Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Membuat Tempat Tisu dari Koran Dengan Mudah, Lihat Yuk!

Cara membuat tempat tisu dari koran - Anda memiliki banyak koran bekas di rumah? Jika iya, maka jangan biarkan koran bekas itu seperti tumpukan sampah yang tidak berguna. Cobalah mengolahnya secara kreatif. Sehingga koran bekas itu bisa berubah fungsi menjadi sesuatu yang lebih bermanfaat. 

Salah satunya yaitu dengan cara diolah menjadi tempat tisu.

Cara membuat tempat tisu dari koran ini cukup mudah lho!

Biayanya pun juga sangat murah, lha wong bahannya 'kan dari koran bekas. Modal yang paling utama adalah kreatifitas Anda sendiri. Memang betul Anda akan membutuhkan beberapa peralatan penunjang, namun harganya murah kok, serta juga mudah didapatkan.

Berkreasi menggunakan koran bekas ini punya banyak sekali manfaat.

Diantaranya:

Manfaat secara umum==> Dapat mengurangi jumlah limbah sampah kertas.

Manfaat secara pribadi==> Limbah kertas yang Anda olah dengan penuh nilai seni, tentu akan dapat menambah estetika ruangan rumah Anda. Sebab hasil karya dari koran itu sangat unik dan tidak ada ditempat lain, karena itu adalah hasil kreatifitas Anda sendiri. 

Manfaat secara bisnis==> Jika Anda berbakat dan karya Anda itu bernilai seni tinggi, maka Anda dapat memperjualbelikannya (jika Anda ingin mengembangkannya lebih serius menjadi unit bisnis). 

Sehingga Anda dapat memperoleh penghasilan dari hasil karya seni kertas koran tersebut. Contohnya seperti yang dilakukan oleh pak M.Yasin, warga Pasar Minggu Jakarta Selatan. Lihat fotonya dibawah ini.


Cara Membuat Tempat Tisu dari Koran Dengan Mudah, Lihat Yuk!
Pak M.Yasin. Foto by : Cendananews.com

Membuat tempat tisu dari koran bekas tidak mesti harus dilakukan oleh orang-orang yang ahli dibidang seni saja. Jika hanya digunakan secara pribadi, maka Anda boleh-boleh saja membuatnya sendiri (sesuai dengan kreasi dan kemampuan Anda).

Dibawah ini akan penulis uraikan cara membuat tempat tisu dari koran bekas secara sederhana.

Sehingga siapa pun insya Allah akan bisa membuatnya.

Berikut ini langkah-langkahnya:

1. Siapkan Bahan untuk Membuatnya


Cara Membuat Tempat Tisu dari Koran Dengan Mudah, Lihat Yuk!
Ilustrasi. Foto by : Tissuemurahberkualitas.com

Bahan untuk membuat tempat tisu dari koran bekas ini memerlukan bahan lain sebagai alat bantu untuk membuat tempat tisu tersebut. Bahan yang dibutuhkan adalah koran bekas, dus bekas sepatu, penggaris, double tip, dan peralatan yang digunakan adalah gunting dan cutter

2. Buat Gulungan Koran dengan Pensil

Langkah pertama, cara membuat tempat tisu dari koran yaitu dengan menggunting koran bekas ukuran 15 cm x 15 cm. Buatlah sebanyak mungkin. Apabila sudah selesai, gulung dengan menggunakan pensil, potongan lidi, atau bambu (terserah Anda mau pakai yang mana). Agar gulungannya tidak mudah berubah, rekatkan ujungnya dengan menggunakan lem atau double tip.

Atau bisa juga dengan cara Anda gulung kertas koran itu pada pensil secara keseluruhan. Nanti ukurannya bisa diatur belakangan (dengan cara dipotong). Lihat foto ilustrasinya dibawah ini.


Cara Membuat Tempat Tisu dari Koran Dengan Mudah, Lihat Yuk!


Info Menarik Lainnya : 5 Contoh Hiasan Dinding Ruang Tamu Buatan Sendiri


Cara Membuat Tempat Tisu dari Koran Dengan Mudah, Lihat Yuk!
Ilustrasi. Foto by : Suara.com


Cara Membuat Tempat Tisu dari Koran Dengan Mudah, Lihat Yuk!
Ilustrasi. Foto by : Anakagung Gedekrisna (Youtube).


3. Ambil Kotak Sepatu dan Rekatkan Gulungan

Membuat gulungan sebanyak mungkin, lalu ukur panjangnya agar sama dengan ukuran tinggi pada kotak sepatu. Membuat gulungan kertas yang banyak, seukuran dengan kotak sepatu. Sehingga nantinya gulungan kertas tersebut akan menutupi kotak sepatu.

Info Menarik Lainnya : Cara Membuat Hiasan Dinding Kamar Buatan Sendiri dari Kertas Kado

4. Buat Gulungan Seukuran dengan Kotak Sepatu

Apabila gulungan kertas terlalu panjang, bisa disesuaikan ukurannya dengan cara mengguntingnya atau memotongnya dengan cutter. Tips yang mudah, mengukur terlebih dahulu kotak sepatu. Dengan demikian, ukurannya bisa sama dengan koran bekas yang akan digulung.

5. Variasikan Gulungan

Setelah membuat gulungan, cara membuat tempat tisu dari koran, yaitu menempelkan gulungan koran bekas tadi pada kotak sepatu. Usahakan semua gulungan kertas menutupinya. Agar tampak lebih kreatif, variasikan cara menempel gulungan pada kotak sepatu tersebut. Misalnya, satu sisi dibuat horizontal, dan sisi lain dibuat vertikal.

6. Ukur Besar Lubang Tempat Tisu dengan Penggaris

Sebagai lubang tempat tisu, ukur lubang tempat tisu yang telah ada dengan menggunakan penggaris. Ukurannya tidak perlu sama persis, yang terpenting bisa digunakan untuk membuat tisu mudah diambil, ketika dibutuhkan. Terutama dibutuhkan dengan cepat. Misalnya untuk membersihkan luka.

Lihat contohnya dibawah ini.


Cara Membuat Tempat Tisu dari Koran Dengan Mudah, Lihat Yuk!
Ilustrasi. Foto by : Mfadib.com

7. Buat Lingkaran pada Tutup Sepatu

Cara membuat tempat tisu dari koran selanjutnya adalah membuat lingkaran pada tutup kotak sepatu untuk memudahkan tisu diambil. Lingkaran tersebut dibuat setelah diukur terlebih dahulu ukuran lubangnya dengan menggunakan penggaris. Pengukuran tersebut untuk memudahkan mengambil tisu.

8. Selesai

Pada dasarnya, tisu lipat disusun khusus untuk memudahkan pengambilan dengan lipatan dalam bentuk silang dari pabriknya. Bahkan telah dikemas dalam bentuk kotak plastik. Pengemasan tersebut lebih mudah untuk pengambilan tisu maupun jika ingin disimpan pada kotak tisu. 

Sebagian orang senang membuka tisu langsung dari kemasannya tanpa dimasukkan dulu ke dalam kotak. Namun dengan membuat kotak, maka akan membuatnya lebih cantik.

Info Menarik Lainnya : 5 Hiasan Dinding dari Benang Wol ini Unik Banget, Lihat Yuk!

9. Tips Tambahan

Apabila gulungan koran telah tersusun rapi pada kotak tisu tersebut, bisa ditambahkan dengan cat warna sesuai selera. Hanya saja nilai estetika koran tidak begitu terlihat. Maka dari itu, bisa menggunakan lem transparan agar gulungan tersebut tidak mudah rusak. Aplikasikan lem pada seluruh gulungan yang telah tersusun rapi pada kotak sepatu.

Itulah cara membuat tempat tisu dari koran. Koran bekas pun lebih bermanfaat, di tangan orang-orang yang kreatif. Kini koran bekas tidak hanya sebagai tumpukan sampah semata tetapi bisa dibuat menjadi sesuatu yang lebih berharga, bahkan bisa dijadikan komoditi bisnis untuk menghasilkan banyak keuntungan.

Semoga informasi singkat diatas dapat bermanfaat untuk Anda semua. Sampai jumpa lagi di artikel menarik selanjutnya.

Post a Comment for "Cara Membuat Tempat Tisu dari Koran Dengan Mudah, Lihat Yuk!"