Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML Atas

Cara Memasang Shunda Plafon Dengan Tepat & Benar

Cara memasang shunda plafon -

Namun ada satu hal yang menjadi pemikiran tersendiri. Yaitu apalah gunanya bahan yang bagus dari shunda plafon ini, namun pemiliknya tidak tahu cara memasang plafon tersebut dengan benar.

Tidak sedikit orang yang memasang plafon hanya dengan teknik standar saja. Hal ini dapat mengakibatkan plafon tersebut jadi cepat rusak. Penyebabnya karena ada bagian plafon yang dipasang dengan posisi kurang tepat.

Cara Memasang Shunda Plafon


Cara Memasang Shunda Plafon Dengan Tepat & Benar
Ilustrasi. Foto by : Shundaplafonpurwokerto.com

Seperti yang telah penulis katakan pada paragraf awal diatas, bahwa shunda plafon ini terbuat dari bahan PVC. Nah material PVC memang agak sedikit sulit untuk memasangnya.

Lalu, bagaimana cara memasang shunda plafon tersebut dengan tepat dan benar?

Yuk simak ulasannya berikut ini.

Cekidot!

1. Memasang Rangka Yang Telah Siapkan

Ketika hendak memasang plafon, maka lakukan pengukuran terlebih dahulu pada rangkanya.

Rangka ini ada yang terbuat dari bahan kayu, atau bisa juga menggunakan besi hollow. 

Lihat foto ilustrasinya dibawah ini.


Cara Memasang Shunda Plafon Dengan Tepat & Benar
Ilustrasi rangka besi hollow. Foto by : Nusantaragalvalum.wordpress.com 


Cara Memasang Shunda Plafon Dengan Tepat & Benar
Ilustrasi rangka kayu. Foto by : Fajar Daily (Youtube).

Ukurlah sesuai dengan besar dan panjang atap yang ada. Ketika melakukan pengukuran, maka pastikan benar-benar tepat dan pas. Karena hal ini akan sangat mempengaruhi ketepatan dan kerapian saat memasang plafon.

Mengukur sesuai dengan ukuran yang ada tentu akan menjadi salah satu nilai estetika dan kerapian, karena sudut-sudut yang ada benar-benar sesuai. Pasanglah rangka hollow atau kayu sesuai dengan ukuran ruangan yang ada.

2. Potonglah List Menjadi Sudut

Setelah rangka yang telah disiapkan dipasang sesuai dengan ukuran yang ada, saatnya untuk memotong list menjadi sebuah sudut. Sudut yang ada besarnya sekitar 45 derajat, tujuannya agar saat melakukan pemasangan plafon, prosesnya bisa lebih mudah. Lihat contoh lis-nya dibawah ini.



Cara Memasang Shunda Plafon Dengan Tepat & Benar
Ilustrasi.


Setelah list telah dipotong menjadi 45 derajat, tempatkan potongan tersebut pada sisi dinding yang ada. Perlu diperhatikan bahwa penandaan yang ada saat hendak dipotong menjadi sebuah list, jangan melebihi sebuah ring balok.  

Info Menarik Lainnya : Mau Tau Cara Pasang Lis Plafon PVC? Yuk Cek Disini

3. Mengencangkan List Yang Ada


Cara Memasang Shunda Plafon Dengan Tepat & Benar
Ilustrasi.

Satu hal yang membedakan cara memasang shunda plafon dengan jenis plafon lainnya yaitu; pada tahap pemasangan list-nya. Untuk list dari bahan yang terbuat dari PVC ini, maka harus dipasang terlebih dahulu (sebelum Anda melakukan penutupan dengan lembaran plafon PVC tersebut). 

Hal ini bertujuan agar Anda dapat lebih mudah dalam memasang list-nya.

Seperti yang telah kita diketahui, bahwa memasang list PVC memang lebih sulit daripada memasang list gypsum. Oleh karena itulah diperlukan trik dan cara memasang list seperti diatas. Sehingga lembaran shunda plafonnya dapat terpasang dengan tepat dan benar.

Info Menarik Lainnya :  Desain Plafon PVC Terbaik Untuk Rumah Anda

4. Potong Plafon Sesuai Ukuran


Cara Memasang Shunda Plafon Dengan Tepat & Benar
Ilustrasi. Foto by : Mas Mujib (Youtube).

Untuk pemotongan plafon maupun list ini bisa dengan menggunakan gergaji maupun sebuah mesin gerinda. Setelah dilakukan pemotongan, diusahakan untuk segera melakukan pemasangan list dengan sekrup maupun bor.

Pemotongan plafon tersebut terlebih dahulu untuk berurutan pada ujung dan juga bidang tembok dan sekeliling sampai terpasang list profil. Pastikan untuk disesuaikan dengan ukuran yang ada agar ketika pemasangan bisa lebih mudah.

Info Menarik Lainnya : Mau Tau Cara Pasang Plafon PVC Bertingkat? Cek Disini Yuk!

5. Pemasangan Papan Plafon

Setelah dilakukan pemasangan list profil yang ada, lakukan penempelan plafon dengan menggunakan sekrup maupun bor yang telah disiapkan. Pasanglah satu lembar papan plafon kedalam list profil yang telah dipasang dan juga sekrup pada sisi papan yang lainnya. Lihat foto ilustrasinya berikut ini.


Cara Memasang Shunda Plafon Dengan Tepat & Benar
Ilustrasi.

Ketika telah dipasang, satu papan yang satu lembar disambung menjadi satu hingga selesai. Lakukan hal tersebut hingga ruangan yang ada tertutup.

Setelah dilakukan pemasangan biasanya akan banyak sisa gergaji maupun dari sampah yang ada. Hal ini dikarenakan saat melakukan penempelan papan dengan sekrup dan bor akan memunculkan sebuah residu. 

Sisa material yang ada pastikan untuk membersihkan dan buang pada tempat yang telah disediakan. Dengan melakukan langkah tersebut tentu cara memasang shunda plafon bisa sempurna.

Semoga informasi diatas bermanfaat. Jangan lupa nantikan artikel menarik selanjutnya ya. 😉

Post a Comment for "Cara Memasang Shunda Plafon Dengan Tepat & Benar"