Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Ukuran Rangka Plafon Gypsum yang Ideal, Kita Ulas Yuk!

Ukuran rangka plafon gypsum - Di zaman dahulu kala mungkin tidak banyak orang yang memikirkan tentang ukuran rangka plafon yang ideal. Lah, lagian apa yang mau dipikirin? Wong rumah di zaman engkong buyut kita dulu itu (kebanyakan) belum pakai plafon kok. 😁

Terutama pada rumah-rumah kayu yang ada di pelosok kampung. Hampir semua bagian atapnya melompong begitu saja tanpa diberi pembatas sama sekali. Jadi pada zaman dahulu sudah jadi hal yang biasa jika kita berkunjung ke rumah tetangga, saat menengok ke atas langsung kelihatan atap gentengnya.

Namun pada saat ini sudah sangat jarang sekali langit-langit rumah yang berhadapan langsung dengan genteng. Kebanyakan orang zaman sekarang pasti akan memasang plafon saat membangun rumahnya. 

Tujuannya agar dapat menutupi rangka genteng rumahnya tersebut.

Tampaknya orang zaman sekarang mulai menyadari tentang pentingnya nilai estetika pada sebuah bangunan. Sebab memang akan mencolok sekali perbedaannya sebuah rumah yang dipasangi plafon dengan yang tidak memiliki plafon. 

Sebagus apapun bangunan sebuah rumah, maka akan sia-sia saja jika tidak ada plafonnya. 

Apa sebab?

Karena pemandangan bagian interior atas rumah itu pasti akan terlihat berantakan sekali. 

Betul apa betul? 😁

Oleh karena alasan itulah, maka tidak heran jika semua orang pasti memasang plafon pada rumahnya.


5 Ukuran Rangka Plafon Gypsum yang Ideal, Kita Ulas Yuk!
Ilustrasi. Foto by : https://www.ilmusosial.id

Dan salah satu jenis plafon yang paling banyak digunakan orang yaitu dari bahan gypsum. Plafon jenis ini jadi favorit karena harganya yang relatif murah. Selain itu plafon gypsum juga dapat membuat hawa ruangan menjadi sejuk.   

Ketika memasang plafon ini, maka terdapat beberapa ukuran rangka plafon gypsum yang ideal sesuai kebutuhan. Anda bisa memilih salah satu ukuran yang sesuai dengan bangunan rumah Anda. 

Berikut ini beberapa macam ukuran rangka plafon gypsum tersebut.

Yuk simak terus ulasannya hingga tuntas.

Cekidot!

1. Ukuran Rangka 60 cm x 60 cm


5 Ukuran Rangka Plafon Gypsum yang Ideal, Kita Ulas Yuk!
Ilustrasi. Foto by : Larantukagypsum.com

Pada ukuran 60 cm x 60 cm ini dapat menggunakan besi hollow dengan perkiraan ukuran 0,25 dan 0,3 untuk tebal besinya. Hal ini akan membuat kerangka plafon semakin kokoh. 

Jadi pada pemilihan ukuran juga tidak dapat asal, karena berpengaruh pada ketahanan rangka gypsum. Pastikan ukuran rangka plafon itu dapat dicocokkan dengan ukuran rangka gypsum yang akan digunakan.

Biasanya ukuran rangka ini digunakan sebagian besar rumah yang tidak kecil, jadi tidak terlalu memakan banyak besi untuk menutupi rangka. 

Ukuran hollow sangat berpengaruh terhadap ukuran rangka plafon dari gypsum yang akan digunakan. Sebenarnya ukuran 60 cm x 60 cm dapat digunakan pada rumah ukuran besar juga dan hollownya menyesuaikan.

2. Ukuran Rangka 60 cm x 80 cm


5 Ukuran Rangka Plafon Gypsum yang Ideal, Kita Ulas Yuk!
Ilustrasi. Foto by : Sipadu.isi-ska.ac.id

Apabila ingin menggunakan ukuran plafon yang sesuai standar, dapat menggunakan ukuran rangka 60 cm x 80 cm. Pastinya ukuran rangka plafon gypsum ini sudah paling sering digunakan dirumah-rumah, karena paling menghemat elemen tambahan lainnya. 

Bentuk plafon pada ukuran ini dapat menyesuaikan rumahnya.

Kokohnya rangka plafon itu juga dipengaruhi oleh cara tukang bangunan meletakkan kerangka ini pada bagian langit-langit rumah. Ketepatan dalam memasang, akan membuat ukuran ini dapat dimanfaatkan sebagaimana kegunaannya. Inilah ukuran paling ideal dibandingkan dengan ukuran rangka lainnya.

Info Menarik Lainnya : Jenis Plafon Gypsum Terbaik untuk Hunian Idamanmu, Cek Yuk!

3. Ukuran Rangka 60 cm x 120 cm


5 Ukuran Rangka Plafon Gypsum yang Ideal, Kita Ulas Yuk!
Ilustrasi. Foto by : Hollowcakrawala.wordpress.com


Apabila ingin menggunakan ukuran rangka 60 cm x 120 cm pada plafon gypsum ini harus memperhatikan ukuran besi hollow. Menggunakan besi ini tidak dapat sembarangan tanpa melihat ketebalannya. Karena hal ini akan berpengaruh pada kekokohan plafon. 

Pada ukuran 60 cm x 120 cm dapat menggunakan ketebalan besi lebih dari 0,4 mili.

Hasil plafon yang memuaskan dapat dilihat dari ketepatan pemilihan ukuran setiap elemen yang dibutuhkan. Hal ini dimaksudkan agar tidak bekerja dua kali dalam memperbaiki plafon yang telah dibuat sebelumnya. 

Perhatikan baik-baik detail dari setiap ukuran yang digunakan agar tidak menemui kekeroposan dan menyesal pada akhirnya.

Info Menarik Lainnya : 7 Kelebihan & 2 Kekurangan Bahan Plafon Gypsum, Simak Yuk!

4. Ukuran Rangka 30 cm x 40 cm


5 Ukuran Rangka Plafon Gypsum yang Ideal, Kita Ulas Yuk!
Ilustrasi. Foto by : Vdocuments.mx

Pada ukuran 30 cm x 40 cm ini memang terkesan sederhana dan kecil. Padahal untuk menutupi rangka ini tidak serumit rangka ukuran 40 cm x 60 cm. Pastikan pada saat memasang rangka gypsum dengan ukuran ini tongkat penyangga yang digunakan kuat.

Jarak rangka pada plafon juga sudah sesuai dengan kebutuhan. Ha ini akan berpengaruh pada kokohnya plafon nantinya. Pastikan hollow yang digunakan juga ketebalannya sesuai, jangan berdasarkan perkiraan.

Info Menarik Lainnya : Kelebihan & Kekurangan Bahan Plafon Kalsiboard untuk Rumah

5. Ukuran Rangka 40 cm x 60 cm


5 Ukuran Rangka Plafon Gypsum yang Ideal, Kita Ulas Yuk!
Ilustrasi. Foto by : Andalan68.wordpress.com


Inilah ukuran yang saat ini sudah cukup banyak digunakan yaitu 40 cm x 60 cm. Pada saat menggunakan ukuran ini juga perlu banyak besi hollow sebagai elemen tambahan untuk memperkuat plafonnya.

Ukuran 40 cm x 60 cm merupakan ukuran yang paling tepat untuk memperkokoh desain plafon yang diinginkan. 

Pastikan juga elemen-elemen lain yang terpasang juga ukurannya sesuai. Plafon ukuran ini dapat mempercantik interior rumah.

Catatan: Semua ilustrasi diatas hanya untuk pemanis. Jadi harap maklum jika ada ukuran rangka plafon yang kurang akurat (pada sebagian gambar).

Demikian diatas berbagai ukuran rangka plafon gypsum. Anda dapat memilih salah satunya untuk mempercantik interior atas rumah Anda. Semoga informasi ini dapat membantu Anda. 

Sampai jumpa lagi di artikel menarik selanjutnya.

Yunita
Yunita Saya seorang ibu rumah tangga yang gemar menulis.

Post a Comment for "5 Ukuran Rangka Plafon Gypsum yang Ideal, Kita Ulas Yuk!"