Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Memasang Gorden Kolong Dapur Agar Tampak Menarik

Cara memasang gorden kolong dapur - Apakah Anda termasuk orang yang senang beraktifitas di dapur? Seperti memasak untuk keperluan sehari-hari, membuat kue, atau Anda termasuk orang yang suka bereksperimen membuat resep masakan tertentu? Jika iya, maka sebaiknya Anda memperhatikan desain interior ruang dapur Anda tersebut.

Apa sebab?

Karena biasanya suasana dapur akan cenderung mempengaruhi mood memasak Anda. Jika tampilan dapurnya berantakan, maka akan dapat membuat suasana hati Anda jadi suntuk dan mumet. Sebaliknya jika desain dapurnya rapi dan menarik, tentu akan bikin Anda jadi betah berada di dapur tersebut.

Oleh karena itu, cobalah rancang desain ruang dapur Anda, agar senantiasa terlihat nyaman dan menarik. Salah satu cara mempercantik ruang dapur adalah memasang gorden di bagian kolongnya.

Namun agar terlihat menarik, maka Anda harus mengetahui cara memasang gorden kolong dapur itu dengan baik dan benar.


Cara Memasang Gorden Kolong Dapur Agar Tampak Menarik
Ilustrasi. Foto by : Diary Emak (Youtube).

Jika Anda memasangnya dengan tepat, maka gorden di kolong dapur itu akan menutupi segala jenis perkakas yang biasanya sering disimpan oleh pemilik rumah di bagian kolong dapur tersebut.

Memang sudah lazim dilakukan oleh para ibu rumah tangga, dimana mereka lebih suka menyimpan perkakasnya di bagian kolong dapur. Mungkin timbul pertanyaan: "Kenapa begitu ya?" 😃

Biasanya sih alasannya karena perkakas itu akan lebih mudah diambil dan gampang dijangkau (jika diletakkan di bagian kolong dapur). Kalau diletakkan di lemari atau di ruangan lain 'kan jadi ribet ngambilnya. Hehehe 😁

Itulah sebabnya kebanyakan ibu rumah tangga lebih suka menyimpan peralatannya di kolong dapur. Namun kekurangannya akan membuat kolong dapur jadi berantakan dan tidak enak dipandang mata. 

Maka dari itu, solusinya Anda harus menutupinya menggunakan gorden, agar tampak lebih rapi.

Berikut ini cara memasang gorden kolong dapur agar tampak menarik.

Cekidot!

1. Siapkan Gorden dan Tongkat Gorden

Langkah pertama yang harus disiapkan sebagai cara memasang gorden kolong dapur adalah dengan menyiapkan gorden untuk kolong dapur. Gorden tersebut boleh Anda buat sendiri (agar mudah divariasikan). 

Sementara tongkat gordennya bisa Anda beli yang sudah siap untuk dipakai. Biasanya yang sudah terkenal dan banyak dipakai orang adalah yang biasa di sebut Pipa atau Tongkat Ajaib untuk Gorden Kolong (khusus untuk gorden berukuran kecil). Produk ini banyak dijual orang di marketplace.

Lihat fotonya dibawah ini.


Cara Memasang Gorden Kolong Dapur Agar Tampak Menarik
Ilustrasi.


Info Menarik Lainnya : 8 Perpaduan Warna Gorden dan Tembok yang Selaras

2. Tongkat Gorden Bisa Diganti dengan Kawat

Apabila tongkat gorden sulit ditemukan, bisa diganti dengan kawat. Jangan lupa untuk menyiapkan paku yang akan digunakan untuk memasang kawat pada bagian kolong dapur. Ukuran kawat sendiri, sebaiknya tidak terlalu besar maupun tidak terlalu kecil. Pastikan ujungnya diberi selotip agar tidak tajam.

3. Ukur Tongkat Gorden, Pastikan sama dengan Kolong Dapur

Saat ini terdapat banyak tongkat gorden yang terbuat dari plastik dan panjangnya bisa disesuaikan dengan ukuran kolong dapur. Penyesuaian panjang dan pendeknya cukup dengan memutar tongkat tersebut. Maka dari itu, banyak orang yang menyebutnya sebagai tongkat ajaib, karena kemudahannya tersebut. (lihat kembali foto pada poin nomor 1 diatas).

4. Masukkan Gorden Pada Tongkat Gorden

Cara memasang gorden kolong dapur selanjutnya yaitu; Anda harus melakukan pengukuran terlebih dahulu pada tongkat gorden. Tujuannya agar tongkat tersebut panjangnya sesuai dengan ukuran kolong dapur. 

Setelah itu pasanglah kain gorden pada tongkat tersebut. Karena biasanya bentuk kain gorden itu berlayer (berlipat), maka skala perbandingannya 1:2 (satu banding dua). 

Jadi jika ukuran panjang kolong dapurnya 1 meter, maka Anda harus menyiapkan kain gorden seukuran 2 meter. Sehingga kain gorden itu bisa dilipat-lipat menjadi seukuran 1 meter. Kenapa kain gordennya mesti di lipat-lipat? Tujuannya agar ada nilai estetikanya, sehingga kain gordennya jadi tampak lebih menarik.

Lihat contohnya dibawah ini.


Cara Memasang Gorden Kolong Dapur Agar Tampak Menarik

Info Menarik Lainnya : 5 Warna Gorden yang Cocok untuk Dinding Kuning, Lihat Yuk!

5. Pasang Tongkat Gorden yang Telah Dipasang Gorden

Langkah selanjutnya adalah mulai memasang tongkat gorden yang telah dipasangi gorden. Tongkat gorden ini terbilang praktis karena tidak membutuhkan paku untuk memasangnya. Kedua ujungnya telah dipasangi karet berperekat sehingga mudah untuk ditempelkan di tembok. Lebih praktis, namun hanya dikhususkan untuk gorden berukuran kecil.

6. Pastikan Telah Memilih Bahan Gorden yang Tepat

Cara memasang gorden kolong dapur yang benar; pastikan Anda telah memilih bahan kain untuk gorden yang sesuai. Kain tersebut tidak boleh kaku. Sebaiknya pilihlah kain dengan bahan yang flowy (agar gordennya mudah dibentuk). Corak gorden pun harus dipilih yang menarik, sehingga mampu menampilkan nilai estetika yang tinggi pada dapur Anda.

7. Jangan Pilih Bahan Gorden yang Mudah Kotor

Dikarenakan dapur merupakan sebuah ruangan yang mudah kotor, maka sebaiknya untuk memilih bahan gorden yang tidak mudah kotor . Pilihlah bahan yang mudah dibersihkan, atau dicuci agar ketika gorden tersebut akan digunakan kembali tidak kumal. Gorden yang kotor akan membuat tampilan dapur menjadi buruk, dan siapapun yang melihatnya merasa tidak nyaman.

Itulah beberapa cara memasang gorden kolong dapur. Setelah berhasil memasang gorden dan membuatnya cantik, pastikan untuk selalu menjaga kebersihan dapur agar gorden pun tidak ikut kotor. 

Cukup mudah bukan? Anda pun bisa berkreasi dengan mengganti motif serta variasi gorden sesering mungkin agar tampilan dapur menjadi lebih cantik dan tidak membosankan untuk dilihat.

Info Menarik Lainnya : 5 Warna Gorden yang Cocok untuk Dinding Pink, Intip Yuk!

Semoga informasi diatas bermanfaat untuk Anda semua. Sampai jumpa lagi di artikel menarik selanjutnya.

Post a Comment for "Cara Memasang Gorden Kolong Dapur Agar Tampak Menarik"