Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

7 Kelebihan & 2 Kekurangan Bahan Plafon Gypsum, Simak Yuk!

Bahan Plafon Gypsum - Dalam membangun sebuah tempat tinggal tentu akan banyak material yang dibutuhkan. Salah satunya adalah plafon. Dan dari semua jenis plafon yang ada, maka gypsum termasuk salah satu bahan plafon yang paling banyak digunakan orang.

Plafon gypsum memiliki banyak kelebihan, namun ada juga kekurangannya. Perlu diketahui, bahan plafon gypsum terbuat dari campuran bubuk kertas dan sedimen batuan (casting) yang diolah sedemikian rupa.

Penggunaan jenis plafon biasanya dipengaruhi oleh kebutuhan dan keinginan si pembuat rumah itu sendiri. Plafon adalah komponen yang sangat penting untuk membatasi tinggi sebuah ruangan. Selain itu, plafon juga memberikan perlindungan, keamanan, dan fungsi dekorasi dari sebuah ruangan.

So, sebelum Anda memutuskan untuk menggunakannya, maka alangkah lebih baik di cek dulu apa saja kelebihan serta kekurangan bahan plafon gypsum tersebut. 


7 Kelebihan & 2 Kekurangan Bahan Plafon Gypsum, Simak Yuk!

Berikut ini akan di uraikan kelebihan dan kekurangannya secara rinci dan mendetail.

Simak sampai tuntas yuk.

Cekidot!

Beberapa Kelebihan Bahan Plafon Gypsum

Letak atau penempatan plafon mempengaruhi kondisi suatu ruangan di dalam rumah. Apabila pemasangannya terlalu rendah, ruangan akan terasa sempit dan sesak. Sebaliknya, apabila terlalu tinggi akan mempengaruhi keindahan atau estetika ruangan. Pemasangan plafon biasanya 2,5 – 3,5 meter dari lantai. 

Untuk memastikan bahwa Anda telah memilih plafon yang tepat, maka simak dulu beberapa kelebihan plafon gypsum berikut ini.

1. Mudah Ditemukan (Terutama di Kawasan Perkotaan) 

Jika Anda berdomisil di kawasan perkotaan dan berencana akan membangun rumah, maka di sarankan agar memilih plafon dari bahan gypsum. Pasalnya plafon gypsum ini sangat mudah ditemukan di areal perkotaan.

Hal ini mungkin disebabkan karena jenis plafon itu telah populer dan banyak peminatnya. Sehingga banyak toko material yang menjual dan menyediakan jenis plafon tersebut. 

2. Harganya Relatif Murah

Dalam membangun suatu rumah yang nyaman, pastinya semua orang akan memikirkan biaya yang nantinya akan keluar untuk operasional dan juga material. Harga yang relatif lebih murah sangat menguntungkan dari berbagai sudut pandang. Namun para pengguna plafon harus selektif dalam memilih plafon yang bagus dengan harga yang lebih rendah.

3. Memberikan Kesan Mewah dan Menarik

Dengan menggunakan bahan plafon gypsum, ruangan yang ada di dalam rumah terkesan  rapi, bersih, dan mewah. Menyulap sebuah ruangan terlihat minimalis kini bukan hanya mimpi. Cukup gunakan dan pasang plafon gypsum, maka ruangan rumah Anda akan terlihat lebih indah. 

Tidak perlu khawatir dengan masalah budget, karena jenis plafon ini harganya relatif murah. 

Info Menarik Lainnya : Kelebihan & Kekurangan Bahan Plafon Kalsiboard untuk Rumah

4. Pemasangannya Relatif Mudah dan Cepat

Pemasangan plafon cukup mudah jika Anda paham teknik dan cara memasangnya. Dikatakan mudah karena memasang plafon ini bisa dilakukan menggunakan sekrup dan bor khusus untuk plafon.

Nah karena menggunakan mesin bor ketika memasang sekrupnya, sehingga pengerjaannya jadi jauh lebih cepat. Hal ini bisa Anda bandingkan dengan proses memasang plafon dari triplek (misalnya). 

Pemasangan plafon triplek biasanya butuh pengerjaan yang lebih lama daripada plafon gypsum. Terutama jika pemasangan plafon triplek itu secara manual (menggunakan paku dan palu). 

5. Bisa Didesain Bertingkat

Selain mempunyai pilihan motif yang cukup banyak, ternyata bahan plafon gypsum juga bisa didesain bertingkat. Istilah lain untuk plafon bertingkat adalah drop ceiling. Desain lain yang mungkin bisa dijadikan inspirasi bagi para arsitek adalah bentuk kubah atau dome. Untuk membentuk plafon seperti itu dibutuhkan perhitungan yang hati-hati.

Info Menarik Lainnya : 5 Contoh Plafon Rumah Minimalis Terbaik, Lihat Yuk!

6. Bahan Plafon Gypsum Dapat Membuat Hawa Udara di Rumah Jadi Sejuk

Bahan gypsum memiliki sifat daya hantar panas yang kecil. Hal ini disebabkan oleh bahan mineral dari gypsum itu sendiri yang mampu menyerap hawa panas. Oleh karena itulah, jangan heran kalau Anda merasa sejuk ketika berada di dalam rumah dengan plafon gypsum.  

7. Tidak Mudah Terbakar

Bahan plafon gypsum juga punya ciri khas tidak mudah terbakar. Seperti yang telah dijelaskan pada poin nomor 6 diatas, dimana bahan gypsum ini memiliki sifat penghantar panas yang kecil, sehingga membuatnya tidak mudah terbakar.

Kalaupun di jilat api, paling-paling hanya bahan kertasnya saja yang terkena, namun bahan gypsumnya sendiri tidak akan menyebarkan api (tidak terbakar). 

Info Menarik Lainnya : Cara Membuat Plafon Rumah dari Triplek (Tutorial)

Kekurangan Plafon Gypsum

Selain kelebihan yang telah disebutkan di atas, terdapat beberapa kekurangan yang dapat dijadikan pertimbangan sebelum memilih plafon gypsum. Karena setiap benda di dunia ini pasti memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, begitu juga halnya dengan plafon gypsum ini.  

Berikut kekurangannya:

1. Tidak Anti Air

Sayangnya bahan plafon gypsum memiliki sifat yang tidak tahan air. Jadi apabila rumahnya terletak di daerah dengan curah hujan tinggi, bisa dipastikan bahwa plafon gypsum kurang memberikan perlindungan ekstra terhadap kebocoran yang mungkin terjadi ketika turun hujan. Mungkin bisa disiasati dengan memberikan cat anti air ke plafon ketika dipasangkan.

2. Mudah Retak dan Kusam

Apabila plafon sering terkena hujan ataupun cuaca yang lembab, biasanya akan cepat berjamur, rusak, dan kelihatan kusam. Salah satu cara menghindarinya adalah dengan menempatkan plafon di tempat yang sirkulasi udaranya baik. Plafon gypsum juga rawan retak ketika terkena benturan seperti hewan di atap ataupun gempa bumi.

Bagi yang memiliki budget terbatas mungkin plafon ini menjadi salah satu opsi untuk dapat digunakan. Meskipun tidak tahan air, plafon gypsum ternyata tahan api. Pemasangannya pun relatif lebih cepat.

Info Menarik Lainnya : Cara Memasang Plafon Rumah dari Terpal Plastik

Itulah kelebihan dan kekurangan bahan plafon gypsum yang harus diperhatikan sebelum memilih material untuk membangun sebuah hunian. Semoga informasi ini dapat bermanfaat.

Post a Comment for "7 Kelebihan & 2 Kekurangan Bahan Plafon Gypsum, Simak Yuk! "