Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML Atas

Urutan Cara Pasang Plafon Gypsum Yang Tepat & Kuat

Cara Pasang Plafon Gypsum - Apakah Anda sedang membangun rumah dan sudah tahapan finishing memasang plafon pada bagian atapnya? Atau mungkin ingin merombak total plafon rumah yang mulai rusak dan mengganti dengan yang baru? Misalnya mengganti plafon lama (berbahan triplek), dengan plafon baru yang terbuat dari bahan gypsum. 

Jika iya, yuk sama-sama kita kita diskusikan tentang cara pasang plafon gypsum yang tepat dan kuat. Hal ini cukup penting untuk diperhatikan. Karena pemasangan yang tepat, baik dan benar pasti akan berpengaruh terhadap daya tahan plafon tersebut. 


Urutan Cara Pasang Plafon Gypsum Yang Tepat & Kuat
Ilustrasi. Foto by : Ilmubangunan.com

Sebenarnya cara memasang plafon gypsum ini hampir sama saja dengan jenis plafon lainnya. Artinya teknik dan peralatan yang digunakan tidak jauh dari meteran, bor, gunting, seng, dll.

Berikut ini tahapan dan cara pasang plafon gypsum tersebut. 

Mari simak hingga tuntas yuk.

Cekidot!

1. Memasang Wall Angle dan Rangka Plafon

Saat akan memasang rangka atap, pertama kali atur terlebih dahulu ketinggian plafon tersebut. Caranya yaitu dengan mengukur tingginya (garis dan buat titik untuk penanda). Kemudian pasang Wall Angle (sebagai penyangga plafon). Lihat foto ilustrasinya dibawah ini.


Urutan Cara Pasang Plafon Gypsum Yang Tepat & Kuat
Ilustrasi Wall Angle.

Jangan lupa berikan jarak pada setiap tanda yang dibuat. Hal ini berfungsi sebagai tulang-tulang plafon.

Langkah selanjutnya, bentangkan rangka hollow pada bagian atas. Hollow ini nantinya akan berfungsi sebagai penguat dan penahan plafon tersebut. Lihat fotonya dibawah ini.


Urutan Cara Pasang Plafon Gypsum Yang Tepat & Kuat
Ilustrasi bahan baja ringan hollow.



Urutan Cara Pasang Plafon Gypsum Yang Tepat & Kuat
Ilustrasi baja hollow saat akan dipasang.

Setelah itu buat gantungan rangka plafon untuk lebih menguatkan penyangganya. Pada tahap ini pastikan semuanya telah terpasang dengan kuat (tanpa ada bagian yang goyah). Hal ini sangat penting untuk diperhatikan. Sebab kekuatan rangka ini akan sangat berpengaruh besar pada ketahanan plafon.

2. Pasang Papan Gypsum

Setelah bagian pertama diatas selesai, maka cara pasang plafon gypsum selanjutnya yaitu memasang papan gypsum pada rangka hollow tersebut. Perhatikanlah dengan seksama ukuran jarak antar hollow dengan lebar papan yang digunakan. Pastikan sudah saling bersesuaian dan tidak panjang sebelah. 

Lihat salah satu ilustrasi pemasangannya dibawah ini.


Urutan Cara Pasang Plafon Gypsum Yang Tepat & Kuat
Ilustrasi.

Selain itu, perhatikan juga arah papan gypsum tersebut saat akan diletakkan. Jangan asal pasang sehingga papannya terbalik (misalnya). Kalau sampai terbalik, 'kan ujung-ujungnya Anda juga yang repot karena mesti dibongkar lagi. 😂

Apabila terdapat kelebihan pada papan gypsum tersebut, maka potonglah dengan cara yang baik dan benar. Hal ini bertujuan agar gypsum itu tidak mudah rusak nantinya. 

Setelah semua papan terpasang dengan rapi, maka langkah selanjutnya adalah memasang sekrup (untuk menyelesaikan pemasangan papan gypsum tersebut).

Info Menarik Lainnya : Jenis Plafon Gypsum Terbaik untuk Hunian Idamanmu, Cek Yuk!

3. Dempul Gypsum Board

Dempul ini juga perlu dilakukan dengan hati-hati. Hal ini bertujuan agar tidak ada kesan seperti "garis" pada bagian yang ditautkan pada papan gypsum tersebut. Jadi bagian itu harus bisa tertutup rapi oleh dempul tersebut. 

Keindahan plafon ini akan mulai terlihat setelah dempul dilakukan dengan sempurna.

Lihat foto ilustrasi proses dempulnya dibawah ini.


Urutan Cara Pasang Plafon Gypsum Yang Tepat & Kuat
Ilustrasi. Foto by : Anom Sukarno (Youtube).

Jadi tahapan ini tidak boleh dilakukan secara asal. Perlu seni tersendiri dalam pengerjaannya, sehingga mendapatkan hasil yang memuaskan. 

Sebaiknya bagian dempul ini dikerjakan lebih dari satu kali (agar hasilnya maksimal). Biasanya orang melakukan dempul plafon gypsum sebanyak 3 sampai 5 kali. Pada umumnya seperti itu.

Info Menarik Lainnya : 7 Kelebihan & 2 Kekurangan Bahan Plafon Gypsum, Simak Yuk!

4. Gosok Sambungan Gypsum

Untuk menggosok sambungan gypsum ini, Anda dapat menggunakan kertas pasir. Haluskan papan gypsum pada bagian atasnya (yang telah melalui tahap pendempulan). 

Gunakan pelindung mata dan kepala saat melakukan teknik ini. Karena proses dempul ini pasti akan menimbulkan banyak debu yang jika masuk mata akan terasa perih. Apalagi jika terkena rambut, akan cukup susah untuk menghilangkannya.

5. Pasang Profil List dan Cat


Urutan Cara Pasang Plafon Gypsum Yang Tepat & Kuat
Ilustrasi list plafon gypsum.

Inilah tahap terakhir dalam pemasangan plafon gypsum, yaitu memasang list-nya.

Pasang profil list ini harus dilakukan dengan hati-hati. Jadi jangan sampai ada bagian yang retak atau pecah saat pemasangannya. 

Tahap ini juga butuh konsentrasi yang cukup tinggi agar hasilnya dapat maksimal. Keindahan plafon gypsum akan makin terlihat setelah list ini dipasang. 

Tahap paling akhir, berikan cat pada papan gypsum yang telah selesai dipasang profil list-nya. Hal ini bertujuan agar plafon tersebut semakin indah dipandang mata. 

Info Menarik Lainnya : Kelebihan & Kekurangan Bahan Plafon Kalsiboard untuk Rumah

Demikianlah urutan dan cara pasang plafon gypsum yang tepat dan kuat. Pastikan semua alat dan bahan yang dibutuhkan sudah disiapkan dengan lengkap sebelum memulai pemasangan ini. Ketelitian dalam pemasangan juga sangat diperlukan, agar hasil yang dicapai dapat memuaskan.

Semoga bermanfaat.

Post a Comment for "Urutan Cara Pasang Plafon Gypsum Yang Tepat & Kuat "