Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML Atas

Mau Tau Cara Pasang Plafon PVC Bertingkat? Cek Disini Yuk!

Cara pasang plafon PVC bertingkat - Plafon (banyak orang menyebutnya langit-langit rumah) adalah semacam bagian penutup interior atas suatu bangunan. Plafon ini berfungsi untuk menutupi bagian interior atas itu.

Kenapa bagian langit-langit rumah itu harus diberi plafon?

Tujuannya agar tidak ada benda asing yang jatuh dari sela-sela genteng. Selain itu, plafon juga berfungsi untuk menahan hawa udara yang ekstrim dari bagian atas. Seperti hawa panas di musim kemarau, dan hawa dingin saat musim hujan. Dengan adanya plafon, sehingga dapat menjadi 'filter' ruangan rumah dari semua hawa udara tersebut.

Selain fungsi diatas, plafon juga ada kegunaan lain yang tak kalah pentingnya. Yakni berfungsi untuk nilai estetika ruangan, khususnya di bagian interior atas. Lihat foto ilustrasinya dibawah ini.


Mau Tau Cara Pasang Plafon PVC Bertingkat Cek Disini Yuk!
Ilustrasi.
 

Dengan adanya plafon, maka semua jaringan instalasi listrik, kabel, dan benda-benda lainnya (yang biasanya ada langit-langit rumah) tidak akan terlihat lagi. Coba saja bayangkan kalau rumah Anda tidak dipasangi plafon, dijamin pasti akan terlihat berantakan sekali di atap rumah itu. 😁 

Oleh karena itu, sangat disarankan agar setiap rumah tinggal dipasangi plafon, karena sangat banyak manfaatnya bagi penghuni rumah.

Nah, salah satu jenis plafon yang banyak digunakan orang adalah plafon PVC.

Plavon PVC ini juga ada beberapa model lho. Terdapat model plafon PVC biasa, dan ada juga orang yang membuat model plafon PVC bertingkat.

Cara Pasang Plafon PVC Bertingkat

Dalam memasangnya pun ada yang menggunakan jasa tukang pasang plafon, dan juga ada yang memasangnya sendiri.

Jika Anda ingin mencoba memasang plafon PVC bertingkat sendiri, yuk simak cara pasang plafon PVC bertingkat tersebut dibawah ini.

Cekidot!

1. Memasang Rangka Bagian Bawah

Cara pertama ialah dengan memasang rangka bawah. Plafon bertingkat memiliki dua rangka, yakni rangka atas dan rangka bawah. Pertama ukur tinggi plafon untuk sekeliling ruangan, kemudian tandai menggunakan tali sipat. Setelah itu pasang hollow ukuran 2x4, dan pasang di hollow di sekeliling ruangan. 

Langkah selanjutnya ukur jarak di seluruh sudut ruangan.

Setiap sudut diukur dari kiri ke kanan, dengan jarak 40 cm. Pasang benang di setiap jarak 40 cm, kemudian pasangkan hollow berukuran 4x4. Lalu ukur setiap dinding dari kiri ke kanan, dengan jarak 60 cm. Langkah selanjutnya pasang hollow 60 cm yang di dinding, ke hollow yang telah dipasangi benang. Terakhir gantungkan hollow rangka plafon, dan selesai.

2. Memasang Rangka Bagian Atas

Bisa dibilang jika tahap ini merupakan tahap paling sulit, dalam cara pasang plafon PVC bertingkat. Ukur setiap sudut dengan jarak 30 cm, dan pasang hollow pada setiap jarak tersebut. Kemudian potong hollow berukuran 2x4 berukuran 25 cm, sebanyak 8 buah. Lalu pasang hollow 25 cm tersebut ke hollow 30 cm.

Lalu ukur dari hollow 25 cm tadi, dari rangka bawah ke rangka atas kira-kira 20 cm. Selanjutnya pasang hollow di setiap tanda 20 cm tadi. Bentangkan hollow 2x4, ke ukuran 60 cm tadi kemudian sekrup menggunakan bor. Pasang hollow dengan jarak 80 cm diatas hollow 60 cm. Kuatkan atau sekrup tiap bagian pertemuan hollow.


Mau Tau Cara Pasang Plafon PVC Bertingkat Cek Disini Yuk!
Ilustrasi rangka plafon bertingkat.


Info Menarik Lainnya : Kelebihan & Kekurangan Bahan Plafon Kalsiboard untuk Rumah

3. Tutup Bagian Rangka Atas dan Bawah

Untuk menutupi bagian rangka atas gunakanlah plafon berbahan PVC. Jadi pasang papan plafon PVC dengan mengikuti rangka hollow yang telah terpasang. Lalu tutupi seluruh rangka plafon dengan papan PVC. Jika terdapat papan PVC yang berlebih, bisa dipotong menggunakan gergaji.

Lalu untuk menutupi rangka bawah, juga cukup mudah. Potong 4 lembar papan PVC, dengan ukuran 40 cm. Setelah itu pasangkan potongan-potongan tersebut, hingga menutupi seluruh rangka plafon bagian bawah. Pasang papan PVC dengan rapi, agar tidak ada bagian yang berlubang.

4. Tutup Celah Bagian Dalam

Untuk memperkokoh plafon, bagian dalamnya juga tidak boleh ada celah. Pertama potong papan PVC sebanyak 4 lembar, dengan ukuran 15 cm memanjang. Kemudian tutup sekeliling celah bagian dalam. Agar lebih kuat, tutup dengan menggunakan sekrup dan bor. Pastikan tidak ada celah, dan seluruh bagian dalamnya sudah tertutup dengan rapi.

Info Menarik Lainnya : Cara Memasang Wallpaper Plafon Sendiri (Step by Step)

5. Tutup Bagian Pinggir Rangka Bawah

Langkah selanjutnya ialah tutup bagian pinggir rangka bawah. Pertama potong papan PVC dengan ukuran 8 cm. Setelah itu pasangkan potongan papan PVC tersebut ke pinggiran rangka bagian bawah. Tutupi seluruh pinggiran rangka bawah dengan papan PVC, jangan sampai masih ada celah.

Setelah jadi, maka hasilnya kurang lebih akan tampak seperti foto ilustrasi dibawah ini.


Mau Tau Cara Pasang Plafon PVC Bertingkat Cek Disini Yuk!
Ilustrasi. Foto by : Isibangunan.com

Penulis dapat memahami bahwa semua penjelasan diatas mungkin akan membingungkan. Terutama bagi Anda yang tidak ada basic sama sekali di dunia tukang bangunan. Oleh karena itu, jika Anda benar-benar tidak bisa memasangnya sendiri, maka lebih baik menggunakan jasa tukang pasang plafon saja. Sedangkan isi artikel ini anggap saja sebagai khazanah pengetahuan tambahan. Sepakat? 😉

Info Menarik Lainnya : Desain Plafon Ruang Tamu Minimalis Ukuran 3x6, Lihat Yuk!

Semoga dapat bermanfaat untuk Anda semua dan sampai jumpa lagi di artikel menarik berikutnya.

Post a Comment for "Mau Tau Cara Pasang Plafon PVC Bertingkat? Cek Disini Yuk! "