Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML Atas

Kelebihan & Cara Pasang Atap Alderon dengan Mudah

Kelebihan & Cara Pasang Atap Alderon dengan Mudah


Cara Pasang Atap alderon - Sudah tahukah Anda apa itu atap alderon? Ini merupakan salah satu jenis (varian) atap PVC yang sedang populer. Atap ini terbuat dari bahan dasar PVC (Polivinyl Chloride).

Beberapa Kelebihan Atap Alderon  

Atap alderon ini memiliki beberapa kelebihan yang tidak dimiliki oleh jenis atap yang lainnya.

Diantaranya sbb:

Formula Yang Unik

Atap alderon memiliki formula yang unik, yaitu struktur pada dinding rongganya yang padat. Hal tersebut membuat atap alderon ini memiliki karakteristik yang kuat dan kokoh.

Jarak reng (antar purlin) mencapai 1200 mm. Hal ini sangat menguntungkan bagi penggunanya. Apa sebab? Karena akan memudahkan pemasangan dan juga menghemat biaya pembelian purlin. 

Memiliki Kemampuan Untuk Meredam Hawa Panas

Kemampuan menahan hawa panas ini timbul karena adanya rongga pada atap alderon tersebut. Dan di dalam rongga itu tentu ada udara. Nah udara itulah yang menjadi peredam hawa panas yang datang dari sinar matahari.

Seperti yang telah kita ketahui bahwa udara adalah salah satu filter (pengambat) panas yang sangat baik. Dengan adanya udara didalam rongga atap itu, sehingga membuat hawa panas dari atas tidak langsung menembus ke dalam rumah, tapi disaring terlebih dahulu oleh atap alderon tersebut. 

Mampu Mencegah Kebocoran

Alderon merupakan jenis atap yang dapat mencegah kebocoran. Hal ini bisa terjadi karena atap alderon dilengkapi dengan Anti Leakage Coupling System.

Lalu apa itu Anti Leakage Coupling System? 

Jadi itu adalah semacam sistem kopling anti bocor. Dengan adanya sistem tersebut, sehingga kebocoran atap dapat dicegah.

Demikianlah diatas beberapa kelebihan atap alderon yang terbilang unik. Kelebihan yang khas tersebut bisa dikatakan tidak dimiliki oleh jenis atap yang lainnya.

Cara Pasang Atap Alderon

Sebelumnya diatas telah sempat saya singgung tentang cara pasang atap alderon ini cukup mudah. Sehingga relatif tidak membutuhkan waktu yang lama untuk memasangnya. Namun bagi orang yang belum pernah memasang atap alderon ini, maka ada kemungkinan melakukan kesalahan saat memasangnya.

Seperti apa contohnya?

Di antaranya seperti letak pemasangan yang tidak tepat (keliru). Bila hal ini terjadi, maka akan dapat membuat atap tersebut jadi bocor ketika turun hujan. Untuk mengantisipasi hal tersebut, maka dapat menggunakan nok atau yang sering disebut dengan wuwungan.

Nah agar jangan sampai terjadi kesalahan saat memasang atap alderon, maka berikut ini akan penulis uraikan beberapa cara pasang atap alderon dengan baik dan benar.

Semoga uraian ini dapat sedikit membantu Anda dalam memasang atap alderon secara mandiri.

Langsung aja simak hingga tuntas yuk!

Persiapan Pemasangan Atap Alderon 

Sebelum memulai proses pemasangan atap alderon, sebaiknya mempersiapkan berbagai macam keperluan yang akan digunakan. 

Diantaranya seperti :

1. Menyiapkan Komponen yang Akan Digunakan

Sebelum memulai untuk melakukan proses pemasangan atap jenis alderon, perlu menyiapkan dan memperhatikan berbagai macam komponen yang akan digunakan. Apakah sudah tersedia dan siap untuk digunakan atau belum.

Di antara komponen tersebut meliputi lembaran atap alderon itu sendiri. Yang ditambahkan dengan bahan pelengkap yang lain seperti wuwungan atau nok alderon dan juga sekrup Alderon Weather Seal. Beragam bahan tersebut dapat ditemukan dengan mudah di berbagai macam toko bangunan.

2. Menyiapkan Peralatan

Selain komponen yang akan digunakan, cara pasang atap alderon juga harus memperhatikan beragam peralatan yang akan digunakan. Di antara peralatan yang perlu dipersiapkan ketika ingin melakukan pemasangan atap alderon.

Adalah bor, obeng, meteran dan berbagai macam peralatan tukang lainnya. Meskipun berbagai macam alat telah disiapkan, namun untuk proses pemotongan lembaran alderon sebaiknya dilakukan dengan mesin pemotongan yang sering disebut dengan gerindra. Hal ini supaya hasil potongan yang didapatkan juga lebih rata dan sesuai dengan keinginan.

Tata Cara Pemasangan Atap Alderon 

Jika masih bingung dengan bagaimana cara memasang atap alderon yang tepat. Maka solusinya adalah dengan mengikuti petunjuk berikut ini:

1. Pastikan Posisi Atap yang Akan Dipasang Sudah Tepat

Pada saat memulai proses pemasangan atap alderon, maka sebaiknya pastikan terlebih dahulu jika tanda yang diberi nama 'This Side Up' telah menghadap ke atas. Baru dapat dilanjutkan dengan proses selanjutnya. Di mana proses ini membutuhkan bantuan sebuah sekrup yang bernama Weather Seal.

Sekrup ini dirancang khusus untuk atap alderon yang dilengkapi dengan karet pelindung. 

Cara menggunakan sekrup tersebut adalah dengan membuat lubang berdiameter 33 mm lebih besar dari diameter yang dimiliki oleh sekrup itu sendiri. Hal ini diperlukan untuk ruang pemuaian yang diakibatkan oleh perbedaan suhu siang dan malam.

Info Menarik Lainnya : Yuk Kita Ulas Kelebihan & Cara Pasang Atap Baja Ringan

2. Memasang Atap Alderon dengan Kemiringan yang Tepat


Kelebihan & Cara Pasang Atap Alderon dengan Mudah
Ilustrasi. Foto by : Sites.google.com

Cara berikutnya ketika ingin memasang atap alderon adalah dengan memperhatikan berapa besar kemiringan yang terjadi pada atap. Hal ini dilakukan supaya air hujan dapat mengalir turun dengan baik dan tidak menggenang di atas atap. Di mana kisaran kemiringan yang baik minimal 10 derajat.

Info Menarik Lainnya : 7 Contoh Konstruksi Atap Skylight, Manfaat dan Kelebihannya

3. Menutup Sistem Sambungan 

Selain kemiringan, yang harus diperhatikan juga saat memasang atap alderon adalah sistem sambungannya. Di mana sistem sambungan harus dipastikan terlebih dahulu jika telah ditutup dengan baik bagian atasnya. 

Sambungan yang dimaksud dalam hal ini adalah sambungan anti bocor yang berada di atap (nok atau wuwungan). Lihat foto ilustrasinya dibawah ini.

Kelebihan & Cara Pasang Atap Alderon dengan Mudah

Kelebihan & Cara Pasang Atap Alderon dengan Mudah
Ilustrasi.


4. Memberi Jarak Saat Memasang Atap Alderon 

Jarak yang digunakan sebagai cara pasang atap alderon meliputi jarak sambungan, jarak reng dan juga jarak overhang. Untuk panjang jarak sambungan dianjurkan memiliki ukuran 200 mm bagi atap berbentuk landai. Sedangkan 150 mm untuk ukuran atap miring. Jarak ukuran reng sendiri yang dianjurkan adalah maksimal 1200 mm. Sedangkan jarak untuk overhang yang dianjurkan adalah berukuran 100 mm.

5. Memasang Paku atau Sekrup supaya Atap Tidak Mudah Bergeser

Langkah terakhir yang dapat dilakukan ketika ingin memasang atap alderon adalah dengan memasang paku atau sekrup. Paku ini wajib digunakan. Tujuannya agar atap tidak mudah terlepas atau bergeser. 

Adapun paku yang digunakan dapat berupa paku yang ujungnya memiliki penyangga. 

Itulah diatas uraian tentang cara pasang atap alderon yang dapat Anda coba sendiri di rumah. Namun jika Anda mengalami kesulitan dalam memasangnya, maka sebaiknya gunakan jasa seorang tukang yang telah ahli dalam memasang atap tersebut.

Semoga dapat bermanfaat.

Post a Comment for "Kelebihan & Cara Pasang Atap Alderon dengan Mudah"