Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

7 Pilihan Model Ventilasi Jendela Untuk Rumah Anda

Model Ventilasi Jendela - Ventilasi jendela adalah salah satu bagian dari rumah yang berfungsi sebagai sarana pertukaran udara. Jadi dengan adanya ventilasi jendela ini, udara bisa bebas bertukar dari dalam rumah keluar, dan sebaliknya. Sehingga udara segar akan senantiasa mengalir melalui ventilasi tersebut.


7 Pilihan Model Ventilasi Jendela Untuk Rumah Anda
Ilustrasi. Foto by : Homedit.com

Secara umum, di setiap rumah biasanya ada 2 jenis ventilasi. Yakni ventilasi atap dan ventilasi jendela.

Nah ada perbedaan yang cukup mencolok diantara kedua jenis ventilasi tersebut.

Apa itu? 

Kalau ventilasi atap rumah biasanya hanya menitikberatkan untuk sarana pertukaran udara. Sehingga jangan heran jika Anda melihat hampir setiap ventilasi atap rumah modelnya seperti itu-itu saja (alias monoton). Sangat berbeda dengan ventilasi jendela rumah yang banyak sekali modelnya.

Lalu, kenapa perbedaannya bisa mencolok seperti itu?

Sebenarnya perbedaan itu adalah hal yang sangat wajar. Sebab ventilasi atap rumah 'kan nyaris tidak pernah diperhatikan orang, sehingga gak penting juga modelnya harus bagus-bagus amat.

Berbeda sekali halnya dengan ventilasi jendela rumah yang pasti akan dapat terlihat oleh setiap orang. Sehingga nilai seni dan estetikanya sangat penting untuk diperhatikan. Jadi itu lho perbedaannya. 😊 

Oleh karena itu, sebelum pasang ventilasi untuk jendela, biasanya seseorang akan memilih model ventilasi jendela terlebih dahulu.

Tentunya ada beberapa kriteria yang harus diperhatikan saat memilih model ventilasi jendela. Apa sebab? Karena ventilasi jendela sendiri modelnya sangat banyak, sehingga pengguna harus jeli dalam memilih model yang sesuai dengan gaya rumahnya.

Nah, jika ada diantara Anda yang berencana membangun rumah dan sedang memilih model ventilasi jendela yang tepat, yuk simak uraian dibawah ini sampai tuntas.

Cekidot!

1. Model Ventilasi Bingkai Warna Putih


7 Pilihan Model Ventilasi Jendela Untuk Rumah Anda
Ilustrasi. 


Model yang pertama ini sangat cocok dipasang untuk jendela yang berukuran memanjang ke bawah, dan ukurannya tidak terlalu lebar. Setiap ventilasi dan jendela memiliki jarak yang tidak terlalu jauh. 

Begitu pula dengan jarak ventilasi ke ventilasi lainnya yang hampir sama dengan ukuran ventilasi dan jendela. Untuk bingkai yang digunakan adalah berwarna putih dan cocok dipasang pada rumah minimalis.

2. Model Ukuran Kecil dan Agak Panjang


7 Pilihan Model Ventilasi Jendela Untuk Rumah Anda
Ilustrasi. Foto by : Bangun-rumah.com

Model yang kedua ini ukuran agak kecil tapi berbentuk memanjang. Karena ukurannya kecil, maka harus dibuat secara berjajar dan terdiri dari 6 bingkai daun jendela.  Tujuannya agar udara bisa masuk ke dalam rumah secara bebas dari luar. 

Untuk ukuran ventilasi ini sangat cocok jika menggunakan jendela yang memanjang namun memiliki ukuran yang tidak lebar. 

3. Model Memanjang

7 Pilihan Model Ventilasi Jendela Untuk Rumah Anda
Ilustrasi. Foto by : Dekorrumah.net

Model memanjang yang dimaksud adalah model ventilasi jendela yang berukuran memanjang ke samping. Di samping memanjang ke samping, ventilasi ini juga memiliki ukuran yang agak lebar. Oleh karena itu, ventilasi tersebut sangat cocok untuk jendela yang memiliki ukuran sepadan.

Seperti yang terlihat pada gambar, dimana terdapat dua ventilasi dan memiliki jendela yang berjumlah tiga buah. Bingkai yang digunakan pun terbuat dari kayu sehingga memiliki tampilan yang sederhana.

4. Model Kotak


7 Pilihan Model Ventilasi Jendela Untuk Rumah Anda
Ilustrasi. Foto by : Houseandhome.ie

Selanjutnya adalah model ventilasi dengan model kotak yang terdiri dari empat kota untuk setiap ventilasi. Berdasarkan gambar tersebut, ada tiga buah ventilasi yang berjajar dan berbentuk kotak-kotak. Dari keempat kotak yang ada pada setiap ventilasi memiliki pembatas yang berwarna hitam.

Model jendela yang digunakan pun adalah model yang memanjang. Memang terlihat sangat elegan dan memberikan makna yang sangat mewah. Selain itu, sangat cocok pula untuk ditambah aksesoris berupa tirai yang sepadan.

Info Menarik Lainnya : 7 Model Ventilasi Atap Dapur Paling Direkomendasikan

5. Ventilasi yang Terbuat dari Logam


7 Pilihan Model Ventilasi Jendela Untuk Rumah Anda
Ilustrasi. Foto by : Pinterest

Siapa sangka, ada juga ventilasi jendela yang terbuat dari logam sehingga tahan lama. Selain logam yang tahan lama, ventilasi ini juga memiliki bagian kaca yang tebal. Pada gambar tersebut, ventilasi jendela ini memiliki dua model ukuran yang berbeda, yakni ukuran segi empat dan ukuran memanjang.

Untuk ukuran segi empat berada pada bagian tengah, sedangkan yang memanjang berada pada sisi samping dan atas. Adapun jenis jendela yang cocok adalah jendela geser yang memiliki ukuran lumayan lebar. Memang masih jarang yang menggunakan jenis jendela yang satu ini.

Info Menarik Lainnya : Simak! Macam macam Ventilasi Udara Yang Perlu Diketahui

6. Model Kerajaan


7 Pilihan Model Ventilasi Jendela Untuk Rumah Anda
Ilustrasi. Foto by : Gebyokukiranjepara.com

Model ventilasi untuk jendela yang tidak kalah uniknya adalah model kerajaan. 

Dengan kata lain bahwa model ventilasi tersebut tampak seperti jendela yang ada pada kerajaan zaman dahulu dan terbuat dari kayu. 

Ventilasi tersebut memiliki ukiran dan lubang yang sangat kecil. Meskipun memiliki lubang kecil namun udara masih bisa masuk ke dalam rumah. 

Info Menarik Lainnya : Ukuran Kusen Pintu dan Jendela Rumah Minimalis Yang Ideal

7. Ventilasi Kaca Dengan Bingkai Alumunium


7 Pilihan Model Ventilasi Jendela Untuk Rumah Anda
Ilustrasi. Foto by : Upharga.com

Yang terakhir adalah model ventilasi kaca yang memiliki ukuran segi empat. 

Berdasarkan gambar, ventilasi jendela tersebut berjumlah sembilan kotak yang saling berjajar di atas pintu. Di samping pintu tersebut terdapat pula jendela kaca yang memiliki bentuk sederhana. Sehingga cahaya dari luar bisa masuk ke dalam rumah. 

Bagaimana menurut Anda? Ventilasinya terlihat elegan sekali bukan? Apalagi jika menggunakan bingkai alumunium berwarna putih, dijamin tampilan rumah Anda akan tampak semakin cantik.

Demikianlah 7 model ventilasi jendela yang semoga bisa menjadi referensi bagi Anda. 

Sampai jumpa lagi di artikel menarik selanjutnya.

Post a Comment for "7 Pilihan Model Ventilasi Jendela Untuk Rumah Anda"