatu produk kemudian ada bonus 1 barang yang bisa Anda pakai sendiri. Menguntungkan bukan?

Semoga informasi diatas dapat bermanfaat untuk Anda semuanya.

Penulis by : Bang izal.

Post a Comment for "Ide Bisnis Titip Beli Barang Ibu Rumah Tangga, Simak Yuk!"