Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Melacak Paket J&T Paling Mudah, Mau Tau? Simak Yuk!

Cara Melacak Paket J&T - Kemajuan teknologi internet telah mengubah banyak hal, salah satunya kemudahan dalam mendapatkan informasi.

Perkembangan teknologi internet ini membuat semua informasi bisa diperoleh dengan begitu cepat. Salah satu informasi yang kini sudah lebih mudah didapatkan itu adalah yang terkait dengan paket kiriman barang.

Dulu (era 80 - 90an), orang tidak bisa melakukan pengecakan secara langsung terhadap barang yang dikirimnya. Entah barangnya sudah sampai mana dan kapan akan sampai, mereka tidak bisa melacaknya. Namun kini berkat perkembangan teknologi (internet), kamu sudah bisa melacak paketan kamu sampai dimana.

Nah, salah satu ekspedisi yang ramai digunakan orang adalah J&T. Maka di artikel ini kita akan membahas tentang cara melacak paket J&T. Hal ini bertujuan agar mempermudah kamu yang ingin mendapatkan informasi. Terutama jika kamu sudah mengirim barang melalui ekspedisi J&T.

Cara Melacak Paket J&T yang Paling Mudah dan Efektif

Melakukan pengecekan paket adalah sesuatu yang harus kamu lakukan. Apalagi jika paket yang dikirim itu berisi barang  yang sudah kamu impikan selama ini. Tentu akan membuat kamu penasaran sudah sampai mana paketnya, kapan akan sampai, dan sebagainya.

Maka, cara yang paling efektif untuk mengatasi rasa penasaran adalah dengan melakukan pengecekan terhadap paket tersebut.

Sebenarnya, semua ekspedisi sudah memberikan gambaran estimasi perkiraan waktu sampai barang. Tapi tak jarang estimasi itu meleset. Sehingga terkadang hal ini membuat kamu jadi merasa was-was. 

Timbul rasa khawatir; "Ah jangan-jangan paketnya salah alamat nih,,,, waduh, kok paketnya tidak sampai-sampai ya?" Dan berbagai macam kekhawatiran lainnya.

Nah daripada memupuk rasa cemas yang malah bikin kamu jadi stress, mendingan kamu melakukan pengecekan sendiri saja. Untuk melakukan pengecekan paket J&T, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan.

Berikut cara melacak paket J&T yang harus kamu tahu. 

Simak hingga tuntas yuk.

Cekidot!

Cara Melacak Paket J&T Paling Mudah, Mau Tau? Simak Yuk!
Ilustrasi. Foto by : Istana Tutorial (Youtube).

1. Cara Melacak Paket J&T Menggunakan Nomor Resi

Usai melakukan pengiriman paket, maka kamu akan mendapatkan air way bill (AWB). Atau yang biasa kita kenal dengan Nomor Resi dari tempat kamu melakukan pengiriman paket.

Jika kamu pernah membuang resi usai melakukan pengiriman paket, maka jangan dilakukan lagi ya. Sebab nomor resi itu diberikan bukan karena iseng gais, tapi karena ada fungsinya. 😀

Nah, salah satu fungsi dari nomor resi adalah; dapat digunakan untuk mengecek kiriman paket J&T kamu dengan cara yang sangat mudah.

Cara melacak paketan J&T menggunakan nomor resi bisa kamu lakukan dengan memanfaatkan situs pihak ketiga. Namanya adalah cekresi.com. Situs ini bisa kamu manfaatkan terutama ketika website J&T sedang mengalami gangguan. Di website cekresi.com kamu tidak hanya bisa melacak paket J&T saja, tapi juga bisa melacak pengiriman dari ekspedisi yang lainnya.

Caranya seperti apa? Gampang kok,,, Yuk simak tahapannya berikut ini.

Langkah pertama, kunjungi websitenya. Masukkan saja cekresi.com di browser pencarian yang biasa kamu gunakan (Google Chrome, Mozilla, UC Browser, dll).

Langkah kedua, memasukkan nomor resi kiriman kamu. Jadi setelah halaman website cekresi.com terbuka, maka silahkan kamu masukkan nomor resinya. Input nomor resi ke kolom yang sudah disediakan, yaitu dengan menggunakan menekan tombol Cek Resi.

Tahap selanjutnya yaitu memilih ekspedisi yang kamu gunakan. Jadi setelah kamu memasukkan nomor resi, maka pilihlah ekspedisi J&T ekspress. Maka, dalam seketika permintaan pengecekan kamu akan diproses. Dan hasil pelacakannya akan ditampilkan secara lengkap (tepat di bagian bawah halaman website cekresi.com tersebut).

Info Menarik Lainnya : Cara Mengirim Barang Lewat J&T Yang Perlu Anda Ketahui

2. Cara Melacak Paket J&T Menggunakan Aplikasi J&T Ekspress

Cara melacak paket J&T yang kedua adalah dengan menggunakan aplikasi J&T. Kini, jasa ekspedisi pengiriman paket sudah mulai terus mengembangkan pelayanan pengecekan paket. Salah satunya adalah dengan mengembangkan aplikasinya.

Nah, begitu halnya dengan ekspedisi pengiriman J&T. Saat ini, kamu sudah bisa melakukan pengecekan kiriman paket dengan menggunakan aplikasi mobile resmi miliki J&T. Nama aplikasinya adalah J&T Express. Aplikasi J&T Express ini dapat digunakan oleh berbagai perangkat, termasuk Android dan iOS.

Cara melacak paket J&T dengan menggunakan aplikasi juga sangat mudah. Pertama, download dan install dahulu aplikasinya. Pastikan Aplikasi J&T Expressnya sudah terinstall sempurna ke perangkat ponsel kamu ya. Kamu bisa menginstallnya di Play Store atau App Store.

Kedua, buka Aplikasi J&T Express yang sudah kamu install tadi, dan pilihlah menu Tracking. Kamu bisa menemukan menu ini di beranda aplikasi, letaknya di bagian yang paling bawah ya.

Ketiga, input nomor resi. Silahkan masukkan nomor resi yang kamu miliki. Atau, kamu juga dapat men-scan barcode yang ada di sebelah kanan bagian pojok, silahkan pilih menu Scan. Maka, aplikasi akan memproses permintaan kamu.

Apabila berhasil, aplikasi akan menampilkan hasil tracking, sehingga kamu sudah bisa mengetahui paketan kamu sudah sampai dimana. Gampang kan? 😉

Info Menarik Lainnya : Kelebihan J&T Express (Agen dan Penggunanya Wajib Tahu)

3. Cara Melacak Paket J&T Menggunakan Website Resmi J&T

Cara melacak paket J&T yang ketiga adalah dengan menggunakan website resmi J&T. Kini, website sudah menjadi salah satu kebutuhan dan kewajiban tiap pelaku bisnis.

Hal ini karena memang system digital sudah dimanfaatkan sebagai media promosi, sehingga makin mempermudah segala kegiatan bisnis. Maka, J&T juga merasa perlu menyediakan website resmi mereka demi keamanan dan kenyamanan penggunanya.

Lalu, cara menggunakan websitenya seperti apa?

Langkah pertama yang meski kamu lakukan tentu saja mengunjungi situs resmi J&T. Kamu bisa memasukkan alamat http://www.jet.co.id/ ke kolom pencarian. Kamu bisa menggunakan browser apa saja, bebas. Boleh Chrome, Mozila, dan sebagainya.

Setelah halaman websitenya terbuka, kemudian masukkan nomor resi kiriman kamu ke kolom yang sudah disediakan pada website. Tunggu beberapa detik, maka system akan segera memproses pengecekan kamu. Dan jika berhasil, kamu sudah bisa melihat hasil pengecekan, sesuai dengan permintaan yang sudah kamu berikan.

Done. Mudah sekali bukan?

Info Menarik Lainnya : Rentang Waktu Jam Kerja J&T (Agen & Olshop Wajib Tahu)

4. Cara Melacak Kiriman Paket J&T Tanpa Nomor Resi

Cara melacak kiriman paket J&T yang terakhir adalah tanpa menggunakan nomor resi. Semua cara melacak kiriman paket J&T di atas 'kan menggunakan resi, maka cara yang terakhir ini adalah melacak kiriman tanpa nomor resi.

Cara melacak kiriman paket J&T yang terakhir ini sangat perlu kamu coba, terutama jika kebetulan nomor resi yang kamu miliki hilang.

Dan kasus ini bisa terjadi bukan semata-mata karena nomor resi hilang sih, kadang-kadang karena system J&T sedang ada masalah, sehingga nomor resi tidak bisa diberikan. Tapi, kasus ini terbilang sangat jarang terjadi, terutama di J&T.

Caranya seperti apa? 

Ya cara satu-satunya ketika kamu ingin melacak paket J&T tanpa resi adalah dengan langsung ke agen atau cabang J&T yang ada di kotamu. Sampai detik ini belum ada jasa ekspedisi yang menyediakan aplikasi, website, fitur, ataupun layanan untuk melacak paket J&T tanpa menggunakan nomor resi. 

Jika kamu ingin melacak paket J&T tanpa resi, kamu bisa langsung ke kantor/agen J&T yang terdekat, kemudian meminta bantuan ke bagian customor servicenya. Nanti mereka akan memberitahu hasilnya ke kamu. 

Ya semoga saja ke depan J&T sudah menyediakan fitur untuk melacak paket J&T tanpa harus menggunakan resi secara online. Karena kalau harus ke cabang atau agen, tentu agak ribet juga ya.

Info Menarik Lainnya : Simak! Cara Komplain J&T Agar Cepat Direspon

Penutup

Nah, itulah diatas beberapa cara melacak paket J&T yang harus kamu coba. Jika saat ini kamu sedang dilanda tanda-tanya terkait paket J&T milikmu sudah sampai dimana, maka yuk dicoba beberapa cara di atas. 

Semoga dapat bermanfaat.

Penulis by : Bang izal.

Bang izal
Bang izal Saya Seorang Praktisi Bisnis Mainan. Sangat hobi menulis dan suka berdiskusi. Saya ingin sekali saling berbagi ilmu, dan pengalaman, dengan teman-teman semua melalui blog ini.

Post a Comment for "Cara Melacak Paket J&T Paling Mudah, Mau Tau? Simak Yuk!"