Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML Atas

Cara Membuat Taman Depan Rumah Dengan Lahan Sempit

Cara Membuat Taman Depan Rumah Lahan Sempit - Apakah Anda termasuk orang yang menyukai taman? Sehingga berangan-angan punya sebuah  taman khusus di sekitar area rumah Anda? 

Jika iya, yuk sama-sama simak isi ulasan artikel kali ini.  

 

Cara Membuat Taman Depan Rumah Dengan Lahan Sempit
Ilustrasi. Foto by : Kebun Mawarni (Youtube).

Bila Anda termasuk orang yang punya selera seni tinggi, maka pasti suka dengan keindahan. Dan orang yang suka dengan keindahan biasanya cenderung menyukai sebuah taman.

Kenapa bisa begitu?

Sebab sebuah taman pasti penuh dengan bunga dan tanaman hias. Dan pastinya semua itu sangat indah dipandang mata.

Ciri-ciri orang yang menyukai keindahan itu suka sekali mengunjungi area yang berisi taman di kotanya. Contohnya seperti ada orang yang suka pergi ke alun-alun bersama seluruh anggota keluarganya.

Alun-alun memang identik dengan taman dan lapangannya yang luas. Sehingga sangat cocok untuk tempat bermain dan bersantai bersama keluarga. Betul seperti itu 'kan? Saya yakin pasti ada diantara pembaca yang suka bersantai saat waktu luang di alun-alun kotanya. 😊      

Namun bagaimana jika Anda tidak ada waktu luang untuk pergi ke alun-alun tersebut? Maka ada satu solusinya, yaitu dengan cara menciptakan sebuah taman pribadi di rumah Anda sendiri.

Bahkan bila punya taman sendiri, maka Anda bisa lebih bebas dalam berekspresi. Anda bisa bebas memilih jenis tanaman hias yang sesuai dengan selera Anda.

Biasanya, masalah yang paling umum terjadi pada taman pribadi yaitu persoalan luas lahan. Hal ini terutama banyak terjadi pada kawasan perkotaan, dimana lahan perumahan sudah sangat padat dan sempit sekali. 

Nah bisa jadi Anda termasuk salah seorang pecinta taman yang juga mengalami masalah tersebut. Jadi Anda ingin sekali punya sebuah taman di rumah, namun apa daya lahan yang tersisa sangat kecil sekali.

Tapi Anda tidak usah khawatir,,,, walau sekecil apapun sisa lahan dirumah Anda, tetap ada peluang untuk menatanya jadi seindah mungkin. Kuncinya adalah pada kreatifitas dan selera seni Anda yang tinggi. Sehingga dapat tercipta taman pribadi yang indah ditengah keterbatasan lahan tersebut.

Lokasi taman bunga yang cocok untuk lahan yang sempit yaitu di depan rumah (pekarangan). Pada umumnya di pemukiman yang kecil dan sempit memang hanya tersisa sedikit lahan tanah didepan rumah. Biasanya pekarangan itu berukuran seluas 2 hingga 3 meter. Itu sudah cukup lumayanlah untuk lahan sebuah taman bunga mini.

Nah, tugas Anda adalah bagaimana caranya agar bisa menyulap taman bunga mungil itu tetap indah dipandang mata.

Berikut ini ada beberapa trik & cara membuat taman depan rumah dengan lahan yang sempit.

Simak terus sampai tuntas yuk!

Cekidot!

1. Lebih Menonjolkan Area Hijau

Salah satu trik dalam membuat taman depan rumah dengan lahan yang sempit yaitu dengan menonjolkan area hijau. Artinya rancanglah taman rumah Anda itu menjadi hijau dan rindang. 

Bagaimana caranya?

Salah satu trik yang dilakukan yaitu dengan menanam tanaman yang tumbuhnya secara merambat. 

Misalnya dengan menanam pohon anggur dipekarangan rumah Anda tersebut. Tentu kita semua telah tahu bahwa anggur termasuk salah satu jenis tanaman merambat. 

 

Cara Membuat Taman Depan Rumah Dengan Lahan Sempit
Ilustrasi. Foto by : Bibitbunga.com
 

Dengan adanya pohon anggur ini, maka pekarangan rumah Anda jadi tampak lebih hijau dan indah dipandang mata. Sebagai variasi tambahan, maka Anda bisa menaruh beberapa pot bunga di bagian sudut rumah. Lebih sempurna lagi bila Anda tambah dengan 2 - 3 pot bunga gantung di pekarangan rumah Anda tersebut.

Ada kesalahan dari sebagian orang yang hanya meletakkan beberapa tanaman hijau di bagian sudut saja. Padahal untuk dapat membuat sebuah taman terlihat indah, maka diperlukan keserasian dan keseimbangan. Dengan demikian rumah jadi tampak nyaman dengan beberapa tanaman hijau yang saling melengkapi.

2. Membuat Sebuah Kolam Mini Agar Terkesan Natural

Banyak orang yang beranggapan bahwa kolam hanya bisa untuk taman dengan lahan yang luas saja. Padahal tidaklah sepenuhnya seperti itu. Jika Anda hanya punya lahan kecil, maka tetap dapat disiasati kok,,, yakni dengan membuat kolam ikan berukuran mini. 

 

Cara Membuat Taman Depan Rumah Dengan Lahan Sempit
Ilustrasi. Foto by : Arafuru.com
 

Nantinya kolam ikan itu dilengkapi dengan air mancur yang didesain semenarik mungkin. Untuk memudahkan langkah kaki Anda dari kolam ikan menuju teras rumah, maka Anda dapat membuat pijakan kaki berupa batu atau bahan lainnya. 

Info Menarik Lainnya : 5 Cara Menata Taman Depan Rumah Agar Tampak Asri & Indah

3. Menambahkan Pohon Berbentuk Kerdil

Keberadaan pohon untuk sebuah taman akan semakin mempercantik tampilan dan juga melengkapi keberadaan taman itu sendiri. Alhasil cara membuat taman depan rumah lahan sempit dengan menambahkan pohon berukuran kerdil dapat menjadi salah satu pilihan.

 

Cara Membuat Taman Depan Rumah Dengan Lahan Sempit
Ilustrasi. Foto by : Blog.elevenia.co.id

 

Pohon tersebut dapat diletakkan berdasarkan desain dan selera Anda sendiri. Terdapat banyak pilihan pohon yang dapat ditanam untuk taman kecil minimalis Anda. Contohnya seperti pohon cemara yang hanya tumbuh ke atas. Bisa juga menggunakan jenis pohon lainnya, misalnya jenis bonsai, dll. Semua terserah pilihan Anda.

Info Menarik Lainnya : Cara Menata Batu di Taman Agar Terlihat Asri & Cantik

4. Tambahkan Tanaman Pot yang Digantung

Jika lahan Anda sudah sangat sempit sekali, maka solusinya bisa dengan cara menaruh pot yang digantung di depan teras. Untuk bentuk pot-nya, bisa Anda kreasikan sendiri sesuai selera. Misalnya dapat dibuat berupa pot berbentuk lampu dan yang lainnya. 

 

Cara Membuat Taman Depan Rumah Dengan Lahan Sempit
Ilustrasi. Foto by : Rumahkuunik.com
 

Pilihan jenis tanamannya sendiri juga cukup beragam. Mulai dari tanaman kecil hingga tanaman hias yang tumbuh memanjang. Silahkan Anda kombinasikan saja semua jenis tanaman tersebut. Yang penting hasilnya terlihat serasi dan seimbang. 

Info Menarik Lainnya : Cara Menata Pot Bunga di Teras Rumah Sederhana

5. Menjadikan Teras Bagian dari Taman

Menjadikan teras bagian dari taman adalah salah satu cara membuat taman depan rumah lahan sempit berikutnya. Jika area depan rumah sangat sempit dan terbatas, maka Anda bisa membuat teras rumah menjadi bagian dari taman tersebut.

 

Cara Membuat Taman Depan Rumah Dengan Lahan Sempit
Ilustrasi. Foto by : Res.cloudinary.com


Namun hal ini bukan berarti mengalihkan fungsikan teras menjadi taman. Melainkan hanya meletakkan beberapa tanaman di bagian teras rumah, supaya ukuran taman jadi terkesan lebih besar. Caranya yaitu dengan membuat tanaman berukuran kecil dalam pot, kemudian diletakkan pada bagian strategis di teras tersebut.

Demikian ulasan tentang cara membuat taman depan rumah lahan sempit. Cara di atas dapat menjadi solusi jika lahan tanah dirumah Anda sangat sempit dan terbatas.

Semoga dapat bermanfaat.

Penulis by : Bang izal.

Post a Comment for "Cara Membuat Taman Depan Rumah Dengan Lahan Sempit "