Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menata Kamar Mandi Sederhana (Berukuran Kecil)

Cara Menata Kamar Mandi Sederhana - Kamar mandi termasuk salah satu ruangan yang penting pada sebuah rumah. Ditempat itulah anggota keluarga memenuhi hajatnya untuk buang air, mandi, mencuci, dll. Oleh karena itu, bagian ini tidak boleh diabaikan saat seseorang membangun sebuah hunian. Setidaknya sebuah rumah harus punya minimal 1 ruang kamar mandi.


Cara Menata Kamar Mandi Sederhana (Berukuran Kecil)
Ilustrasi. Foto by : Ikea

Soal berapa besar ukuran kamar mandi tersebut, tentu sangat tergantung dengan luas lahan sang tuan rumah. Bila punya lahan tanah yang luas, maka boleh-boleh saja membangun ruang kamar mandi yang besar.

Bahkan kalau perlu tiap kamar tidur ada ruang untuk mandinya. Jadi kalau ada 4 kamar tidur, maka otomatis ada 4 pula kamar mandinya. Dan semua itu sah-sah saja,,, gak ada yang larang,,, lha wong itu rumahnya sendiri kok. 😁

Sungguh beruntung orang yang diberi kelebihan harta itu. Jika Anda termasuk diantaranya, maka pandai-pandailah mensyukuri semua nikmat Tuhan tersebut. 

Lalu bagaimana dengan orang yang dengan kondisi sebaliknya? Yaitu orang yang ditakdirkan dalam kondisi serba keterbatasan. Lahan tanahnya terbatas, sehingga hanya bisa membangun rumah sederhana dengan 1 ruang kamar mandi berukuran kecil. 

Nah bila ada diantara Anda kondisinya seperti ini, maka janganlah bersedih. Tetaplah bersabar dan bersyukur walau seperti apapun kondisi kita. Lagipula, ruang kamar mandi yang kecil itu bisa ditata sedemikian rupa, sehingga kesannya jadi tampak 'luas' (lapang). Syaratnya Anda harus kreatif dalam menatanya.

Pingin tau cara menata kamar mandi sederhana yang memiliki ukuran kecil? Sehingga hasilnya bisa terkesan lebih besar dan luas? Jika iya, maka yuk simak isi artikel ini hingga tuntas.

Berikut beberapa cara yang dapat dilakukan, agar ruang kamar mandi yang kecil terlihat lebih luas.

Simak penjelasannya hingga tuntas yuk! 

5 Cara Menata Kamar Mandi Sederhana (Berukuran Kecil)

Diantaranya:

1. Menggunakan Rak untuk Menyimpan Barang

Salah satu cara menata kamar mandi sederhana adalah dengan memanfaatkan fungsi rak untuk menata barang di kamar mandi. Tentu supaya barang perabotan seperti berbagai macam botol sabun dan yang lainnya tidak tercecer kemana-mana.

Dengan cara seperti ini, juga dapat mempermudah orang ketika hendak mempergunakan berbagai macam barang tersebut. Pasalnya jika tidak ditata dengan rapi, tentunya membutuhkan waktu yang lebih untuk menemukan barang yang diinginkan.

2. Memanfaatkan Area Atas Wastafel


Cara Menata Kamar Mandi Sederhana (Berukuran Kecil)
Ilustrasi. Foto by : Moslemlifestyle.com

Area bagian atas wastafel yang kosong dapat dimanfaatkan untuk meletakkan beberapa barang. 

Tentunya tidak asal meletakkan begitu saja, melainkan dengan memberikan tempat penyimpanan (biasanya ada 4 bagian atau lebih). Jadi rak ini dapat menggantikan fungsi lemari (jika ruang kamar mandi tidak memungkinkan untuk dimasuki lemari).

Fungsi dari 4 bagian tersebut adalah untuk memisahkan berbagai macam barang yang berada di kamar mandi (berdasarkan jenis dan fungsinya). Misalnya seperti sabun, sikat gigi, pasta gigi dan yang lainnya.

Info Menarik Lainnya : Ide Kamar Mandi Lantai Batu Kerikil, ini Cara Menatanya

3. Memanfaatkan Area Kosong di Atas Closet


Cara Menata Kamar Mandi Sederhana (Berukuran Kecil)
Ilustrasi. Foto by : Helloshabby.com

Tempat kosong di bagian atas closet dapat dimanfaatkan untuk dipasang sebuah lemari kecil.

Lemari tersebut memiliki dua sisi tempat penyimpanan, yakni sisi bagian dalam dan sisi bagian luar. Untuk bagian dalam yang tertutup oleh pintu lemari dapat diisi berbagai peralatan kecil. Misalnya seperti sikat gigi, odol, sisir dan sebagainya.

Sedangkan untuk bagian luar yang terbuka dapat digunakan untuk menyimpan benda besar. Contohnya seperti tisu, handuk, dll. Ini merupakan cara menata kamar mandi sederhana yang bisa Anda ikuti. Cara ini akan mempermudah Anda untuk menemukan barang yang dibutuhkan.

Info Menarik Lainnya : Cara Membersihkan Kerak Kloset Jongkok yang Membandel

4. Memanfaatkan Area Sudut Kamar Mandi


Cara Menata Kamar Mandi Sederhana (Berukuran Kecil)
Ilustrasi. Foto by : Home.co.id

Cara menghemat ruang kamar mandi selanjutnya yaitu dengan memanfaatkan bagian sudutnya. Jadi bagian sudut kamar mandi itu dapat dipasangi sebuah rak. Nantinya rak itu akan berguna untuk menyimpan berbagai macam barang yang ada di kamar mandi tersebut.

Tidak perlu terlalu besar. Pasang saja rak susun yang terdiri dari 4 atau 5 tingkat. Anda bisa menyimpan sabun wajah, body lotion, handuk, dan sebagainya di dalam rak itu. Jika memungkinkan, maka beberapa baju (untuk ganti) juga dapat diletakkan di dalam rak tersebut.

Info Menarik Lainnya : Cara Membersihkan WC Mampet dengan Mudah, Cepat, dan Hemat

5. Mempergunakan Area Belakang Pintu


Cara Menata Kamar Mandi Sederhana (Berukuran Kecil)
Ilustrasi. Foto by : Goodhousekeeping.com

Ini adalah cara yang paling mudah untuk menata kamar mandi sederhana. Artinya cara ini banyak dilakukan oleh orang. Yakni dengan memanfaatkan bagian yang kosong dibelakang pintu kamar mandi tersebut.

Namun kebanyakan orang hanya menaruh handuk saja dibalik pintu kamar mandi itu. Padahal ada cara lain yang jauh lebih lebih efektif. Artinya kita bisa menyimpan lebih banyak barang lagi disana..

Bagaimana caranya? 

Caranya adalah dengan menaruh rak gantung di belakang pintu kamar mandi tersebut. 

Lihat foto ilustrasinya dibawah ini.


Cara Menata Kamar Mandi Sederhana (Berukuran Kecil)

Demikianlah beberapa cara menata kamar mandi sederhana. Dengan melakukan semua trik diatas, maka kamar mandi yang tadinya berukuran kecil akan terkesan lebih lapang dan luas. 

Semoga bermanfaat.

Post a Comment for "Cara Menata Kamar Mandi Sederhana (Berukuran Kecil) "