Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML Atas

Cara Menambal Atap Spandek Bocor dengan Tepat & Kuat

Cara menambal atap spandek bocor - Apakah Anda merasa asing atau baru mendengar tentang atap spandek? Sebelum membahas tentang cara menambalnya, yuk mari sama-sama kita ulas tentang salah satu jenis atap rumah ini.

Jadi spandek merupakan jenis atap yang terbuat dari campuran silikon, aluminium, dan zincalume. Atap ini sifatnya lebih kuat jika dibandingkan dengan seng biasa dan genteng tanah liat.

Selain kuat, kelebihan dari atap spandek yaitu anti karat dan mempunyai fleksibilitas yang baik. Atap spandek sendiri banyak digunakan untuk atap bangunan besar seperti mall, toko, dan pabrik. Atap spandek juga cocok digunakan sebagai bahan atap rumah pribadi.

Namun walau tergolong kuat, terkadang atap spandek bisa juga mengalami kebocoran. Ada beberapa sebab yang membuat atap spandek ini mengalami kebocoran. 

Diantaranya sbb:

  • Teknik pemasangan yang tidak tepat (salah pasang)
  • Salah dalam mengatur kemiringan atap 
  • Salah dalam mengatur posisi dan arah atap
  • Ada bagian dari struktur atap spandek yang berlubang
  • Ada celah diantara pertemuan atap dan dinding 
  • Dan berbagai sebab kebocoran yang lainnya.

Nah apakah Anda termasuk pemakai atap spandek dan sedang mengalami salah satu atau beberapa penyebab kebocoran diatas?

Tenang saja,,,, karena artikel ini akan mengulas lengkap tentang cara menambal atap spandek bocor.


Cara Menambal Atap Spandek Bocor dengan Tepat & Kuat
Ilustrasi. Foto by : Dhi Dhut (Youtube).

Simak hingga tuntas yuk.

Cekidot!

1. Perbaiki Posisi Atap Spandek

Sebenarnya atap spandek ini tidak mudah bocor. Jadi walaupun ada terjadi kebocoran, itu biasanya disebabkan karena posisi atap yang salah. Nah, langkah yang perlu Anda lakukan jika terjadi kebocoran ini adalah memperbaiki posisi atap spandek tersebut. 

Posisi atap yang salah adalah jika berada dalam posisi kemiringan yang tidak pas. Apalagi jika arahnya juga tidak tepat. Karena akan menyebabkan ada celah terbuka, sehingga membuat air masuk ke dalam rumah. Hal itulah yang menyebabkan terjadinya 'kebocoran'.

Jadi pastikan ketika Anda memperbaiki posisi atap spandek, kemiringan dari atap harus pas dengan kemiringan rumah. Kemiringan yang pas ini sekitar 30-40 derajat. 

Untuk menyesuaikan kemiringan atap ini cukup sulit jika dilakukan sendiri. Maka dari itu, untuk memperbaiki posisi atap tersebut sangat dianjurkan menggunakan jasa tukang yang sudah ahli.

Info Menarik Lainnya : Kelebihan & Cara Pasang Atap Alderon dengan Mudah

2. Perbaiki Pemasangan         

Selain posisi atap spandek yang salah, atap bocor juga bisa terjadi karena pemasangan yang kurang tepat. Maka, cara menambal atap spandek yang bocor adalah dengan memperbaiki pemasangan. 

Untuk memperbaiki pemasangan ini, maka tentu Anda harus membongkar atap. Sama seperti cara sebelumnya, bagian ini lebih baik diserahkan kepada orang yang sudah ahlinya.

Kesalahan ketika memasang atap spandek biasanya adalah jarak yang kurang rapat, atau karena atap yang terbalik. Saat akan memperbaiki pemasangan, kurangi juga sambungan antar atap. Namun jangan dikurangi terlalu banyak, karena atap tersebut dapat berpotensi mengalami kebocoran kembali.

3. Tambal Atap yang Bocor

Jika ternyata posisi maupun pemasangan atap sudah tepat, maka penyebab atap spandek bocor lainnya adalah karena atap yang berlubang. Biasanya usia atap yang sudah lama menjadi penyebab atap berlubang. Bisa juga disebabkan karena kurangnya perawatan atau tertimpa benda keras.

Ada beberapa bahan yang bisa digunakan untuk menambal atap spandek. Bahan-bahan tersebut adalah lem dan lakban. Tentu saja lem atau lakban yang digunakan jenis khusus untuk atap spandek. 

Anda juga bisa menggunakan bahan khusus untuk menambal atap yang bocor. Salah satu merek yang terkenal berkualitas baik yaitu Aquaproof.

Sebelum dilakukan penambalan, sebaiknya bersihkan dahulu area yang akan ditambal.

Info Menarik Lainnya : Yuk Kita Ulas Kelebihan & Cara Pasang Atap Baja Ringan

4. Gunakan Cat Waterproofing

Menggunakan cat waterproofing  merupakan cara menambal atap spandek bocor yang ke empat. Cat waterproofing sendiri adalah cat yang bisa mencegah air masuk atau me-rembes. Selain bisa mencegah air masuk, cat waterproofing juga bisa berfungsi sebagai anti karat.

Cara mengaplikasikan cat waterproofing ke dalam atap spandek juga cukup mudah. Tidak perlu menggunakan jasa yang sudah ahli. Tidak hanya bisa melindungi atap ketika musim hujan, cat waterproofing ini juga bisa melindungi dari sengat matahari. Sangat multifungsi bukan?

5. Mengganti dengan Atap Baru

Atap spandek yang sudah digunakan terlalu lama tentu akan mengalami pelapukan dan kerusakan dimana-mana. Jika atap spandek sudah sangat hancur seperti retak yang cukup parah, maka lebih baik mengganti atap dengan yang baru.

Cara ini merupakan cara terakhir yang bisa dilakukan ketika atap sudah tidak bisa diselamatkan dengan cara sebelumnya. Jangan menunggu sampai rusak parah baru mengganti dengan yang baru.

Info Menarik Lainnya : 8 Macam Contoh Rumah Atap Galvalum dan Keunggulannya

Nah, diatas merupakan cara menambal atap spandek bocor dengan baik dan benar. Perlu diingat bahwa resiko kebocoran menggunakan atap spandek sangat kecil. Jangan lupa untuk merawat atap agar bisa lebih tahan lama.

Semoga dapat bermanfaat dan sampai jumpa lagi di artikel menarik selanjutnya.

Post a Comment for "Cara Menambal Atap Spandek Bocor dengan Tepat & Kuat "