Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menata Halaman Rumah Sederhana agar Terlihat Menarik

Cara menata halaman rumah sederhana - Terkadang ada sebagian orang merasa kurang percaya diri dengan halaman rumahnya yang sederhana (baca: sempit). Padahal halaman rumah yang sederhana bisa disulap menjadi lebih menarik dan rapi. Namun hal itu hanya dapat terwujud dengan satu syarat; harus ada kreatifitas yang tinggi dari sang tuan rumah itu sendiri.

Jadi si empunya rumah harus berupaya untuk merancang dan menata halaman rumahnya itu dengan sedemikian rupa. Sehingga dapat tercipta sebuah halaman rumah yang asri dan indah dipandang mata. 

Cara Menata Halaman Rumah Sederhana agar Terlihat Menarik

Untuk merubah halaman rumah yang sederhana menjadi istimewa sebenarnya tidak sulit-sulit amat kok. Anda hanya perlu melakukan beberapa trik dan cara tertentu. 

Bagaimana caranya?

Berikut ini ada beberapa cara menata halaman rumah sederhana yang dapat Anda tiru.

Yuk simak ulasannya hingga tuntas.

Cekidot!

1. Hiasi Sudut Halaman Rumah dengan Kolam Kecil dan Tanaman

Cara menata halaman rumah yang pertama ialah dengan membuat kolam kecil dan menaruh beberapa tanaman di sudut halaman. Tanaman disini bisa yang berwarna hijau maupun berwarna-warni, bisa disesuaikan dengan selera. Tetapi lebih disarankan untuk memilih satu warna saja, agar terlihat lebih rapi dan tertata. Pilih tanaman yang cukup tinggi dan berukuran sedang.

Letakkan tanaman tersebut di sudut-sudut halaman, lebih bagus untuk diletakkan di sudut yang sejajar dengan pintu masuk. Jadi halaman rumah akan terlihat lebih segar dan hidup. Jangan taruh tanaman terlalu banyak, karena halaman rumah akan terlihat kotor dan sesak. Selain itu, terlalu banyak tanaman juga bisa menjadi sarang nyamuk.

Sedangkan keberadaan kolam kecil tersebut akan membuat suasana halaman rumah Anda tampak asri. Kalau bisa usahakan buat sebuah air mancur kecil. Sehingga akan menimbulkan suara gemiricik air yang pastinya akan membuat suasana depan rumah Anda bertambah tenang dan nyaman.

Lihat foto ilustrasinya dibawah ini.


Cara Menata Halaman Rumah Sederhana agar Terlihat Menarik
Ilustrasi. Foto by : Kolambali.com


2. Hias dengan Bunga

Cara menata halaman rumah yang kedua ialah dengan menaruh beberapa bunga sebagai hiasan. Sama seperti tanaman, fungsi bunga disini ialah agar halaman terlihat lebih indah dan menarik. Usahakan memilih bunga satu jenis dengan maksimal 2 warna berbeda, agar halaman rumah tidak terlihat berantakan dan lebih tertata. Lihat contohnya dibawah ini.


Cara Menata Halaman Rumah Sederhana agar Terlihat Menarik
Ilustrasi. Foto by : Thalitaflower.wordpress.com

Salah satu jenis bunga yang cocok untuk halaman rumah sederhana ialah bunga mawar. Keindahan bunga mawar dapat membuat tampilan halaman rumah menjadi lebih menarik dan indah. Agar bunga tidak menumpuk, bisa menggunakan rak tanaman. Dengan rak tanaman, bunga-bunga akan terlihat semakin lucu dan cantik.

Info Menarik Lainnya : Rekomendasi Tanaman Hias untuk Halaman Rumah Minimalis

3. Memanfaatkan Pot Gantung

Cara menata halaman rumah sederhana yang ketiga ialah dengan memanfaatkan pot gantung. Pot gantung ini bisa menjadi alternatif agar tanaman tidak menumpuk. Taruh beberapa pot gantung di halaman ataupun di teras rumah. 

Perhatikan jarak antar pot gantung tersebut. Jangan diletakkan terlalu dekat, karena justru malah jadi terlihat jelek (terkesan menumpuk). Idealnya beri jarak sekitar satu hasta, tidak terlalu rapat dan juga tidak terlalu renggang. Lihat contohnya pada foto dibawah ini.


Cara Menata Halaman Rumah Sederhana agar Terlihat Menarik

 

Lebih bagus lagi kalau menggunakan pot gantung berukuran mini atau kecil, karena akan terlihat lebih lucu dan menggemaskan. Pot gantung ini bisa digunakan untuk menanam bunga dan tanaman dengan ukuran kecil hingga sedang.

Info Menarik Lainnya : 5 Cara Menata Taman Depan Rumah Agar Tampak Asri & Indah

4. Letakkan Meja dan Kursi Khusus Halaman

Cara untuk menata halaman rumah sederhana yang keempat ialah dengan meletakkan meja dan kursi khusus halaman. Letakkan dua kursi dan satu meja di tengahnya. Pilihlah meja dan kursi dengan bentuk yang minimalis dan kaki-kakinya panjang. Untuk warna bisa disesuaikan dengan selera masing-masing, namun lebih bagus menggunakan warna dasar seperti hitam atau putih.

Lihat contoh ilustrasinya dibawah ini.


Cara Menata Halaman Rumah Sederhana agar Terlihat Menarik


Letakkan meja dan kursi ini tepat di sebelah pintu masuk. Selain sebagai pemanis, meja dan kursi ini juga berguna untuk tempat duduk para tamu. Meja dan kursi di halaman juga sangat cocok untuk digunakan saat santai di pagi dan sore hari.

Info Menarik Lainnya : Cara Menata Batu di Taman Agar Terlihat Asri & Cantik

5. Pastikan Halaman Selalu Bersih

Cara agar halaman sederhana terlihat lebih menarik dan rapi yang terakhir ialah dengan memastikan halaman selalu bersih. Halaman yang kotor tentu tidak enak dipandang mata dan terlihat tidak menarik. Jadi untuk menciptakan kesan halaman yang menarik, pastikan bahwa halaman selalu bersih.

Agar halaman senantiasa bersih, tentu sang tuan rumah harus rajin menyapu halaman tersebut. Kalau bisa menyapu setiap hari, tentu itu jauh lebih baik. Sehingga halaman rumah tersebut selalu bersih dari sampah maupun daun-daun pohon yang terjatuh. 

Lihat ilustrasinya dibawah ini.


Ilustrasi.

Halaman yang bersih bisa terlihat sangat menarik, meski tidak diberikan dekorasi apapun. Jadi akan sangat sia-sia jika sudah menggunakan banyak dekorasi, namun halamannya kotor dan tidak dibersihkan.

Itulah tadi beberapa cara menata halaman rumah sederhana agar terlihat lebih menarik dan rapi. Halaman rumah bisa menjadi kesan pertama terhadap seseorang yang tinggal di rumah tersebut. Jadi buatlah halaman yang menarik dan rapi. agar memiliki kesan yang bagus.

Semoga artikel singkat diatas dapat bermanfaat untuk Anda semua. Sampai jumpa lagi di artikel menarik selanjutnya.

Post a Comment for "Cara Menata Halaman Rumah Sederhana agar Terlihat Menarik "