Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Memasang Besi Gorden yang Mudah Dilakukan, Intip Yuk!

Cara memasang besi gorden - Setiap rumah pasti memiliki pintu dan jendela. Dan biasanya pintu dan jendela itu dihiasi dengan gorden. Hal ini sudah lazim dilakukan oleh setiap orang, termasuk masyarakat Indonesia.

Fungsi utama gorden adalah sebagai alat penutup pintu dan jendela (biasanya ditutup saat malam hari atau ketika penghuni rumah sedang pergi). Selain itu, gorden juga berfungsi untuk memperindah tampilan pintu dan jendela tersebut. Jadi gorden dapat meningkatkan nilai estetika (keindahan) pada sebuah rumah. 

Oleh karena itu, disarankan agar memasang gorden pada pintu dan jendela rumah Anda. Cara pasangnya cukup mudah kok. Bahkan Anda tidak membutuhkan waktu yang lama untuk memasangnya.

Lihat foto ilustrasinya dibawah ini.


Cara Memasang Besi Gorden yang Mudah Dilakukan, Intip Yuk!
Ilustrasi. Foto by : Pesangorden.id

Namun sebaiknya pastikan memasang besi gordennya dengan baik dan benar. Artinya usahakan pemasangan besi goden itu dilakukan dengan presisi dan sejajar. Jadi jangan sampai Anda memasang besi gordennya dengan posisi miring (misalnya). Karena jika besinya miring, tentu kain gordennya jadi ikutan miring.   

Cara Memasang Besi Gorden

Jika belum paham cara memasang besi gorden, maka berikut ini akan penulis uraikan panduan memasangnya. Dengan memasang besi gorden sendiri, tentunya akan lebih menghemat biaya. Karena Anda tidak perlu membayar jasa tukang gorden. 

So, yuk langsung aja disimak cara memasang besi gorden tersebut.

Cekidot!

1. Lakukan Pengukuran


Cara Memasang Besi Gorden yang Mudah Dilakukan, Intip Yuk!


Cara pertama yang harus dilakukan adalah lakukan pengukuran pintu yang akan dipasang gorden. Hal ini sangat wajib untuk dilakukan agar posisi besi gorden pas dan sesuai. Jika tidak melakukan pengukuran lebih dulu, maka gorden yang dipasang bisa saja tidak sesuai.

Pastikan sudah mengukur jarak yang tepat supaya gorden terlihat pas dan sesuai dengan  pintu. Ukuran lebar gorden pastikan sudah sesuai dengan pintu jadi tidak kelebihan ataupun kekurangan. Pengukuran seperti ini juga bisa dilakukan sebelum membeli gorden, jadi tidak akan salah ukuran. 

2. Pilih Jenis Penyangga Gorden Yang Sesuai

Jika sudah melakukan pengukuran pintu, cara memasang besi gorden yang harus dilakukan yaitu pilih jenis penyangga. Jangan sampai sembarangan memilih jenis penyangga yang akan digunakan.

Penyangga yang dipilih harus sesuai dengan desain rumah. Tujuannya agar terlihat lebih cocok dan serasi. Sebelum memilih penyangga, pastikan Anda sudah melihat beberapa referensi. Sehingga lebih mudah menentukan mana jenis penyangga yang sesuai.

Lihat beberapa contoh penyangga gorden pada foto dibawah ini.


Cara Memasang Besi Gorden yang Mudah Dilakukan, Intip Yuk!
Ilustrasi. Foto by : Rajagorden.co.id

Selain itu, pilihlah penyangga gorden yang cukup lebar. Jadi saat membuka bagian dalam gorden, tidak menutupi jalan masuk. Oleh sebab itu, memilih jenis penyangga yang tepat juga sangat penting dilakukan. Jika penyangga yang dipilih sudah tepat dan sesuai, maka pintu dan jendela rumah Anda akan tampak semakin menarik.

Info Menarik Lainnya : Cara Memasang Gorden Kolong Dapur Agar Tampak Menarik

3. Membuat Lubang di Dinding

Kalau sudah melakukan pengukuran dan memilih jenis penyangga, selanjutnya lubangi dinding yang akan dipasang besi gorden. Dinding tersebut nantinya akan dijadikan tempat untuk memasang penyangga yang sudah dipilih. 


Cara Memasang Besi Gorden yang Mudah Dilakukan, Intip Yuk!
Ilustrasi. Foto by : Lunarinterior.com

Sebaiknya saat melubangi dinding, jangan melakukannya secara manual lebih baik menggunakan bor listrik. Hal ini guna membuat ukuran lubang lebih kecil dan juga tidak akan merusak dinding tembok. 

Cara memasang besi gorden dengan menggunakan bor listrik juga hasilnya tidak akan mudah lepas dan lebih kuat. Selain lebih kuat, tentunya juga lebih rapi karena cat dindingnya tidak akan mengelupas dan rontok.

Info Menarik Lainnya : 8 Perpaduan Warna Gorden dan Tembok yang Selaras

4. Menggantung Gorden pada Posisi yang Tepat

Sebelum gorden benar-benar terpasang, cobalah untuk menggantung gorden lebih dahulu. Ini bertujuan agar gorden terpasang pada posisi yang tepat sehingga lebih enak dipandang. Pastikan besi gorden sudah terpasang di tengah-tengah antara pintu dan langit-langit rumah.


Cara Memasang Besi Gorden yang Mudah Dilakukan, Intip Yuk!
Ilustrasi. Foto by : Galleriao.net

Jika posisinya tidak sesuai, artinya saat melubangi dinding kurang tepat. Namun, tidak perlu khawatir karena bisa disiasati dengan melubangi dinding sedikit lebih tinggi lagi. Dengan begitu visualisasi yang diciptakan akan membuat ruangan tampak lebih luas. Tidak masalah apabila letak gorden lebih tinggi dari pintu dibagian atas.

Info Menarik Lainnya : Warna Gorden Yang Netral, Cocok Untuk Kaca & Dinding Rumah

5. Cek Kerapian dan Kebersihan

Jika besi gorden sudah terpasang dengan benar, maka cek kerapian dan kebersihannya terlebih dahulu (sebelum memasang gorden). Pastikan gorden tidak kusut maupun kotor jadi lebih enak dipandang dan pintu akan semakin cantik. Jika gorden kotor, sebaiknya dibersihkan lebih dahulu agar tampilan gorden lebih indah.

Pastikan juga bahan gorden mudah disetrika, jadi apabila kain gorden kusut bisa disetrika lebih dulu. Sebab, ada beberapa jenis kain gorden yang susah untuk disetrika. Jadi harus selektif dan cermat saat memilih kain gorden yang akan digunakan untuk memperindah rumah.

Itulah beberapa cara memasang besi gorden sampai gorden benar-benar terpasang. Sebelum memasang gorden sebaiknya pastikan dulu kalau letaknya sudah sesuai. Jangan sampai saat dipasang letaknya tidak sesuai, tentu akan membuat gorden tidak enak dipandang. 

Semoga bermanfaat.

Terus nantikan artikel menarik selanjutnya ya. 😉

Post a Comment for "Cara Memasang Besi Gorden yang Mudah Dilakukan, Intip Yuk! "